Kesbangpol Balikpapan Sosialisasi Banner Suksesi Pemilu Serentak 2024

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan sosialisasi penyebaran informasi pelaksanaan pesta Demokrasi melalui Banner yang dipasang di Kampus Universitas Mulia. Foto: Istimewa

UM – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan sosialisasi penyebaran informasi pelaksanaan pesta Demokrasi melalui Banner yang dipasang di Kampus Universitas Mulia. Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Sutadi, S.Sos., M.M, Selasa (2/1) pagi.

Sutadi mengatakan, penyebaran informasi lewat Banner adalah dalam rangka suksesi Pemilihan Umum atau Pemilu yang dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Penyebaran informasi terkait pelaksanaan pesta Demokrasi melalui Banner sekaligus pemberitahuan tahapan dan jadwal pesta lima tahunan tersebut,” tutur Sutadi.

Sutadi menerangkan, Kesbangpol telah melakukan distribusi Banner di beberapa tempat di Kota Balikpapan.

Banner telah kami distribusikan ke instansi pemerintah, baik dinas/swasta maupun di lingkungan sekolah, SMA/SMK serta Perguruan Tinggi di Balikpapan serta di tempat-tempat umum dan Mall yang ada di Kota Balikpapan,” terangnya.

Lebih lanjut, melalui Banner tersebut, diharapkan sivitas kampus dapat memahami tahapan-tahapan dan pelaksanaan Pemilu yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Diharapkan mahasiswa dan seluruh masyarakat Kota Balikpapan dapat menggunakan hak suaranya dan berpartisipasi untuk mensukseskan Pemilu 2024,” tutur Sutadi.

Selain sebagai penerangan kepada masyarakat, Sutadi menjelaskan sosialisasi terkait Pemilu 2024 juga merupakan upaya dari perintah agar angka partisipasi masyarakat pada Pemilu mendatang semakin meningkat.

“Dengan meningkatnya angka partisipasi masyarakat, maka legitimasi dan kualitas penyelenggaraan Pemilu akan semakin baik dan berkualitas,” tuturnya.

Sementara itu, dari pantauan di media ini, tiga buah Banner dari Kesbangpol Kota Balikpapan terkait dengan sosialisasi suksesi Pemilu 2024 terpasang di dekat tangga naik, di pintu masuk gedung White Campus, Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani Balikpapan.

Tiga buah Banner tersebut masing-masing berisi tentang, pertama, informasi mengenal lima buah Surat Suara Pemilu 2024, terdiri dari Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten.

Banner kedua berisi informasi mengenal partai politik peserta Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang.

Dan Banner ketiga berisi informasi tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024. Dari informasi tersebut, saat ini memasuki tahapan ke-9 Masa Kampanye Pemilu, yakni mulai (28/11/2023) sampai dengan (10/2/2024). tahap ke-10 memasuki masa tenang, mulai (11/2/2024) sampai dengan (13/2/2024).

(SA/Puskomjar)