Berdasarkan data dari Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Indonesia saat ini kekurangan banyak jurnal nasional terakreditasi. Akreditasi jurnal ilmiah merupakan pengakuan resmi atas penjamian mutu Jurnal Ilmiah.  Bagi perguruan tinggi, keberadaan publikasi jurnal ilmiah menjadi faktor penting. Jurnal juga menjadi salah satu tolak ukur kualitas ilmuwan dan pendidikan. Atas dasar tersebut Kemenristekdikti mendorong berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal ilmiah. Peningkatan kualitas publikasi jurnal ilmiah dilakukan dengan memperkuat kelembagaan jurnal, memperbaiki manajerial jurnal, dan menyediakan konten yang berkualitas. Harapannya dengan adanya saluran jurnal yang berkualitas maka hilirisasi output pendidikan dapat maksimal dan secara langsung dapat meningkatkan daya saing pendidikan Indonesia di taraf internasional.

 

Universitas Mulia adalah gabungan dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi; STMIK Balikpapan, ASMI Airlangga Balikpapan dan STMIK Sentra Pendidikan Bisnis Samarinda. Universitas Mulia turut mendorong dan meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal ilmiah. Sebelumnya di Perguruan Tinggi yang lama yaitu STMIK Balikpapan, telah ada 1 (satu) jurnal yang sudah masuk dalam daftar SINTA Ristekdikti. Seiring dengan lahirnya Universitas Mulia maka kualitas dan kuantitas dalam publikasi jurnal ilmiah perlu ditingkatkan, dan saat ini Universitas Mulia telah memiliki 12 jurnal ilmiah baru di tahun 2019, dua diantaranya adalah jurnal internasional, sehingga total jurnal yang dimiliki Universitas Mulia adalah 13 (tiga belas) jurnal, berikut nama dan deskripsi 13 jurnal tersebut:

 

NO Cover Jurnal Nama Jurnal Deskripsi
1 METIK JURNAL METIK (Media Teknologi Informasi dan Komputer) adalah Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M. Fokus bidang kajian jurnal tersebut adalah ilmu komputer. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia, Ketua Redaksi Wisnu Hera Pamungkas, S.TP., M.Eng.
2 FORBIS JURNAL FORBIS (Forensic and Business Information System) adalah Jurnal Program Studi Teknologi Informasi Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal tersebut adalah Teknologi Informasi. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi Djumhadi, S.T., M.Kom.
3 NETSIGN JURNAL NETSIGN (Network & Design) adalah Jurnal Program Studi Sistem Informasi Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal tersebut adalah Sistem Informasi. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi M. Nurfalah, S.Kom., M.T.
4 SARJANA JURNAL SARJANA adalah Jurnal Program Studi Informatika Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Informatika. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi Jamal, S.Kom., M.Kom.
5 SEPINGGAN JURNAL SEPINGGAN adalah Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Ekonomi dan Bisnis. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi Yamani, S.S., M.Pd.
6 PHARMACIA JURNAL PHARMACIA adalah Jurnal Program Studi Farmasi Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Farmasi. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi Warrantia Citta Citti Putri, M.Sc., Apt.
7 AKUNTANIA JURNAL AKUNTANIA adalah Jurnal Program Studi Akuntansi Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Akuntansi. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi Nany Pancawardany, S.E., M.M.
  KHATULISTIWA JURNAL KHATULISTIWA adalah Jurnal Program Studi Hukum Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Hukum. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi : Drs. Suprijadi, M.Pd.
9 ALMANAC JURNAL ALMANAC adalah Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Manajemen. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi : Linda Fauziyah Ariyani, S.Pd., M.Pd.
10 OFFICIA JURNAL OFFICIA adalah Jurnal Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Administrasi Perkantoran. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi : Mada Aditia Wardhana, S.Sos., M.M.
11 PELANGI JURNAL PELANGI adalah Jurnal Program Studi PAUD Universitas Mulia yang dikelola oleh LP3M, Fokus bidang kajian jurnal adalah Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Mulia. Ketua Redaksi : Vicy, S.Pd., M.Pd.
12 MULTICA Mulia International Journal of Trends in Informatics and Computer Applications (MULTICA), MULTICA is an Open-Access journal who managed by Informatics Department, Faculty of Computer Science, Mulia University, Indonesia. which is managed by LP3M. Publishing periodically 2 (two) times a year. Published by Mulia University. Editor in chief: Richki Hardi, S.T., M.Eng.
13 UM JOURNAL OF LAW UM JOURNAL OF LAW is an international journal of law department, which is managed by LP3M. Publishing periodically 2 (two) times a year. Published by Mulia University. Editor in chief: : Agung Sakti Pribadi, SH., MH.