Prodi S1 Ilmu Hukum

UM– Sedari dulu jurusan hukum menjadi salah satu incaran bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Peminatnya pun dari tahun ketahun terus bertambah, mungkin Anda salah satu diantaranya. Nah, jika Anda pernah melihat seorang pengacara yang mondar-mandir di televisi, pekerjaan tersebut merupakan segelintir dari profesi yang ditawarkan oleh jurusan hukum. Banyak anggapan dari masyarakat awam bahwa jurusan hukum pasti akan menjadi pengacara, advokat ataupun notaris.

Memang, secara garis besar profesi hukum itulah yang sering berhubungan langsung dengan masyarakat. Hal inilah yang menimbulkan berbagai macam anggapan bahwa kuliah di jurusan hukum hanya seputar itu-itu saja. Tentunya hal ini akan membuat Anda yang ingin mengambil kuliah hukum sedikit bimbang.

Khusus bagi Anda yang berada di Kaltim tidak perlu bimbang, pasalnya di kota Balikpapan kini memiliki perguruan tinggi yang menawarkan Program Studi Ilmu Hukum yang tidak sekedar memberikan pengetahuan terkait bidang hukum, tetapi juga menggabungkan dengan ilmu teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini.

Adalah Universitas Mulia yang telah dikenal luas masyarakat sebagai kampus yang berbasis IT. Kini telah menghadirkan Program Studi Ilmu Hukum. Prodi baru yang sudah memasuki angkatan kedua tersebut, saat ini membuka kesempatan bagi para lulusan sekolah menengah atau yang sederajat untuk bergabung bersama Program Studi S1 Ilmu Hukum.

Dengan visi “Menjadi program studi hukum yang terdepan dan unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan ilmu hukum berbasis technoprenurship dan berdaya saing global pada tahun 2043” Program Studi S1 Ilmu Hukum Universitas Mulia tentu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melanjutkan studi.

Kaprodi Ilmu Hukum Universitas Mulia Okta Nofia Sari S.H.,M.H. menjelaskan, Prodi S1 Ilmu Hukum merupakan Jurusan dari Fakultas Humaniora dan Kesehatan Universitas Mulia. Pada jurusan ini mahasiswa belajar teori mengenai kehukuman serta secara praktik mengenai proses litigasi dan non litigasi, yang diharapkan mahasiswa mampu untuk menjadi seorang hakim atau pengacara dalam permasalahan hukum, mahasiswa yang lulus akan mendapatkan gelar S.H.

Ia mengatakan dengan berbekal keunggulan di bidang IT, kampus Universitas Mulia menawarkan dua konsentrasi unggulan yang bisa dipilih mahasiswa yaitu Cyber Law dan Business Law. “Mengapa kami ambil perbedaan itu, karena ini akan menjadi ciri khas tersendiri bagi kampus kita. Karena lingkungan kita adalah kampus IT maka kita akan menggabungkan keilmuan Hukum dengan IT. Baik dari bisnisnya maupun cybernya,” katanya.

Untuk Cyber Law katanya, mempelajari ilmu hukum yang berhubungan dengan aspek teknologi dan elektronik termasuk semua aspek yang berkaitan komputer, perangkat lunak, perangkat keras dan sistem informasi. “Bidang ilmu ini sangat dibutuhkan karena dapat mencegah atau mengurangi kerusakan yang terjadi akibat kegiatan kejahatan dunia maya dalam penggunaan internet, situs email, komputer, ponsel, perangkat lunak dan perangkat keras hingga penyimpanan data,” katanya.

Dirinya menerangkan penggabungan antara IT dengan ilmu hukum dikarenakan cyber law memerlukan ahli dibidang IT. “Maka untuk penerapannya kita membutuhkan kerjasama dengan fakultas Ilmu Komputer. Caranya melalui program merdeka belajar atau kampus merdeka. Yang mana nantinya ada beberapa sesi di sementer enam dimana mahasiswa bisa memilih untuk ikut perkuliahan diluar prodi mereka. Contohnya untuk yang cyber law, mereka ingin memperdalam bidang IT, maka kita bisa lakukan pertukaran dengan Fakultas Ilmu Komputer, dan ini yang dinamakan konsep Kampus Merdeka Belajar. Proses ini dapat mereka ikuti selama satu semester,” terangnya.

Sementara untuk Konsentrasi Businness Law ujar Okta, mempelajari ilmu hukum yang berkaitan dengan ilmu bisnis. Juga dikenal dengan hukum komersil. “Business Law merupakan cabang ilmu hukum yang berkaitan dengan hak, tugas, kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam segala jenis transaksi bisnis, perdagangan, dan penjualan. Hukum bisnis juga berkaitan erat dengan hukum perbankan, hukum keuangan, dan hukum perdata lainnya,” ujarnya.

Selain memiliki keunggulan dibidang konsentrasi sebut Okta, keunggulan lainnya yang dimiliki Prodi Ilmu Hukum adalah mengkombinasikan ilmu praktik yang jauh lebih berkembang lagi di lingkungan masyarakat. “Kami sering mengajak mahasiswa untuk datang ke pengadilan untuk ikut menyaksikan perkara non litigasi hingga pendampingan dan lainnya,” sebutnya.

Okta membeberkan, tahun ini merupakan tahun angkatan ke dua mahasiswa dimana sejauh ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat, ini dibuktikan dengan terjadinya penambahan mahasiswa disetiap angkatan. “Sistem perkuliahan yang kita terapkan pun berbeda yakni sistem Blended Learning yang bisa menerima mahasiswa tidak bisa ke kampus, dan ini menjadi keunggulan yang kita gunakan. Nantinya kita akan terus kembangkan,” bebernya. (mra)

 

Gelombang I : 02 Januari s/d 30 April 2021

Gelombang II: 01 Mei s/d 30 Juni

Gelombang III : 01 Juli s/d 15 Agustus 2021

Syarat & Berkas Pendaftaran Mahasiswa Baru

  1. Pada Saat Mendaftar lulus atau berada di Kelas SMA/SMK/MA atau Sederajat.
  2. Sehat Jasmani dan Rohani
  3. Fotocopy ljazah & SKHU dilegalisir 3 lembar
  4. Pas Foto 3 x 4 sebanyak 4 Lembar
  5. Mengikuti Tes Potensi Akademik