Dosen Senior Terbitkan Buku Referensi Manajemen SDM untuk Pendidikan dan Praktisi

Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa'i menerima buku karya Dr. H. Sudarmo, S.H., M.M di ruang kerjanya, Jumat (20/10). Foto: Istimewa

UM – Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si menerima kedatangan dosen senior Dr. H. Sudarmo, S.H., M.M di ruang kerjanya, Jumat (20/10) sore. Dalam pertemuan tersebut, Rektor diperkenalkan buku baru karangan Dr. Sudarmo yang telah selesai cetak dan siap didistribusikan untuk keperluan pendidikan dan praktisi.

“Hari ini di ruang Rektor saya kedatangan salah seorang dosen bernama Ass. Prof. Dr. H. Sudarmo, S.H, M.M memperkenalkan buku barunya. Beliau dosen senior yang sekarang berumur 65 tahun,” tutur Prof. Ahsin.

Menurutnya, di usia tersebut banyak dijumpai dosen yang justru bersiap memasuki masa pensiun dan berhenti berkarya.

“Tidak bagi Pak Sudarmo. Beliau pada tahun ini bahkan mampu menghasilkan dua buah buku yang bermutu, yang telah terbit dan dapat menjadi bahan referensi bagi dunia pendidikan dan praktisi,” tutur Prof. Ahsin.

Apa yang telah dilakukan Dr. Sudarmo, lanjut Prof. Ahsin, berharap dapat menginspirasi dosen-dosen lainnya untuk segera menerbitkan buku atau karya akademik lainnya.

“Bagi saya, Beliau adalah inspirator bagi dosen Universitas Mulia. Terbukti, usia tidak menghalangi seseorang untuk terus produktif berinovasi dan menghasilkan karya-karya besar,” tuturnya.

Dirinya pun berdoa agar dosen-dosen senior yang telah mamasuki usia lanjut diberikan umur yang panjang dan selalu dalam kesehatan yang baik.

“Saya doakan, semoga Beliau sehat selalu dan diberi umur panjang serta usulan Guru Besarnya dapat segera terwujud. Aamiin ya rabbal alamin,” harapnya.

Sementara itu, ketika ditemui media ini, Dr. Sudarmo mengatakan bahwa dirinya tahun ini telah menyelesaikan dua buah buku yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Buku Manajemen Kinerja dan Kompensasi, Konsep Dasar Manajemen Kinerja pada Organisasi Berorientasi Profit dan Non Profit.

Kedua buku tersebut diterbitkan oleh CV. Saba Jaya Publisher, Jalan Proklamasi Kp. Krajan RT.004 RW.004, Kel. Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Telepon dan Whatsapp 081347856210.

Manajemen SDM merupakan disiplin yang membahas pengelolaan aset manusia dalam suatu organisasi. Ini mencakup berbagai praktik dan strategi untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, dan memelihara karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Dalam dunia bisnis saat ini, manajemen SDM punya peran kritis dalam merancang lingkungan kerja yang produktif, merancang kebijakan yang adil, dan memastikan kolaborasi yang efektif di antara karyawan.

Dua buah buku karya Dr. Sudarmo yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Buku Manajemen Kinerja dan Kompensasi, Konsep Dasar Manajemen Kinerja pada Organisasi Berorientasi Profit dan Non Profit.

Dua buah buku karya Dr. Sudarmo yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Buku Manajemen Kinerja dan Kompensasi, Konsep Dasar Manajemen Kinerja pada Organisasi Berorientasi Profit dan Non Profit.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini menjelaskan bagaimana manajemen SDM melibatkan serangkaian tugas, mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja, rekrutmen, dan seleksi karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Kemudian, fokus beralih pada pengembangan karyawan melalui pelatihan, penilaian kinerja dan pengembangan karir, manajemen konflik, kesejahteraan karyawan serta manajemen kompensasi dan benefit juga menjadi bagian penting dalam mendukung kebahagiaan kesejahteraan karyawan.

“Manajemen SDM bukan hanya tentang mengelola aspek administratif, tetapi juga melibatkan pengembangan budaya organisasi yang inklusif, berinovasi, dan mempromosikan keadilan,” kata Dr. Sudarmo.

Menurutnya, manajemen SDM yang efektif membutuhkan kolaborasi antara berbagai departemen organisasi dan melibatkan kepemimpinan yang peduli terhadap karyawan.

Sedangkan buku yang berjudul Manajemen Kinerja Dan Kompensasi Konsep Dasar Manajemen Kinerja Pada Organisasi Berorientasi Profit Dan Nonprofit merupakan panduan komprehensif yang menggali esensi dan pentingnya manajemen kinerja dan kompensasi dalam konteks organisasi berorientasi profit dan non-profit.

“Dalam dunia yang terus berubah, pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengelola kinerja karyawan dan memastikan kompensasi yang adil adalah kunci untuk mencapai keberhasilan jangka panjang,” tutur Dr. Sudarmo.

Di buku tersebut juga dijelaskan konsep dasar manajemen kinerja, termasuk evaluasi kinerja, pengembangan karyawan, dan budaya organisasi.

“Pembaca diharapkan akan memahami bagaimana manajemen kinerja yang efektif dapat membantu organisasi mencapai tujuannya, terlepas dari jenisnya, apakah itu organisasi yang mencari laba atau yang berfokus pada misi sosial,” pungkasnya.

(SA/Puskomjar)