PSDKU Kampus Samarinda sukses melaksanakan Pelatihan (Bimtek) Keamanan Cyber Security bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Samarinda pada Rabu, 10 November 2021.

UM– PSDKU Kampus Samarinda sukses melaksanakan Pelatihan (Bimtek) Keamanan Cyber Security bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Samarinda pada Rabu, 10 November 2021.

Bimtek yang diikuti para staf Diskominfo Kota Samarinda itu digelar selama dua hari di kampus PSDKU Samarinda. Ada sebanyak 6 peserta dalam pelatihan tersebut.

Kepala Kantor PSDKU Kampus Samarinda Muhammad Yani menjelaskan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari MoU dengan Diskominfo Kota Samarinda beberapa tahun lalu. “Jadi hingga saat ini kami masih menjalin kerjasama dengan Diskominfo Samarinda dalam bentuk pelatihan untuk tenaga SDM mereka,” jelas Muhammad Yani.

Pelatihan ini katanya, berfokus pada pengembangan SDM berkaitan dengan teknologi informasi dengan tema Keamanan Data dimana dalam topik ini dibahas mengenai dasar-dasar Keamanan Cyber Security dan terakhir tes bagi SDM atau pegawai Diskominfo Kota Samarinda.

“Pelatihan selama dua hari, diberikan oleh dosen PSDKU, selain itu kami juga menghadirkan praktisi Cyber Security yang merupakan alumni dari mahasiswa PSDKU yang berkecimpung dibidang Cyber Security,” katanya.

Rencananya, sebut Yani, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan dalam tiga sesi dimana dalam setiap sesinya akan memiliki tema atau topik yang berbeda. “Rencananya untuk sesi kedua akan dilaksanakan pada akhir November atau Desember nanti,” sebutnya.

Dirinya menuturkan, pelatihan Keamanan Cyber Security menjadi pelatihan pertama yang dilakukan dimasa pandemi. “Jadi ditahun-tahun sebelumnya kita sudah ada beberapa kali pelatihan dengan Diskominfo Kota Samarinda namum sejak pandemi terjadi di 2020 baru di akhir 2021 ini baru bisa kembali terlaksana. Jadi sejak 2020 belum ada pelatihan kembali dan baru ini dilaksanakan,” tuturnya.

“Dan menurut Diskominfo Kota Samarinda, pelatihan ini juga menjadi yang pertama dilakukan bekerjasama dengan perguruan tinggi. Jadi mereka juga baru memulai dan diawali dengan Universitas Mulia,” tambahnya.

Dirinya pun berharap, dengan dilaksanakanya pelatihan ini dapat membuat Diskominfo mendapatkan banyak manfaat. “Sebab untuk tahap pengembangan di Cyber Security memang tidak mudah, jadi kami berharap dengan kegiatan pelatihan selama dua hari di kampus benar-benar mendapat wawasan baru dan dapat diimplementasikan di lembaga mereka,” harapnya.

“Target kita selain itu dapat sekaligus dijadikan pengabdian masyarakat bagi dosen dan institusi. Dan didalam pelatihan ini juga, harapan kami kerjasama dengan instansi pemerintah ini dapat membuat kampus kami dapat mulai terlibat dengan kegiatan mereka kedepan, sehingga bukan hanya dalam bentuk pelatihan ini saja, melainkan juga mungkin dalam tahap implementasinya kami dapat dilibatkan untuk membantu dari sisi teknologi informasinya,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya diharapkan pula masyarakat akan semakin mengenal bahwa dalam pembelajaran di mata kuliah PSDKU juga mengajarkan terkait keamanan data. (mra)