Sosialisasi MSIB Batch 7: Kiat Sukses Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dalam Rangka meningkatkan minat mahasiswa dalam program MBKM Kampus Meredeka telah dilaksanakan sosialisasi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7 secara online  31, Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh sekitar 70 mahasiswa dari berbagai program studi, menunjukkan minat yang besar dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Sistem Informasi bapak Wisnu Hera Pamungkas, S.Tp., M.Eng. sebagai Pemateri pertama, , beliau memaparkan secara komprehensif tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Beliau menjelaskan berbagai program yang dapat diikuti mahasiswa, termasuk magang, studi independen, dan pertukaran mahasiswa. Penjelasan ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa mengenai peluang yang tersedia untuk mengembangkan kompetensi dan pengalaman mereka di luar lingkungan kampus.

Kegiatan ini juga menghadirkan Koordinator PT dalam program MSIB bapak Yeyen Dwi Atma, S.Kom., M.Kom. sebagai Pemateri kedua, beliau memberikan penjelasan mendetail mengenai teknis pendaftaran dan administrasi yang perlu diproses oleh mahasiswa di kampus. Yeyen Dwi Atma menekankan pentingnya memahami setiap tahapan pendaftaran dengan baik agar tidak terjadi kendala dalam mengikuti program. Informasi yang disampaikan sangat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti MSIB dengan lancar.


selain itu pada sesi berikutnya diisi oleh Zikri Ahmad Suanda, seorang mahasiswa yang saat ini sedang mengikuti program magang. Zikri berbagi pengalaman pribadi tentang kiat-kiat sukses dalam mendaftar magang serta aktivitas dan pembelajaran yang dijalani selama program magang. Paparan Zikri memberikan gambaran nyata dan inspirasi bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program magang.Selain Zikri Ahmad Suanda ada juga penyampaian dari saudari Saffanah Nur Fadilla tentang  tips dan trik untuk lolos program studi independen. Saffanah menjelaskan secara rinci mengenai pembuatan portofolio yang efektif dan proses yang harus dilalui dalam mengikuti program studi independen. Pengalaman dan saran praktis dari Saffanah diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih percaya diri dalam mendaftar program ini.Dari survei yang dilakukan, workshop ini menarik minat mahasiswa, dengan prosentase minat mengikuti magang mencapai 63%, studi independen 13,6%, dan pertukaran mahasiswa 16,9%. Angka-angka ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai program yang ditawarkan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dalam program MSIB dan berkontribusi pada pengembangan diri dan kemajuan kampus.