Ini Pesan Rizal Effendi untuk Mahasiswa Baru 2023 di Malam Inagurasi

Wali Kota Balikpapan 2011-2021 Rizal Effendi saat memberikan motivasi kepada Mahasiswa Baru 2023 pada malam Inagurasi di Kampus Universitas Mulia, Kamis (31/8). Foto: YouTube

UM – PKKMB 2023 resmi ditutup, Kamis (31/8) dan diakhiri dengan malam inagurasi. Wali Kota Balikpapan 2011-2021 Rizal Effendi turut hadir sore hari dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru 2023 agar menjadi mahasiswa kuat dan tangguh meraih cita-cita.

Kepada mahasiswa baru, Rizal bercerita tentang pengalamannya menjadi mahasiswa. “Dulu, saya juga mahasiswa, bahkan saya pernah 12 hari ditahan di Kodam di samping Rumah Sakit Tentara yang sekarang di Prapatan itu,” tuturnya mengawali cerita.

Berdasarkan penelusuran, di tahun 1978, Rizal aktif menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda sebagai pengurus Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa. Kala itu dirinya memimpin demonstrasi menolak KNPI masuk GBHN dan menolak rencana pembangunan TMII di Jakarta.

“Kalau tidak karena reformasi, tidak mungkin saya jadi Walikota. Jadi pegawai negeri mungkin tidak bisa, karena saya termasuk yang dicatat sebagai daftar hitam,” ungkapnya.

Meski demikian, Rizal mengatakan tantangan menjadi mahasiswa pada zaman dulu sangat berbeda dengan saat ini. “Cuma kan, dulu untungnya jadi mahasiswa tidak dikejar dengan waktu. Jadi, kita biar kuliah 7-8 tahun nggak DO (Drop Out),” tutur Rizal mengingatkan.

Rizal juga mengaku pernah tidak lulus mata kuliah Ekonomi Industri gegara berselisih dengan dosen.

“Suatu hari, beliau mengumumkan hasil ujian itu tengah malam. Jadi, kita ngantuk. Jadi, saya bilang sama beberapa teman, kita kempesin saja sepeda motornya. Kita dipanggil bertiga, saya, adiknya pak Imdad sama ada orang India, sekarang jualan di Kebun Sayur itu, Nasir, kita kempesin sepeda motornya Pak Kaharuddin,” tuturnya.

Akibatnya, ia bertiga dipanggil oleh dosennya. “Beliau bilang begini, pokoknya selama saya mengajar, Anda bertiga tidak akan pernah lulus dengan saya,” kata Rizal.

“Ah, kiamat, saya bilang,” kata Rizal.

Setelah berjalan selama dua tahun tetap tidak lulus mata kuliah tersebut, Rizal mengatakan dosennya mendapatkan beasiswa studi lanjut S2 di Universitas Gadjah Mada.

“Kita selamatan, Alhamdulillah,” kata Rizal, sembari tertawa.

Setelah dosennya pindah ke Jogjakarta, Rizal dan teman-temannya baru bisa lulus. “Tapi, dulu kita berani, kalau sekarang kita berani dengan dosen, ya alamat… kiamatnya tidak berhenti di situ,” tuturnya, mewanti-wanti mahasiswa agar tidak bermasalah dengan dosen.

Kepada mahasiswa baru, Rizal mendorong agar memiliki semangat dan keberanian untuk berpikir kritis. “Tadi sudah disampaikan oleh temanmu (Nabila Tsabita), tidak mungkin kita bisa maju kalau tidak kiritis. Kritis itu membuat kita beranalisis,” tuturnya.

Rizal teringat pesan Dahlan Iskan, pimpinannya semasa menjadi wartawan. “Saya teringat Pak Dahlan ketika memberikan orasi ilmiah di Universitas Mulia, di Dies Natalis pertama. Pak Dahlan itu guru saya. Kalau dulu kita bekerja sebagai wartawan, beliau jagonya,” tutur Rizal.

“Pak Dahlan bilang begini, ada tiga hal yang bisa membuat mahasiswa itu sukses. Kata beliau, punya kapasitas yang bagus, punya cara berpikir yang tajam dan kritis, dan yang ketiga mempunyai metode atau sistematika yang baik,” tuturnya.

Dengan menguasai tiga hal tersebut, Rizal yakin mahasiswa akan sukses menjalani perannya sebagai intelektual.

Untuk mahasiswa baru yang saat ini masuk Generasi Z, Rizal mengutip pesan-pesan Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya Strawberry Generation.

“Generasi Strawberry itu orangnya sangat kuat dengan ide dan sangat kuat mengadaptasi dengan teknologi, tapi penyakitnya mudah patah arang, mudah menyerah, dan mudah putus asa,” ungkapnya.

Untuk itu, agar menjadi mahasiswa yang tangguh dan kuat, menurutnya, selama menempuh pendidikan di kampus, mahasiswa diharapkan berusaha dengan baik mengikuti pelajaran, terus belajar membentuk watak atau karakter yang baik, mengembangkan kapasitas diri serta selalu berusaha menjadi manusia kritis.

“Selamat mengikuti kuliah bagi yang baru, ya semuanya sukses, jaga kekompakan, jaga tali silaturahmi, jangan ngobat ya, jangan merokok kalau bisa,” tutupnya.

(SA/Puskomjar)