Bimtek Pengisian BKD Berbasis SISTER di PSDKU Samarinda

,
Instruktur Bimtek SISTER Universitas Mulia Nasruddin S.Kom., M.Kom dan Pramudya Insan P, S.Kom., M.Kom di PSKDU Samarinda, Sabtu (26/3). Foto: Istimewa

UM – Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Mulia Samarinda menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) berbasis Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Bimtek ini diikuti seluruh dosen PSDKU, bertempat di Kampus Jalan Pahlawan 2A Samarinda, Sabtu (26/3).

Kepala PSDKU Samarinda Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I mengatakan bahwa bimbingan teknis ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kemdikbud No.12/E/KPT/2021 tanggal 18 Januari 2021 tentang Pengaturan Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen dan Penyusunan Laporan Beban Kerja Dosen terintegrasi SISTER. Untuk itu, dirinya ingin memberikan pelatihan bagi seluruh dosen PSDKU terkait bagaimana menggunakan SISTER.

“Instrukturnya Pak Nasrudin dan Pak Pramudya dari Balikpapan. Beliau memberikan bimbingan teknis setelah mengikuti Bimbingan Teknis SISTER yang digelar LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, 16 Maret 2022 yang lalu. Kami kemudian diajari pentingnya membuat laporan BKD setiap semester menggunakan SISTER ini,” tutur Muhammad Yani usai pelatihan.

SISTER sendiri singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi yang digunakan sebagai layanan yang berisi data pendidik, yakni dosen. SISTER digunakan untuk portofolio dosen, perubahan data dosen, beban kerja dosen, dan proses-proses lain terkait dengan kepangkatan atau karier dosen.

Bimbingan Teknis Pengisian dan Penilaian BKD yang diselenggarakan PSDKU Samarinda, Sabtu (26/3). Foto: Istimewa

Bimbingan Teknis Pengisian dan Penilaian BKD yang diselenggarakan PSDKU Samarinda, Sabtu (26/3). Foto: Istimewa

Yani berharap, usai mengikuti pelatihan SISTER ini seluruh dosen PSDKU Samarinda mulai dapat menyusun laporan kegiatan tri dharma setiap awal semester.

“Bapak ibu dosen yang baru menggunakan SISTER diharapkan mulai semester ini mencicil laporan kegiatannya, mulai dari melengkapi portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ini penting untuk karier dosen tersebut,” tutur Muhammad Yani.

SISTER Universitas Mulia terhubung dengan sistem pada PDDIKTI Kemendikbud Ristek. SISTER kini menjadi layanan one-stop-service seluruh portofolio dan pemutakhiran data dosen, termasuk mengelola proses terkait karier dosen lewat Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk semua jabatan fungsional.

Seluruh pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karier dosen dengan SISTER diharapkan juga berjalan lebih mudah, lebih efisien jika dibanding mengelola sendiri, dan bisa memberikan kepastian informasi setiap pelaporan beban kerja dosen.

Berikut beberapa referensi yang dapat digunakan sebagai panduan dosen dalam mengisi dan menilai BKD SISTER.

  1. Pedoman Operasional BKD (PO BKD2021). Kep Dirjen Dikti Kemendikbud No.12/E/KPT/2021.
  2. Presentasi Kegiatan Pelatihan Bimtek SISTER 
  3. Layanan BKD SISTER PDDIKTI
  4. Rubrik Pedoman Operasional (PO) BKD Tahun 2021

(SA/PSI)