Kegiatan Sabtu Ceria Jalan Sehat Universitas Mulia, Sabtu (18/9). Foto: PSI

UM – Sivitas Universitas Mulia kembali menjalani olahraga pagi jalan sehat berkeliling kampus sebanyak satu kali putaran. Rute yang ditempuh mulai dari Halaman White Campus – Jalan Letjen Zaini Azhar.Maulani, Perumahan Posindo, Perumahan BDS, kembali ke Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani dan Kampus, Sabtu (18/9) pagi.

“Kegiatan pagi ini Sabtu Ceria, kegiatan senam diganti dengan kegiatan jalan sehat,” tutur Drs. H Akhmad Priyanto Kepala Human Resources Development (HRD) Universitas Mulia. Kegiatan Sabtu Ceria diawali doa bersama dan diakhiri dengan sarapan kacang hijau hangat.

Meski hanya satu kali putaran, namun jarak tempuh yang dilalui cukup membuat peserta berkeringat dan nafas tersengal. Pasalnya, peserta melalui jalan perbukitan yang cukup menanjak sehingga membutuhkan tenaga yang cukup.

Dilansir dari dari beberapa sumber, olahraga jalan kaki memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah menurunkan berat badan, menyehatkan organ jantung, mencegah stroke, menurunkan risiko diabetes, menguatkan otot, mengontrol kadar kolesterol, dan seabrek manfaat lainnya jika dilakukan secara rutin.

Bahkan sumber lain menyebutkan jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk berpikir sepanjang hari. Selain meningkatkan fungsi kognitif, berjalan kaki juga dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif.

Hal tersebut dapat terjadi karena olahraga teratur dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir, karena oksigen dan suplai darah dipercepat menuju otak.

Saat berjalan kaki, hormon endorfin yang bertugas mematikan rasa sakit akan mengalir dengan baik ke seluruh bagian tubuh. Hal ini menjadi manfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, serta kelelahan dengan berjalan kaki selama 30-60 menit setiap hari.

Tentu manfaat olahraga jalan kaki rutin sangat bermanfaat bagi civitas Universitas Mulia baik bagi yang belajar maupun yang bekerja dengan seabrek tugas-tugas atau baru mengawali aktivitas.

So, sudah berapa kilometer jalan kaki pagi ini, Kakak?

(SA/PSI)