Menuju Teaching University, Rektor Baru Fokus pada Pengembangan Pendidikan Universitas Mulia

Rektor yang baru DR. Muhammad Rusli, M.T di ruang kerjanya, Selasa (22/2). Foto: PSI

UM – Universitas Mulia awal Februari 2022 ini tengah mengalami pergantian kepemimpinan yang baru. Rektor sebelumnya DR. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H digantikan oleh DR. Muhammad Rusli, M.T, akademisi dari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Ingin tahu rencana kerja rektor yang baru?

Sebelumnya, pada Rapat Kerja di Bali, Senin (7/2), yang lalu Ketua Yayasan Airlangga Ibu Hj. Mulia Hayati Deviantie telah mengumumkan bahwa per tanggal 1 Februari 2022 melakukan rotasi jabatan untuk jabatan Rektor.

“Pak Rusli sebenarnya pulang kampung, dulunya dosen STIKOM Balikpapan yang kemudian pindah ke STIKOM Bali. Sekarang STIKOM Balikpapan menjadi Universitas Mulia. Sedangkan STIKOM Bali menjadi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Bali. Kedua perguruan tinggi tersebut telah berkembang jauh lebih baik,” tutur Ibu Mulia.

Dalam lima tahun ke depan, sesuai dengan peta jalan atau roadmap pengembangan perguruan tinggi, Universitas Mulia diharapkan akan menjadi perguruan tinggi pembelajaran atau Teaching University, yakni perguruan tinggi yang fokus pada pengembangan kualitas pendidikan. Hingga pada 25 tahun ke depan Universitas Mulia diharapkan menjadi Global Technopreneurship Campus.

“Suatu visi yang jelas dan terukur dengan rencana capaian yang sangat tinggi. Sebagai Ketua Yayasan, saya akan mendukung seoptimal mungkin agar cita-cita kampus Universitas Mulia menjadi Global Technopreneur Campus terwujud di periode kelima, tahun 2037-2043,” tutur Ibu Mulia.

Rektor yang baru DR. Muhammad Rusli, M.T di ruang kerjanya, Selasa (22/2). Foto: PSI

Rektor yang baru DR. Muhammad Rusli, M.T di ruang kerjanya, Selasa (22/2). Foto: PSI

Untuk mewujudkan hal itu, pada lima tahun ke depan agar menjadi Teaching University, DR. Muhammad Rusli, M.T Rektor yang baru mengungkapkan akan mengembangkan pendidikan lewat beberapa hal, antara lain dengan menerapkan Transfer Knowledge, konten-konten pembelajaran berbasis ICT (Information Communication and Technology) dan teknologi multimedia.

Ketika ditemui media ini, DR. Rusli mengatakan bahwa menjadi dosen tidak sekadar mengajar kepada mahasiswa. “Kita (dosen) itu mengajar, menyampaikan materi pembelajaran kepada mahasiswa, tetapi juga harus mampu memotivasi mahasiswa untuk mau belajar lebih lanjut,” tuturnya di ruang kerjanya, Selasa (22/2).

Oleh karena itu, menurut DR. Rusli, kemampuan dosen dalam mendukung kegiatan belajar mengajarnya juga harus diimbangi dengan kemampuannya untuk bagaimana mengajarkan ilmu dan pengetahuannya kepada mahasiswa secara efektif. Dosen tidak hanya sekedar berpengalaman memiliki pengalaman mengajar sebagaimana yang lain, tetapi juga diharapkan memiliki kompetensi pedagogi dan secara bertahap mampu membangun modul-modul pembelajaran berbasis video atau multimedia interaktif.

“Itulah mengapa dosen-dosen mengikuti pelatihan Pekerti, Applied Approach, itu kan sarana untuk dosen-dosen meningkatkan kemampuan mengajarnya, meningkatkan pengetahuan di dalam pembelajaran,” tuturnya.

Dengan telah terbangunnya modul-modul pembelajaran tersebut, dan berjalan di platform LMS Moodle atau pembelajaran daring diharapkan dapat mengakomodasi berbagai ragam perbedaan, kecepatan pemahaman dalam proses Transfer Knowledge.

Dalam pembelajaran daring sering kali dosen lepas kontrol terhadap mahasiswa, apakah mereka benar-benar belajar atau tidak. “Tahu-tahu diberi tes, ada yang dapat 50, 60, 100. Apakah yang mendapat nilai 50 bisa dikatakan tidak berhasil? Belum tentu,” tuturnya.

Untuk itu, menurutnya, perlu penerapan salah satu metodologi seperti Active Mastery Learning kepada mahasiswa yang memiliki kekurangan tersebut dengan cara pendampingan. Meski demikian, hal ini dirasa menyulitkan apabila diterapkan di sebuah kelas pembelajaran yang cukup banyak mahasiswanya.

“Oleh karena itulah kita perlu pembelajaran dengan menggunakan Multimedia, dengan membuat konten-konten yang menarik sehingga mahasiswa bisa belajar di rumah sesuai dengan kesempatan dan waktu yang dimilikinya,” tuturnya DR. Rusli.

Ke depan, menurut DR. Rusli, pengembangan pembelajaran di Universitas Mulia secara bertahap akan mulai diterapkan, diawali dari pembekalan pelatihan dosen terkait dengan teknologi multimedia dan pembelajaran yang efektif.

Ketika ditanya kapan waktu penerapannya, DR. Rusli memperkirakan mulai diterapkan pada Semester Ganjil 2022/2023 mendatang. “Diperkirakan paling lama dua tahun sudah selesai,” tuturnya. Pada Semester Genap 2021/2022 ini masih memerlukan waktu pendataan dan persiapan atas kebutuhan dan ketersediaan sarana dan prasarana.

(SA/PSI)