Selamat Datang Peserta Ujian CAT CPNS Kota Balikpapan Tahun 2021 di Universitas Mulia. Foto: PSI

UM – Pemerintah Kota Balikpapan menggelar seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara atau Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2021. Pelaksanaan ujian salah satunya menggunakan metode Computer Assisted Test atau CAT, yakni seleksi dengan alat bantu komputer, yang bertempat di Kampus Universitas Mulia, Sabtu (18/9).

Sekretaris Rektor Universitas Mulia Suhartaty, S.E., M.Kom mengatakan bahwa pelaksanaan ujian akan berlangsung sampai dengan Sabtu (25/9) pekan depan. “Untuk mendukung pelaksanaan ujian ini, Universitas Mulia menyediakan sarana dan prasarana perangkat komputer sebanyak 123 buah. Dalam satu kali ujian akan digunakan peserta sebanyak 100 orang peserta. Sehari ada 4x ujian,” tuturnya.

Menurutnya, sebanyak 23 unit perangkat komputer digunakan sebagai cadangan apabila nantinya dalam pelaksanaan ujian ditemukan kendala. Ia sendiri berharap seluruh proses pelaksanaan ujian CAT berjalan lancar dan sukses tanpa gangguan yang berarti.

Diperkirakan ujian CAT akan diikuti kurang lebih 2.400 orang peserta. Dengan memperhatikan rentang waktu pelaksanaan yang terbatas dan harus memperhatikan kedaruratan kesehatan masyarakat terkait pandemik Covid-19 serta keterbatasan jumlah unit maupun personil, Pemerintah Kota bekerjasama dengan Universitas Mulia sebagai tempat pelaksanaan ujian CAT.

Selamat Datang Peserta Ujian CAT CPNS Kota Balikpapan Tahun 2021 di Universitas Mulia. Foto: PSI

Selamat Datang Peserta Ujian CAT CPNS Kota Balikpapan Tahun 2021 di Universitas Mulia. Foto: PSI

Universitas Mulia memiliki perangkat komputer atau laptop yang dinilai memenuhi standar prosedur penyelenggaraan seleksi dengan metode CAT dengan jumlah peserta yang cukup banyak serta sarana dan prasarana yang mendukung seleksi ujian dan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

Selain itu, Universitas Mulia juga mendukung dengan menyediakan tenaga tim teknis Teknologi Informasi yang mengerti spesifikasi komputer, jaringan instalasi komputer dan server, instalasi listrik, mesin genset, maupun sarana dan prasarana lainnya seperti area tunggu bagi peserta ujian dan tempat parkir yang luas.

Sementara itu, pelaksanaan kuliah Semester Ganjil 2021/2022 yang akan dimulai Senin (20/9) tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja untuk pertemuan tatap muka (PTM) dialihkan menjadi kelas daring. Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono, M.T.I. mengatakan pelaksanaan perkuliahan untuk semua program studi dapat diselenggarakan secara daring dengan mengikuti petunjuk dari Fakultas masing-masing.

“Saya mengingatkan kepada seluruh sivitas Universitas Mulia, baik yang menjadi panitia pelaksanaan ujian CAT maupun yang tidak, mari kita sama-sama menjaga nama baik Universitas Mulia. Kita berharap semuanya dapat mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik, semoga semua berjalan aman lancar sukses,” tutur Yusuf Wibisono, Jumat (17/9) dalam apel pagi.

(SA/PSI)