Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia Jalin Kerjasama dengan SMK Nusantara

,
Fakultas Ilmu Komputer saat melakukan penandatanganan MoU dengan SMK Nusantara.

UM- Sebagai upaya memperluas kerjasama dengan berbagai instansi terkait, khususnya dibidang pendidikan, Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) kembali melakukan kerjasama dengan salah satu sekolah di Kota Balikpapan, kali ini dengan SMK Nusantara.

Penandatanganan MoU yang dilakukan antara Dekan Fikom Wisnu Hera Pamungkas, S.TP., M.Eng dengan Kepala SMK Nusantara Djumardin, S.Kom., M.M tersebut dilaksanakan pada Rabu, 1 September 2021.

Kaprodi Teknologi Informasi Universitas Mulia, Djumhadi, ST., MKom menjelaskan, kerjasama tersebut ialah dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana dalam kerjasama tersebut Universitas Mulia akan menjadikan SMK Nusantara sebagai sekolah binaan. “Yang mana untuk SMK Nusantara dapat mengirimkan siswa untuk magang, praktik ataupun pelatihan yang sesuai dengan jurusan mereka dan prodi yang ada di Universitas Mulia,” jelasnya.

Djumhadi mengatakan, kerjasama ini merupakan yang kesekian kalinya dengan SMK yang ada di Balikpapan, dimana sebelumnya pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa SMK, seperti SMK Panca Dharma, SMK Muhammadiyah serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). “Sebenarnya SMK lain sudah banyak yang bekerjasama dengan kami, tetapi hanya saja tidak tertuang secara tertulis. Seperti SMK 1, SMK 6 dan lainnya. Karena para dosen kami sebelumnya telah dipercaya sebagai asesor dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dibeberapa SMK serta asesor BNSP hingga sebagai juri LKS,” katanya.

Ia menyebut, kerjasama ini sesungguhnya sudah lama berjalan, namun baru tertuang dalam MoU. Dimana SMK Nusantara telah mengirimkan siswa magang ke kampus Universitas Mulia, serta para dosen Universitas Mulia juga sudah beberapa tahun menjadi tim penguji dalam UKK siswa.

Djumhadi menerangkan, khusus untuk Prodi Teknologi Informasi merupakan prodi yang baru berjalan dua tahun, maka menjelang akreditasi terkait dengan Kampus Merdeka, pihaknya diwajibkan untuk bekerjasama dengan institusi terkait. “Dimana selain ada sekolah binaan, kami ingi nantinya punya desa binaan yang bekerjasama dengan instansi terkait, baik pemerintah, swasta maupun negeri hingga sekolah-sekolah. Jadi diharapkan dosen-desen kami, tidak hanya mengajar di dalam kampus tetapi juga di luar kampus, dengan melakukan pengabdian, penelitian kepada masyarakat,” terangnya.

Ia pun berharap pihaknya dapat menargetkan seluruh SMK di Kota Minyak. “Karena terkait dengan IT, kampus Universitas Mulia memang mengarah kesana. SMK hampir semua beberapa siswanya sudah menjadi mahasiswa di kampus kami. Untuk itu kita tindak lanjuti untuk kerjasama dengan sekolahnya,” pungkasnya. (mra)