Hari Raya Waisak merupakan hari raya keagamaan bagi umat Budha di seluruh dunia.  Waisak adalah untuk memperingati tiga peristiwa penting yang ada dalam kehidupan Budha Siddharta Gautama yang banyak dikenal dengan nama Tri Suci Waisak. Peristiwa penting pertama adalah kelahiran dari pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM. Untuk peristiwa ke dua adalah pencerahan atau nirvana yaitu pangeran Siddharta menjadi Buddha di Bodhgaya pada usia ke 35 Tahun 588 SM, untuk peristiwa yang ketiga yaitu kematian dari Parinirvana dari Buddha Gautama di Kusinar. Ketika usia 80 Tahun di 543 SM, oleh karena itu Waisak juga dikenal sebagai Hari Buddha saja.

 

Hari Raya Waisak dikenal dengan sebutan Visakah Puja atau dikenal juga dengan Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia juga di Singapura, Visakha Bucha di Thailand, serta Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai “Hari Buddha”.

 

Namo Sanghyang Adi Buddhayana, Namo Buddhaya

Mulia University mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2563  BE 2019 untuk saudara kita umat Buddha, semoga kita semua tetap menjaga kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin dalam Bineka Tunggal Ika yang juga menjadikan kita bangsa yang majemuk serta negara yang terkenal dengan keberagaman namun bisa saling menghargai dan menghormati.