Pelatihan Aplikasi Office Tenaga Kependidikan Universitas Mulia oleh instruktur internal Tri Sudinugraha, S.Kom., M.Kom. bertempat di Laboratorium Komputer C Fakultas Ilmu Komputer, Kamis (2/12). Foto: Annisa

UM – Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Mulia mengikuti pelatihan penggunaan Aplikasi Office untuk mengasah keterampilan mengelola data seiring dengan kebutuhan pekerjaan dan perkembangan teknologi informasi. Pelatihan berlangsung di Laboratorium Komputer Fakultas Ilmu Komputer selama dua hari, 2-3 Desember 2021.

Tuntutan mengelola pertumbuhan data dan kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan tinggi di perguruan tinggi mendorong Bidang Ketenagaan dan SDM melakukan penyesuaian dan adaptasi. Kecepatan pertumbuhan data dalam bilangan detik, dari waktu ke waktu bertambah semakin tinggi. Hal ini harus diimbangi dengan keterampilan tinggi di bidang pengelolaan data.

Pengelolaan data yang dulu mengandalkan kekuatan tenaga dan pikiran manusia yang terbatas, kini lambat laun mulai bergeser. Pekerjaan yang memiliki pola yang berulang, bersifat rutin, menerima data, melakukan proses, dan menghasilkan luaran yang sama akan bergeser mengalami otomatisasi dan disrupsi.

Sekretaris panitia kegiatan Annisa Y. Primasari, S.E. mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan adalah untuk mengenalkan kepada para tenaga kependidikan tentang pentingnya penguasaan teknologi informasi saat ini.

Pelatihan Aplikasi Office Tenaga Kependidikan Universitas Mulia oleh instruktur internal Tri Sudinugraha, S.Kom., M.Kom. bertempat di Laboratorium Komputer C Fakultas Ilmu Komputer,  Kamis (2/12). Foto: Annisa

Pelatihan Aplikasi Office Tenaga Kependidikan Universitas Mulia oleh instruktur internal Tri Sudinugraha, S.Kom., M.Kom. bertempat di Laboratorium Komputer C Fakultas Ilmu Komputer, Kamis (2/12). Foto: Annisa

Tendik dituntut tidak hanya melakukan rutinitas pekerjaan yang berulang, tetapi juga melakukan perencanaan strategis dan mampu belajar menerapkan pola dan keterampilan yang baru.

“Pelatihan ini bertujuan agar tendik belajar bagaimana Aplikasi Office digunakan untuk membantu proses pekerjaan mereka,” ungkap Annisa. Menurutnya, dengan berlatih, tendik diharapkan akan memiliki keterampilan yang tinggi, misalnya, mampu mengelola dan menata arsip-arsip dokumen pekerjaan dengan mudah dan cepat.

Sementara itu, dihubungi terpisah, instruktur pelatihan Aplikasi Office Tri Sudinugraha, S.Kom., M.Kom. mengatakan bahwa waktu yang tersedia dirasa sangat terbatas. Meski demikian, ia mengaku menggunakan aplikasi Office yang disediakan Google untuk membantu otomatisasi pekerjaan mengelola data.

“Saya biasa menggunakan aplikasi Google Docs untuk membantu pekerjaan. Cukup mudah jika dihubungkan dengan aplikasi di Smartphone ini jika dibanding Aplikasi Office yang lain. Selesai pelatihan ini, mereka diharapkan mampu menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan,” tutur Tri Sudinugraha, yang saat ini tengah melanjutkan belajar S3 di Universiti Malaysia Sabah atau Unimas.

Sedangkan materi pelatihan pengelolaan data diasuh oleh Yeyen Dwi Atma, M.Kom. Pengalamannya dalam mengelola basis data akademik untuk melengkapi pelaporan PDPT atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi di Kemedikbudristek, ia bagikan kepada teman-temannya sesama tenaga kependidikan.

“Sederhana saja menggunakan Microsoft Access bagaimana merancang data lalu menerapkannya ke dalam aplikasi,” tutur Yeyen Dwi. Menurutnya, waktu yang disediakan panitia sangat terbatas apabila mengikuti kemampuan masing-masing peserta. Ia berharap panitia dapat menyusun jadwal kembali dengan memperhitungkan kemampuan dasar masing-masing peserta.

Pelatihan Aplikasi Office ini diikuti 24 orang peserta tenaga kependidikan Universitas Mulia.