Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021, Simak Pesan Menteri, Ditjen Dikti, dan Rektor

Perwakilan Mahasiswa Baru 2021 secara simbolis resmi mengenakan jas almamater Universitas Mulia, Rabu (1/9). Foto: Zoom Meeting

UM – Universitas Mulia menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 dalam jaringan atau Online hari ini, Rabu (1/9). PKKMB adalah wahana bagi pemimpin perguruan tinggi mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa baru sehingga lebih dewasa dan mandiri. PKKMB menjadi salah satu cara mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya kepada mahasiswa baru di seluruh Indonesia mengatakan saat ini menjadi mahasiswa diharapkan memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan masa depan lewat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Semua program ini kami rancang untuk memberi ruang kepada mahasiswa, dengan keragaman minat dan ketertarikan untuk mendapatkan pengalaman yang tidak tertulis dalam buku teks atau tidak diajarkan dalam kelas, pengalaman itu akan menjadi kendaraan kalian meraih masa depan,” tutur Nadiem Makarim.

Dalam pesannya, Nadiem mengingatkan mahasiswa untuk mengenal mata kuliah, mengenal diri sendiri, membangun jembatan untuk meraih mimpi. “Dan berkontribusi untuk membangun negara,” tuturnya.

Melalui PKKMB, mahasiswa baru diharapkan mengenal sesungguhnya bagaimana kehidupan kampus. Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI Prof. Nizam melalui surat edarannya mengatakan bahwa PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

Dengan mengikuti PKKMB yang berlangsung empat hari, 1-4 September 2021, mahasiswa baru juga diharapkan memiliki pandangan ke depan bahwa kelak dirinya akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Rektor Universitas Mulia DR. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. pada kesempatan ini diwakili oleh Yusuf Wibisono, S.E., M.T.I. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengucapkan selamat datang kepada seluruh Mahasiswa Baru Tahun 2021. PKKMB merupakan tahap kedua dari keseluruhan rangkaian sebelum siap kuliah sebagai mahasiswa baru.

“Tahap pertama adalah ketika melaksanakan Pra PKKMB yang beberapa waktu lalu dilakukan cukup baik, walaupun perlu cara yang lebih efektif,” tutur Yusuf Wibisono.

Pada Tahap Pertama tersebut, lanjutnya, yang dilakukan calon mahasiswa baru tersebut adalah mengenal orang-orang yang ada di lingkungan kampus dengan meminta tanda tangan. Di antaranya adalah mengenal staf, pegawai administrasi, pejabat struktural, dosen, hingga saling mengenal di antara mereka sendiri. Orang-orang inilah yang disebut dengan sivitas akademika.

“Nanti adik-adik mahasiswa baru akan berurusan dengan orang-orang tersebut ketika kuliah,” tutur Yusuf Wibisono.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim memberikan pesan-pesan kepada seluruh mahasiswa baru 2021. Foto: Zoom Meeting

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim memberikan pesan-pesan kepada seluruh mahasiswa baru 2021. Foto: Zoom Meeting

Perwakilan Mahasiswa Baru 2021 secara simbolis resmi mengenakan jas almamater Universitas Mulia, Rabu (1/9). Foto: Zoom Meeting

Perwakilan Mahasiswa Baru 2021 secara simbolis resmi mengenakan jas almamater Universitas Mulia, Rabu (1/9). Foto: Zoom Meeting

Peserta pembukaan PKKMB 2021 secara virtual, Rabu (1/9). Foto: Zoom Meeting

Peserta pembukaan PKKMB 2021 secara virtual, Rabu (1/9). Foto: Zoom Meeting

Meski demikian, Yusuf Wibisono mengingatkan agar mahasiswa baru tidak sekadar mencari tanda tangan secara lengkap melengkapi lembar formulir saja. “Tetapi adik-adik harus tahu dengan baik kalau nanti ketika menjadi mahasiswa kemudian akan berurusan sesuatu itu harus tahu kepada siapa. Itu yang sangat penting,” tuturnya.

Usai mengikuti kegiatan PKKMB, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Matrikulasi mulai dari tanggal 6 – 18 September 2021.

“Kegiatan Matrikulasi ini adik-adik akan belajar teknis dalam rangka untuk menyamakan dasar keilmuan sehingga ketika nanti kuliah memiliki dasar yang relatif tidak jauh berbeda,” tutur Pak Wibi, sapaan mahasiswanya di kampus.

Meski pelaksanaan PKKMB berlangsung secara virtual dalam kondisi pandemik Covid-19, namun ia mengingatkan agar mahasiswa baru benar-benar memahami materi yang disampaikan dalam PKKMB.

“Ini semua sangat penting untuk adik-adik semua, karena itu dicatat dengan baik, manfaatkan ketika ada kesempatan untuk bertanya, karena jika tidak ada yang bertanya, maka Bapak Ibu dosen yang memberikan materi tidak tahu tingkat penguasaan adik-adik, apakah paham atau tidak,” tuturnya mengingatkan.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB Agus Wijayanto, S.Kom. mengatakan bahwa PKKMB tahun ini diikuti secara virtual oleh 542 mahasiswa baru. Rinciannya, dari Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) sebanyak 305 peserta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 172 peserta, Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK) 65 peserta.

(SA/PSI)