Apel pagi perdana sivitas Universitas Mulia, Senin (4/1). Foto: Nadya, Biro Media Kreatif

UM – Sivitas Universitas Mulia melaksanakan apel pagi pertama di tahun 2021 disambut cuaca cerah dan suasana pagi yang menyenangkan. Rektor kemudian mengajak para peserta yang hadir pagi itu olah raga ringan jalan kaki mengitari Gedung White Campus selama satu kali putaran, Senin (4/1).

Pada kesempatan tersebut, Rektor Dr. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. mengimbau seluruh sivitas apabila tidak enak badan atau sakit untuk istirahat di rumah. Hal ini dilakukan mengingat di tengah meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 akhir-akhir ini di Kota Balikpapan.

“Bapak/Ibu, jika ada perasaan yang kurang enak, sakit atau apa, itu jangan dipaksakan hadir, karena harus sehat, ya keluarga itu jauh lebih penting bagi kita,” tutur Pak Agung.

Terkait kondisi di kampus, Rektor mengimbau agar masing-masing ruang kerja maupun ruang kelas agar disediakan hand-sanitizer. “Ke depan, kita masih akan terus perjuangan sama seperti tahun kemarin, tampaknya masih seperti itu. Walaupun pemerintah masih terus melakukan terobosan-terobosan, maka kita persiapkan agar perkuliahan semester depan berjalan seperti biasa, bisa mengikuti dari rumah atau kantor masing-masing,” tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya, selama masa pandemi perkuliahan berjalan menggunakan sistem Blended Learning. Ke depan, pelaksanaan perkuliahan tersebut masih akan dilakukan evaluasi kembali memperbaiki beberapa kelemahan dan melakukan peningkatan model pembelajaran yang paling efektif.

Apel pagi perdana sivitas Universitas Mulia, Senin (4/1). Foto: Nadya, Biro Media Kreatif

Apel pagi perdana sivitas Universitas Mulia, Senin (4/1). Foto: Nadya, Biro Media Kreatif

Tes indera penciuman sebagai dasar untuk mengetahui kesehatan masing-masing. Foto: Biro Media Kreatif

Tes indera penciuman sebagai dasar untuk mengetahui kesehatan masing-masing. Foto: Biro Media Kreatif

“Dalam keadaan seperti ini, pembelajaran tergantung pada Program Studi masing-masing, karena banyak sekali nanti ilmu-ilmu yang tidak harus dipelajari dan terbatas, hanya yang kita butuhkan saja,” tutur Rektor.

Terkait pengembangan riset dan teknologi, Rektor berpesan kepada seluruh sivitas tidak menyerah terhadap berbagai kondisi dan keadaan di tengah pandemi. “Karena kita di bidang IT, mudah-mudahan kita dapatkan jalan keluarnya. Kita juga harus bisa membantu anak-anak belajar di tingkat pendidikan dasar dan menengah,” tuturnya.

Usai apel pagi dan jalan kaki ringan, Rektor mengajak peserta untuk melakukan tes dasar indera penciuman dan tekanan darah. Hasil tes menunjukkan seluruh peserta dalam keadaan sehat.

Sementara itu, pekan sebelumnya, menyambut pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil 2020/2021 yang berlangsung pekan ini, Pjs. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Ketenagaan dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Wisnu Hera Pamungkas, S.T.P, M.Eng. mengimbau dosen lebih bijak dalam menyediakan fasilitas ujian bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan isolasi mandiri atau sakit.

“Bapak Ibu Dosen, sehubungan dengan laporan adanya beberapa mahasiswa yang terdeteksi positif COVID-19, mohon kiranya lebih bijak dan mempertimbangkan kembali untuk pelaksanaan UAS secara Offline. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih,” pungkasnya. (SA/PSI)