Kegiatan Rutin Senam Pagi di setiap hari Sabtu, Sabtu (19/6). Foto: PSI

UM – Sivitas Akademika Universitas Mulia secara rutin menggelar kegiatan apel pagi setiap hari diikuti jalan kaki mengitari kampus dan olahraga senam pagi setiap Sabtu pagi, diikuti dengan sarapan kacang hijau atau sup singkong. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan imun tubuh dan mental di tengah pandemi Covid-19, seperti yang dilakukan pagi ini, Sabtu (26/6).

Para ahli menyarankan untuk setiap individu melakukan olahraga yang teratur dengan intensitas sedang antara  3-5 kali per minggu, dengan durasi masing-masing 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi.

Hal ini seperti yang dikatakan Dr. Toto Sudargo, M.Kes, Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), sebagaimana dikutip dari laman ugm.ac.id, Sabtu (26/6).

Tujuan melakukan olahraga adalah setiap individu mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Neural exercise, misalnya pernafasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran. Selain itu, istirahat yang cukup dan selalu berpikir yang positif pada hal-hal yang ada di sekitar kita, hidup damai dan selalu bahagia,” tuturnya.

Menurutnya, cara meningkatkan imun di musim pandemi saat ini pada prinsipnya sama seperti sebelum pandemi. Hanya saja saat ini perlu ditambah vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Puluhan atau bahkan ratusan sivitas akademika Universitas Mulia telah melakukan vaksinasi tahap pertama awal Juni tahun ini.

Selain olahraga, para ahli juga menyarankan agar rutin mengonsumsi sayur dan buah-buahan, terutama yang mengandung zat gizi yang spesifik yang memengaruhi secara langsung sistem imun tubuh, seperti Vitamin C yang terdapat pada sayur dan buah-buahan tertentu.

Kegiatan Rutin Senam Pagi di setiap hari Sabtu, Sabtu (19/6). Foto: PSI

Kegiatan Rutin Senam Pagi di setiap hari Sabtu, Sabtu (19/6). Foto: PSI

“Juga makanan-makanan yang mengandung vitamin E, seperti kecambah, kacang hijau, telor, almont, minyak zaitun dan zink, contoh bahan makanannya jamur, kecambah kacang hijau, udang, daging, slada air, alpokat, kacang almont dan membatasi konsumsi gula garam dan lemak sesuai anjuran isi piringku,” terangnya.

Selain olahraga dan makan makanan bergizi, para ahli juga mengingatkan di musim pandemik Covid-19 ini setiap individu juga menerapkan protokol kesehatan 6M secara ketat, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta menghindari makan bersama.

Sementara itu, sejak setahun yang lalu sivitas Universitas Mulia hingga saat ini telah melakukan kegiatan rutin olahraga setiap pagi sebelum mengawali kegiatan pembelajaran di kelas. Mulai dari pejabat struktural, dosen, dan karyawan memiliki kewajiban mengikuti kegiatan apel pagi setiap hari.

Hal ini berdasarkan surat edaran nomor 049/SPb/BR-PERSO/UM/VI/2020 perihal Penertiban Disiplin Kehadiran yang ditandatangani atas nama Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Ketenagaan dan Kepala Biro Personalia Ir. Herman Widjajanto, 22 Juni 2020 yang lalu.

Apel pagi juga termasuk di dalamnya melakukan jalan kaki sejauh 2-3 putaran gedung kampus, termasuk kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti timbang berat badan, pemeriksaan tensi tekanan darah, pemerikaan kadar oksigen, dan minum susu. Beberapa sivitas mengaku mengalami perubahan kondisi tubuh dan mental setelah menjalani kegiatan rutin apel pagi dan olahraga.

(SA/PSI)