Hari Ini, Mahasiswa Universitas Mulia Serius Mengerjakan UTS dan Lomba Debat Nasional

Mahasiswa perwakilan Universitas Mulia mengikuti lomba debat nasional NUDC 24 di ruang eksekutif didampingi dosen Riski Zulkarnain. Foto: Media Kreatif

UM – Sejak pagi hari ini, Senin (29/4), beberapa ruang kelas berlangsung pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Genap 2023/2024. Beberapa mahasiswa tampak serius mengerjakan soal UTS hingga serius mengikuti lomba debat Bahasa Inggris Nasional NUDC 2024.

Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi Kampus Utama Balikpapan Isa Rosita, S.Kom., M.Cs, ketika dihubungi media ini mengatakan secara ideal pelaksanaan UTS mengikuti Kalender Akademik 2023/2024 yang telah ditandatangani Wakil Rektor Bidang Akademik.

“Idealnya mengikuti jadwal kalender akademik, tapi kalau dosen punya rencana UTS yang di luar jadwal kalender, silakan saja,” kata Isa Rosita.

Apalagi, tambahnya, beberapa pekan sebelumnya kegiatan kuliah libur panjang pasca Lebaran. Pelaksanaan kuliah kelas malam pada bulan Ramadan, menurutnya, juga dirasa kurang efektif.

“Jadi, bisa jadi pencapaian materi untuk UTS-nya belum sampai. Silakan kalau sudah sampai di pertemuan ini mau melaksanakan UTS,” tambahnya, mempersilakan dosen menggelar UTS.

Mahasiswa sedang mengerjakan soal UTS Jaringan Komputer. Foto: Media Kreatif

Mahasiswa sedang mengerjakan soal UTS Jaringan Komputer. Foto: Media Kreatif

Mahasiswa mengerjakan UTS Pemrograman Framework. Foto: Kontributor

Mahasiswa mengerjakan UTS Pemrograman Framework. Foto: Kontributor

Dari pantauan media ini, beberapa kelas sejak pagi sudah menggelar ujian. Tampak sejumlah mahasiswa keluar ruang kelas dengan mengenakan jas almamater merah marun, tanda mengikuti ujian.

“Saya baru saja menggelar UTS Pemrograman Framework hari ini. Alhamdulillah ya, meski mahasiswa diminta menjawab soal dengan menuliskan kode program dalam waktu dua jam, mereka berhasil mengumpulkan tepat waktu,” tutur seorang dosen.

Berdasarkan pengalaman, menurutnya, pelaksanaan ujian pemrograman di laboratorium komputer dengan meminta mahasiswa mengerjakan langsung lebih efektif dibanding jika dikerjakan online.

“Iya, menurut saya, kalau mahasiswa mengerjakan online dan bukan di ruang kelas, biasanya ada yang telat mengumpulkan sehingga ditolak oleh sistem. Kalau ditolak sistem kan sayang banget ya kan,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurutnya, kelemahan ujian online di antaranya adalah sulit untuk diawasi secara langsung oleh dosen, apakah mahasiswa benar-benar mengerjakan secara jujur atau tidak.

“Dengan ujian hadir langsung di lab dan mengerjakan soal, maka saya menjadi lebih mengenal gaya masing-masing mahasiswa. Seperti tadi ditemukan mahasiswa yang menjawab soal dengan bahasa pemrograman yang tak pernah dibahas di kelas,” katanya sembari tertawa.

“Ini pasti dia jarang mengikuti kuliah, tidak menyimak materi kuliah dengan baik, atau literasinya memang kurang, meski presensi kehadirannya penuh,” ujarnya.

Meski demikian, secara keseluruhan dirinya menilai lebih banyak mahasiswa yang telah siap menyelesaikan evaluasi tengah semester hari ini lantaran mengikuti instruksi dosen pekan sebelumnya. “Ya, semoga semuanya sukses,” harapnya.

Mahasiswa Mengikuti Lomba Debat NUDC 24

Sementara itu, di ruang Eksekutif terdapat dua orang mahasiswa mewakili Universitas Mulia mengikuti lomba debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional atau National University Debating Competition (NUDC). Mereka berasal dari Program Studi S1 Informatika dan S1 Akuntansi.

Di bawah bimbingan dosen Riski Zulkarnain, S.Pd., M.Pd, kedua mahasiswa tampak serius berdebat dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain dalam bahasa Inggris.

“Kegiatan ini digelar hari Sabtu (27/4) sampai Senin (29/4) dari pagi hingga jam 7 malam,” kata Riski Zulkarnain. Ia berharap kedua mahasiswanya berhasil meraih juara dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional dan mengangkat nama Universitas Mulia.

(SA/Kontributor)