Dibuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

Mahasiswa Baru 2022 sebagian mengikuti PKKMB. Foto: Media Kreatif

UM – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 tahap pertama dibuka hari ini, Rabu (6/7). Seremoni pembukaan dibuka oleh Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga DR. Agung Sakti Pribadi di halaman Kampus Cheng Hoo.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono M.T.I, Wakil Rektor Bidang Ketenagaan dan Keuangan Wisnu Hera Pamungkas, S.TP., M.Eng, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Mundzir, S.Kom., M.T, Dekan Fakultas Humaniora dan Kesehatan Vidy S.S., M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Jamal, S.Kom., M.Kom serta dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam sambutannya, DR. Agung mengatakan pentingnya mahasiswa menerapkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan di kampus.

“Mahasiswa harus mampu melihat empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD-45, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai falsafah, nafas, dan identitas bangsa Indonesia yang luhur dan agung. Berbeda dengan negara lain,” tutur Doktor Ilmu Hukum ini.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan harus terimplementasi dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air agar bangsa Indonesia yang majemuk memahami kekuatan diri sendiri.

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga DR. Agung Sakti Pribadi memberikan sambutan pada Pembukaan PKKMB di halaman Gedung Cheng Hoo, Rabu (6/7). Foto: Media Kreatif

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga DR. Agung Sakti Pribadi memberikan sambutan pada Pembukaan PKKMB di halaman Gedung Cheng Hoo, Rabu (6/7). Foto: Media Kreatif

Penyerahan kartu peserta PKKMB kepada perwakilan Mahasiswa Baru 2022. Foto: Media Kreatif

Penyerahan kartu peserta PKKMB kepada perwakilan Mahasiswa Baru 2022. Foto: Media Kreatif

Mahasiswa Baru 2022 sebagian mengikuti PKKMB. Foto: Media Kreatif

Mahasiswa Baru 2022 sebagian mengikuti PKKMB. Foto: Media Kreatif

Dihubungi terpisah, Panitia PKKMB Drs. Suprijadi, M.Pd mengatakan bahwa PKKMB gelombang pertama ini diikuti 268 mahasiswa baru yang sudah mengenakan jas almamater merah tua. Adapun sisanya akan mengikuti di bulan Agustus 2022 mendatang.

Sebelumnya, mahasiswa baru mengikuti pembekalan yang disampaikan panitia pada Sabtu (2/7) lalu. Dan di hari pertama ini, mahasiswa baru mendapat materi tentang Pembinaan Gerakan Revolusi Mental dan Wawasan Kebangsaan oleh dosen Program Studi Ilmu Hukum M. Asyharuddin, S.H.,M.H.

Materi berikutnya tentang Pemantapan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika oleh Kana Kurnia, S.H., M.H yang juga dosen Program Studi Ilmu Hukum.

“Istimewanya, mahasiswa baru selain diberikan tugas membuat Essay perorangan, juga Essay kelompok dengan tema empat konsensus (Pilar) Dasar Ideologi dan Dasar Negara Pancasila, UUD-45 sebagai Konstitusi Negara, NKRI adalah Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,” tutur Drs. Suprijadi.

“Essay kelompok wajib dipresentasikan dalam bentuk Audisi,” tambahnya. Menurutnya, empat pilar kebangsaan ini penting untuk menanamkan kesadaran dalam berbangsa, bernegara, bela negara serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

PKKMB merupakan tahap persiapan melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang lebih dewasa dan mandiri. Mahasiswa baru menjalani proses adaptasi menjadi mahasiswa dengan lingkungan yang baru untuk mendukung keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Untuk itulah, PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi. PKKMB menyiapkan mahasiswa menjadi pembelajar sejati yang terampil, lincah, dan ulet (powerful agile learner).

Pembukaan hari pertama diisi dengan upacara dan seremoni penyerahan secara simbolis kartu peserta kepada perwakilan mahasiswa baru dan pembacaan Ikrar Mahasiswa Baru.

Di hari berikutnya, Kamis (7/7), Mahasiswa Baru 2022 akan menerima materi tentang Pemantapan Ideologi Pancasila dan UUD 1945, Pencegahan Paham Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi, dan informasi sekitar Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dan Organisasi Kemahasiswaan yang ada di lingkungan Universitas Mulia.

(SA/PSI)