Yuk, Dosen dan Mahasiswa Ikutan Senam Kesehatan Jasmani Rohani Setiap Jumat Pagi

Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa'i memberikan sambutan usai pelaksanaan Senam Kesehatan Jasmani Rohani di halaman parkir Gedung White Campus, Jumat (20/9). Foto: SA/Kontributor

UM – Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i mengajak dosen dan mahasiswa mengikuti kegiatan Senam Kesehatan Jasmani dan Rohani (Kejar) setiap Jumat pagi, pukul 8.00 – 8.45 WITA. Kegiatan ini kembali digiatkan mulai pagi ini, Jumat (20/9), bertempat di halaman parkir Gedung White Campus.

Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen, karyawan, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), organisasi kemahasiswaan (ormawa), dan Mahasiswa Baru 2024 yang telah mengikuti senam bersama.

“Ini kesempatan bagi kita, karena kuliah itu tidak hanya di bangku kuliah saja. Seorang mahasiswa itu harus juga mampu, selain mendapatkan pembelajaran di perkuliahan, juga harus mampu memiliki karakter, mampu untuk berorganisasi,” tutur Rektor.

Untuk itu, Rektor berharap pada pelaksanaan Senam Kejar pada Jumat pekan depan dan selanjutnya, BEM, Ormawa serta mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan senam bersama-sama.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersaman ini, dengan melaksanakan senam bersama,” ajak Rektor.

“Saya berharap, ini adalah wadah komunikasi bagi BEM, bagi Ormawa untuk menjalankan program. Mari kita bersama-sama, mulai sekarang, karena ada pembinaan Ormawa, kita di hari Jumat ini kesempatan untuk bersilaturahmi, kemudian saling menjalankan dan menyusun program untuk tahun 2024 dan tahun yang akan datang,” tambah Rektor.

Rektor mengatakan, saat ini sedang dilakukan pembangunan ruang kegiatan kemahasiswaan yang segera dapat digunakan untuk berbagai kegiatan.

“Semoga ini jadi momentum kita untuk menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin. Kita berharap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan aktif untuk memotivasi seluruh bagian kemahasiswaan untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan,” ujar Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Sistem Informasi Wisnu Hera Pamungkas dalam surat edarannya menyebutkan, dengan adanya kegiatan ini, ia meminta pelaksanaan perkuliahan pada jam pertama pada pagi hari itu digeser waktunya.

“Kami minta Bapak/Ibu untuk menyesuaikan mulainya perkuliahan jam pertama pada Jumat pagi agar dapat dimulai selepas selesainya kegiatan Kejar,” sebut Wisnu Hera pada surat edaran.

Wisnu berharap, penyesuaian jam mengajar dapat dikoordinasikan antara prodi dengan dosen pengampu, kemudian dikomunikasikan kepada mahasiswa yang mengambil matakuliah tersebut.

Selanjutnya, karena jam mulai perkuliahan telah digeser, seluruh dosen dan karyawan diharapkan mengikuti kegiatan Kejar, sekaligus mengarahkan seluruh mahasiswa mengikuti olahraga Senam Kejar, baik mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah Jumat pagi maupun yang tidak.

Usai mengikuti senam, di bawah terik matahari pagi, seorang peserta mengatakan cukup banyak mengeluarkan keringat.

“Alhamdulillah, senamnya banyak gerak, sambil diiringi musik riang gembira, oke gas-oke gas. Karena jadi kebijakan, ke depan saya berharap perlu ditambah vitamin, biasanya kacang hijau, biar tambah sehat,” tutupnya.

(SA/Kontributor)