SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi di lima wilayah seperti Kecamatan Anggana, Kecamatan Muara Badak, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Samboja, dan Kecamatan Sangasanga, untuk mengikuti seleksi Program Beasiswa PT Pertamina Hulu Mahakam Tahun 2019.

Beasiswa yang diberikan mencakup biaya uang kuliah (uang SPP) yang akan diransfer ke masing-masing universitas. Mau dapat beasiswa ini? Simak persyaratan yang diberikan:

  1. Merupakan mahasiswa yang berasal dari daerah sekitar operasi PHM di wilayah Kecamatan Anggana, Samboja, Muara Jawa, Sanga-sanga dan Muara Badak.
  2. Merupakan mahasiswa Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Strata-1 (S1) dari Jurusan Teknik, Pertanian, Perikanan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Kedokteran dan Ilmu Keperawatan/Kebidanan.
  3. Berstatus mahasiswa aktif, minimum semester 3 dan maksimum semester 7, dari salah satu Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur (Balikpapan, Tenggarong dan Samarinda).
  4. Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimum 2.75 dari awal studi hingga tahun akademik 2018.
  5. Mempunyai prestasi di bidang akademik dan ekstrakurikuler dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian aplikasi pendaftaran beasiswa.
  6. Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga pra-sejahtera dan mendapatkan rekomendasi dari universitas.

Tahapan pendaftaran:

  1. Kamu diharuskan mengikuti seleksi administratif via email, dengan tahapan:
    – Mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang lengkap dan benar (formulir dapat diambil di kantor Kecamatan masing-masing)
    – Mengirimkan fotokopi formulir yang telah diisi, dilengkapi dengan fotokopi KTP, KHS, dan KTM melalui email dengan format pdf (maksimum 500kb) ke alamat: ep-id-sds.cer.education@pertamina.com
    – Pendaftaran melalui email dilakukan paling lambat 11 Juli 2018 pukul 17.00 WITA.
  2. Lalu, tahap verifikasi dokumen dan wawancara, dengan ketentuan:
    – Nama calon peserta yang lolos seleksi administratif akan diumumkan melalui email dan diundang mengikuti Tahap II verifikasi dokumen dan wawancara. Detail teknis pelaksanaan (waktu dan tempat) akan diinfokan melalui email.
    – Dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk Tahap II adalah sebagai berikut:

a. Fotocopy transkrip nilai/Kartu Hasil Studi (KHS) yang mencantumkan IPK dan telah dilegalisir oleh universitas yang bersangkutan.
b. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), KTP dan Kartu Keluarga (KK).
c. Fotocopy slip pembayaran SPP semester sebelumnya.
d. Surat asli keterangan biaya pendidikan (SPP/semester) dari universitas dan nomer rekening pembayaran universitas masing-masing.
e. Surat rekomendasi asli dari universitas untuk keperluan mendapatkan bantuan pendidikan.
f. Surat pernyataan mahasiswa sedang tidak mendapatkan beasiswa dari organisasi lainnya dan diketahui oleh universitas.
g. Surat pernyataan mahasiswa tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) dan tindak kriminal lainnya.
h. Bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan secara ekonomi dapat melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa/Kelurahan.
i. Fotocopy piagam/sertifikat prestasi atau surat rekomendasi dari pengurus/organisasi atas peran aktif dalam organisasi sosial atau lingkungan (jika ada).

3. Proses kepatuhan PHM

Pengumuman hasil seleksi Tahap II akan diumumkan via email paling lambat 14 hari kerja setelah pelaksanaan serta melalui surat resmi ke masing-masing kecamatan dan universitas.

Proses konfirmasi dan administrasi keuangan di universitas. Informasi lebih lanjut terkait Program Beasiswa dapat menghubungi:

Bu Miko Asih (PT Pertamina Hulu Mahakam)

Telp. 0542 – 533918

Senin – Jumat 07,30 – 17.00 WITA