Bangun Jiwa Entrepreneur, Mahasiswa FHK Universitas Mulia Ramaikan Bazar Ramadan

,
Dosen Farmasi Apt. Murtiyana Sari, S.Farm., M.Clin.Pharm (kiri) saat ikut membeli produk yang dijual mahasiswa, Senin (18/3). Foto: Istimewa

UM – Sejumlah mahasiswa Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK) Universitas Mulia meramaikan Bazar Ramadan di parkir Mal Rapak Plaza Balikpapan, Senin (18/3) sore. Mereka menggelar aneka produk untuk kebutuhan berbuka puasa. Beberapa dosen tampak hadir ikut membeli.

Dekan FHK Dr. Mada Aditia Wardhana, S.Sos. M.M mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka upaya membangun jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswanya.

“Upaya membangun jiwa Entrepreneur, kerjasama tim mahasiswa kita dan meningkatkan animo calon mahasiswa,” tuturnya.

Ia berharap mahasiswa akan menggunakan kesempatan ini untuk belajar mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Dengan memasarkan produk yang unik dan punya ciri khas, mahasiswa akan belajar bagaimana menarik minat pelanggan dan membedakan diri dari pesaing.

“Bapak ibu, rekan-rekan, tenant buka mulai jam 15:00. Silakan mampir sekiranya ada keluangan waktu,” ajak Mada kepada dosen-dosen lainnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kegiatan Okta Novia Sari, S.H., M.H mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa FHK, sinergi antara Prodi Farmasi, Prodi Hukum dan Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG AUD).

Kaprodi PG AUD Sri Purwanti, S.Pd., M.Pd (dua dari kanan) saat mengunjungi mahasiswanya, Senin (18/3). Foto: Istimewa

Kaprodi PG AUD Sri Purwanti, S.Pd., M.Pd (dua dari kanan) saat mengunjungi mahasiswanya, Senin (18/3). Foto: Istimewa

Sedang melayani pembeli di Bazar Ramadan di Mal Rapak Plaza Balikpapan, Senin (18/3). Foto: Istimewa

Sedang melayani pembeli di Bazar Ramadan di Mal Rapak Plaza Balikpapan, Senin (18/3). Foto: Istimewa

Ia berharap, dengan memfasilitasi mahasiswa terlibat langsung dalam praktik kewirausahaan ini, mahasiswa mampu mempersiapkan diri dalam persaingan untuk mengelola startup atau usaha rintisan mereka.

“Pada kesempatan ini produk yang dipasarkan dari berbagai produsen diantaranya produk dari dosen, produk dari mahasiswa, produk dari rekanan serta produk dari hasil laboratorium Farmasi,” ungkap Kaprodi Hukum ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan target konsumen yang diharapkan akan mengenal hingga tertarik membeli produk mahasiswa adalah masyarakat yang ada di sekitar lokasi, pengunjung serta antusias para sivitas dan akademika Universitas Mulia.

“Selaku pendidik, Kami berharap mampu membentuk jiwa kewirausahaan sebagaimana sejalan dengan tagline Universitas Mulia, yaitu sebagai kampus Global Technopreneur,” tutur Okta Novia Sari.

Dihubungi terpisah, Kaprodi PG AUD Sri Purwanti, S.Pd., M.Pd mengatakan sangat senang belanja aneka menu buka puasa. “Rasanya enak dengan kemasan menarik, pelayanannya baik dan support bazar berjalan lancar,” tuturnya.

Ia berharap mahasiswa yang piket berjaga bisa sekaligus mengenalkan kampus dan prodinya kepada para pengunjung.

“Mahasiswa tidak sekedar berjualan, tetapi bisa memetik hikmahnya untuk lebih menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur, kreativitas dan kerjasama antar mahasiswa, juga mendapatkan income,” harapnya.

Senada, Dosen Farmasi Apt. Murtiyana Sari, S.Farm., M.Clin.Pharm, usai mengunjungi mahasiswanya, mengatakan bahwa dirinya cukup terkesan. “Mahasiswa antusias, happy, excited, walaupun panas,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, dirinya berharap mahasiswanya akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang nantinya bisa dimanfaatkan saat akan berwirausaha.

(SA/Kontributor)