Penting! Mahasiswa Baru Wajib Memperhatikan Prosedur Layanan Akademik Ini

Kepala Bagian Pusat Data dan Informasi Akademik Yeyen Dwi Atma, S.Kom., M.Kom saat mengenalkan layanan akademik kepada Mahasiswa Baru 2022, Kamis (1/9). Foto: Tangkapan Layar

UM – Kuliah Semester Ganjil 2022/2023 akan segera dimulai. Di setiap awal semester mahasiswa mulai sibuk mempersiapkan diri mengikuti perkuliahan dengan menyiapkan Kartu Rencana Studi (KRS). Apa saja yang perlu diketahui Mahasiswa Baru 2022 di awal semester ini?

Kepala Bagian Pusat Data dan Informasi Akademik Yeyen Dwi Atma, S.Kom., M.Kom secara daring mengenalkan bagaimana mekanisme pengisian KRS di hadapan mahasiswa baru, Kamis (1/9).

“Saya akan mengenalkan bagaimana teman-teman mahasiswa nanti berinteraksi dengan kampus, mulai dari penggunaan website, informasi yang diperlukan seperti apa, dan fasilitas apa saja yang harus diperhatikan mahasiswa,” tutur Yeyen mengawali paparan.

Menurutnya, mahasiswa baru wajib mengenal peraturan akademik yang ada di Universitas Mulia. Di antaranya ada hak dan kewajiban bagi mahasiswa, larangan yang harus dihindari mahasiswa serta mahasiswa perlu mengetahui masa studi selama belajar di perguruan tinggi.

“Untuk jenjang Sarjana S1 ini Anda punya masa studi (paling lama) tujuh tahun. Kemudian yang D3 punya masa studi lima tahun. Lewat dari itu, Anda bisa dikeluarkan,” ungkapnya. Meski demikian, ia menerangkan, secara kurikulum untuk menyelesaikan program D3 adalah tiga tahun, sedangkan S1 adalah empat tahun.

“Tentunya, agar Anda bisa lulus cepat itu (berarti) bisa menentukan prioritas dan kewajiban yang dibebankan kepada Anda,” tuturnya bijak. Untuk itulah, dirinya memberikan tips agar masing-masing mahasiswa mampu mengatur dirinya sendiri agar mampu menyelesaikan studi tepat waktu sesuai dengan rencana.

Bagaimana caranya?

Mahasiswa Baru 2022 menyimak paparan layanan akademik. Foto: Media Kreatif

Mahasiswa Baru 2022 menyimak paparan layanan akademik. Foto: Media Kreatif

Alur Administrasi Akademik di Universitas Mulia. Foto: Tangkapan layar

Alur Administrasi Akademik di Universitas Mulia. Foto: Tangkapan layar

Daftar menu yang ada pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Foto: Tangkapan Layar

Daftar menu yang ada pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Foto: Tangkapan Layar

ANGKET, Anjungan Akademik Terpadu yang tersedia untuk mahasiswa. Foto: Tangkapan Layar

ANGKET, Anjungan Akademik Terpadu yang tersedia untuk mahasiswa. Foto: Tangkapan Layar

“Silakan akses informasi akademik yang telah disediakan Universitas Mulia, di antaranya adalah email students yang harus Anda atur di ponsel masing-masing agar bisa menerima informasi akademik, kemudian silakan akses portal akademik, sistem informasi akademik dan perhatikan kalender akademik,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, masing-masing mahasiswa akan didampingi oleh satu orang Dosen Penasehat Akademik yang tertera dalam Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). “Jadi, kalian bisa berkonsultasi dengan Dosen Penasehat Akademik Anda terkait dengan rencana studi,” tutur Yeyen.

Berikutnya, mahasiswa aktif mengikuti dan memperhatikan perkuliahan, baik melalui sarana aplikasi daring seperti Google Classroom, Microsoft Teams, Google Meet, Zoom, atau Lentera E-Learning.

“Perhatikan presensi kuliah maupun presensi ujian menggunakan akun SIAM Anda masing-masing, jangan lupa scan QR code presensi dengan aplikasi yang ada di ponsel masing-masing setiap kali kuliah,” tuturnya mengingatkan mahasiswa.

Yeyen menerangkan, di Universitas Mulia terdapat Siklus Akademik, yaitu Semester Ganjil, Semester Genap, dan Semester Antara (atau Semester Pendek) yang diselenggarakan di akhir semester genap dan menjelang pelaksanaan tahun akademik baru.

“Semester Antara ini disediakan khusus bagi mahasiswa yang mengalami kegagalan menyelesaikan mata kuliah di semester ganjil atau genap. Misalnya, mahasiswa ingin memperbaiki nilai mata kuliah di semester ganjil atau genap,” tuturnya.

Mahasiswa harus mengerti dan paham bagaimana alur administrasi akademik yang ada di Universitas Mulia. Di setiap awal semester, misalnya, mahasiswa diwajibkan mengetahui masa registrasi atau waktu mulai berlakunya daftar ulang dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) di SIAM.

“Memasuki masa registrasi ini, mahasiswa login SIAM, kemudian memilih waktu kuliah, apakah kuliah pagi atau malam, kemudian melakukan pembayaran di bank,” tuturnya. Prosedur registrasi ini berlangsung di setiap awal semester.

Setelah melakukan pembayaran, maka SIAM akan mengarahkan mahasiswa untuk mengisi KRS dengan daftar mata kuliah sesuai dengan program studi masing-masing. “Anda harus memperhatikan Jadwal Kuliah dan kelas yang Anda pilih, perhatikan juga kuota yang tersedia di setiap kelas,” tuturnya.

“Pada masa KRS ini, setelah mengisi KRS, Anda membutuhkan pengesahan atau validasi dari Dosen Penasehat Akademik. Jika telah disetujui dosen, maka status Anda aktif sehingga bisa mengikuti perkuliahan,” tuturnya.

Pemaparan prosedur Pengisian KRS ini diikuti kurang lebih 400 orang mahasiswa baru. Beberapa mahasiswa baru yang sedang bekerja di tempat kerjanya mengikuti secara terbatas paparan secara daring melalui aplikasi Zoom di tempat kerjanya.

Lebih lanjut tentang hal ini, mahasiswa baru diharapkan membaca dengan detail Peraturan Akademik yang tersedia di situs BAAK unduh di sini. Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Semoga sukses semua.

(SA/Puskomjar)