Ingin Menerapkan Pembelajaran Daring yang Efektif? Yuk, Pelajari Buku Karya DR. Muhammad Rusli dkk

eBook Pembelajaran Daring yang Efektif Karya DR. Muhammad Rusli, Dadang Hermawan, I Gusti Agung Vony Purnama. Foto: PSI

UM – DR. Muhammad Rusli, M.T. menerbitkan buku yang sangat bermanfaat untuk dijadikan pegangan guru dan dosen dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran saat ini. Dengan mempelajari ilmu di dalam buku ini, guru dan dosen diharapkan mampu memiliki wawasan dan menerapkan pembelajaran daring yang lebih efektif. Seperti apa?

Menurut DR. Rusli, berbicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar atau peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan.

“Yang pertama, eksistensi peserta didik itu berhubungan dengan ketersediaan portal pengguna yang mencakup delivery Kurikulum lewat Learning Management Systems (LMS), layanan konsultasi, pendaftaran, Help Desk, ujian, server yang aman, sistem informasi pengguna, perpustakaan digital, repository obyek-obyek belajar, dan proses assessment kualitas atau mutu,” tulis DR. Rusli.

“Yang kedua, capaian belajar berhubungan dengan pedagogi dan konten atau materi belajar yang meliputi tim pengembang pembelajaran, desainer pembelajaran, ahli atau teknisi TIK dan multimedia, dan petugas penanganan Hak Cipta,” tulis Doktor di bidang Teknologi Pendidikan ini.

Menurutnya, untuk menilai tingkat keefektifan pembelajaran daring apakah sudah tercapai atau belum, tergantung pada tingkat pemahaman pendidik, dukungan yang diberikan, dan komitmen dalam memenuhi kriteria, tahapan, dan proses yang diprasyaratkan dalam rangka memenuhi gol dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

“Nah, semua itu dijabarkan atau dideskripsikan dalam buku ini,” tuturnya. Menurutnya, tujuan pembelajaran yang efektif tidak hanya mempresentasikan informasi, tetapi juga menganjurkan pembelajar menggunakan proses kognitif yang tepat selama pembelajaran.

Proses kognitif itu sendiri didefinisikan sebagai perubahan dalam pemikiran, kecerdasan, dan bahasa pembelajar. Perubahan terjadi karena adanya proses belajar.

eBook Pembelajaran Daring yang Efektif Karya DR. Muhammad Rusli, Dadang Hermawan, I Gusti Agung Vony Purnama. Foto: PSI

eBook Pembelajaran Daring yang Efektif Karya DR. Muhammad Rusli, Dadang Hermawan, I Gusti Agung Vony Purnama. Foto: PSI

Menurut DR. Rusli, ada tiga proses kognitif yang penting. Pertama, pemilihan kata (words) dan gambar (pictures) guna memberikan perhatian pada kata dan gambar yang relevan dari konten/materi yang dipresentasikan dalam memori jangka-pendek yang berhubungan dengan pancaindra.

Kedua, mengorganisasikan materi terpilih, baik berupa kata dan gambar, secara mental dalam representasi verbal dan pektoral yang koheren dalam kerja memori (working memory).

Dan yang ketiga, mengintegrasikan representasi verbal dan pektoral satu dengan yang lainnya dan dengan pengetahuan sebelumnya (prior knowledge) dalam memori jangka-panjang (long-term memory).

Problem daring sekarang adalah ‘how to transfer knowledge effectively‘ sebagaimana yang ada di buku saya tersebut,” pungkas DR. Rusli.

Lebih lanjut, silakan pesan buku ini dalam bentuk eBook, gratis. eBook akan dikirimkan lewat email yang terdaftar pada formulir di bawah ini atau link berikut ini. Semoga bermanfaat.

(SA/PSI)