Terapkan Kampus Merdeka, Universitas Mulia Kirim Mahasiswa Ikuti Program PMM 2022

,
Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Kampus Merdeka dari Universitas Mulia. Foto: Media Kreatif

UM – Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Mulia tahun 2022 ini mengirimkan mahasiswanya mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdikbudristek RI menyampaikan terima kasih, Selasa (19/7).

Ucapan terima kasih disampaikan Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Sri Gunani Partiwi, lewat Surat dengan Nomor: 3879/E2.1/DT.01.01/2022 tanggal 19 Juli 2022 yang ditujukan kepada 485 Perguruan Tinggi Pengirim PMM 2022, termasuk Universitas Mulia.

“Demi kelancaran kegiatan mahasiswa Bapak/Ibu selama program PMM, maka pihak Perguruan Tinggi menunjuk satu dosen sebagai koordinator PT Pengirim untuk keperluan korespondensi dan juga koordinasi pelaksanaan program,” tulis Sri Gunani.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mulia Yusuf Wibisono, M.TI mengatakan bahwa sejak lama perguruan tinggi mengenal dan melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa melalui skema kerja sama antar perguruan tinggi. Misalnya, kerja sama antara Universitas Mulia dengan KKIB atau dengan ITB STIKOM Bali beberapa waktu yang lalu.

“Tetapi, di dalam skema MBKM ini ada sesuatu yang baru yang akan dirasakan manfaatnya oleh para mahasiswa. Selain difasilitasi pemerintah lewat Kemdikbudristek, mata kuliah yang diterima di kampus tujuan akan diakui sebagai bagian dari studi dengan besaran 20 SKS per semester,” tutur Yusuf Wibisono.

Mahasiswa peserta Program PMM 2022 menerima pembekalan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono di Ruang Kerjanya, Kamis (21/7). Foto: Istimewa

Mahasiswa peserta Program PMM 2022 menerima pembekalan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono di Ruang Kerjanya, Kamis (21/7). Foto: Istimewa

Mahasiswa Peserta Program PMM 2022 bersama Wakil Rektor Yusuf Wibisono dan Dekan FEB Ivan Armawan. Foto: Istimewa

Mahasiswa Peserta Program PMM 2022 bersama Wakil Rektor Yusuf Wibisono dan Dekan FEB Ivan Armawan. Foto: Istimewa

“Alhamdulillah, tahun ini ada empat orang mahasiswa yang lolos program PMM, yaitu tiga orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akan belajar di Universitas Al Azhar Jakarta dan satu orang mahasiswa dari Fakultas Humaniora dan Kesehatan di Universitas Negeri Malang,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada para mahasiswa tersebut untuk menyiapkan diri mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi tersebut. Dirinya berharap mahasiswa berusaha mengikuti setiap kegiatan dengan baik dan mampu mengeksplorasi dan mempelajari keberagaman budaya nusantara di perguruan tinggi tujuan.

“Untuk keilmuan, mungkin sebenarnya belajar di mana pun hampir sama karena adanya kemudahan akses terhadap berbagai sumber belajar di era digital saat ini. Namun, pengalaman berada di tempat baru, bergaul dengan teman-teman baru, berinteraksi dengan berbagai latar yang berbeda adalah pengalaman yang sangat berharga yang tidak bisa didapat dengan sekedar mengikuti kuliah online,” tuturnya panjang lebar.

Dihubungi terpisah, Ketua Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Irfan Ananda Pratama, S.A., M.A mengucapkan selamat kepada tiga orang mahasiswanya yang akan mengikuti kuliah di Universitas Al Azhar. Senada dengan Yusuf Wibisono, dirinya berharap mahasiswanya membawa nama baik Universitas Mulia.

“Saya juga berharap kesuksesan mereka mengikuti program PMM ini bisa menjadi pemicu semangat bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya, tidak hanya di Prodi Manajemen, tapi seluruh mahasiswa Universitas Mulia bisa turut aktif dan mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam mengikuti program MBKM khususnya PMM ini,” tuturnya panjang lebar.

Irfan berharap, ke depan program pertukaran mahasiswa juga bisa diterapkan untuk skala yang lebih luas di tingkat perguruan tinggi luar negeri.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Universitas Mulia (@universitasmulia)

Salah satu mahasiswa peserta program PMM 2022, Alsybed Syahkurnia dari Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (S1) Fakultas Humaniora dan Kesehatan Universitas Mulia menuturkan pengalamannya. Dirinya mengaku memilih dan diterima mengikuti kuliah di Universitas Negeri Malang Jawa Timur.

“Awalnya saya sudah mencari informasi terlebih dahulu Universitas Negeri Malang. Nah, akreditasinya Unggul. Saya berharap dapat menunjang kompetensi saya nantinya,” ungkap Alsybed yang juga berprofesi sebagai pendidik pada sebuah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Sementara itu, Ditjen Dikti telah memberikan Pembekalan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 melalui kanal YouTube, Selasa (26/7). Mahasiswa diberikan pembekalan tentang Strategi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi, Anti Perundungan, dan Cinta Keberagaman oleh Tim Tenaga Ahli Staf Khusus Menteri Bidang Kompetensi dan Manajemen Kemdikbudristek RI.

Materi pembekalan tersebut disampaikan mengingat seluruh satuan pendidikan bertanggung jawab untuk menciptakan pendidikan berkualitas bagi semua melalui lingkungan belajar yang bebas dari kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi. Semua warga satuan pendidikan diharapkan mencintai keberagaman dan mewujudkan kesetaraan yang berkeadilan.

(SA/PSI)