Polda Kaltim dan Universitas Mulia Gelar Vaksinasi Dosis Kedua di Kampus Cheng Ho

Gerai Vaksin Presisi di Kampus Cheng Ho Universitas Mulia, Senin (11/9). Foto: PSI

UM – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Universitas Mulia kembali menggelar vaksinasi dosis kedua di Kampus Cheng Ho, Senin (11/9). Tercatat ribuan peserta yang berasal dari keluarga Yayasan Airlangga dan Ikapakarti mengikuti vaksinasi.

Rektor DR. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. mengatakan bahwa meski hingga hari ini di berbagai daerah di Indonesia terjadi penurunan jumlah positif Covid-19 yang sangat signifikan, namun upaya perlindungan masyarakat melalui program vaksinasi untuk memperkuat kekebalan kelompok atau Herd-Immunity tetap dijalankan.

Pada kesempatan ini, Rektor bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak, baik kepada pemerintah pusat hingga daerah, TNI/Polri, dan seluruh pihak yang telah bekerja sama menyukseskan program vaksinasi hingga tercapai kekebalan kelompok.

Rektor juga mengapresiasi Kota Balikpapan yang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dari sebelumnya Level 4. Level 2 menunjukkan terdapat 20 sampai 50 kasus positif Covid-19 per 100 ribu penduduk.

Selain itu, pada Level 2 terdapat 5 sampai 10 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk. Serta ada 1 sampai 2 kasus meninggal per 100 ribu penduduk di daerah tersebut. Level 2 untuk Kota Balikpapan mulai berlaku 5-18 Oktober 2021.

Rektor DR. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. bersama AKBP Nurhidayat dari Polda Kaltim. Foto: Media Kreatif

Rektor DR. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. bersama AKBP Nurhidayat dari Polda Kaltim. Foto: Media Kreatif

Peserta vaksinasi dosis kedua di Universitas Mulia, Senin (11/9). Foto: Media Kreatif

Peserta vaksinasi dosis kedua di Universitas Mulia, Senin (11/9). Foto: Media Kreatif

Tampak siswa-siswi Screening sebelum menjalani suntik vaksin. Foto: Media Kreatif

Tampak siswa-siswi Screening sebelum menjalani suntik vaksin. Foto: Media Kreatif

Meski demikian, masyarakat yang telah menjalani vaksinasi juga diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni menjaga jarak, menghindari dan tidak membuat kerumunan, mencuci tangan, memakai masker, dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu, Koordinator Vaksinasi Dosis Kedua Universitas Mulia Mundzir, S.Kom., M.T. mengatakan bahwa jumlah peserta yang tercatat pada formulir pendaftaran mencapai 1.200 peserta. “Data yang masuk ada 1.200 peserta,” ungkapnya.

Dari jumlah tersebut beberapa peserta berhalangan dan tidak hadir. “(dari) Universitas Mulia dan Ikapakarti sekarang ini sepi,” tutur Drs. Akhmad Priyanto, Kepala HRD Universitas Mulia.

Menurutnya, menurunnya jumlah peserta vaksin dosis kedua ini kemungkinan beberapa peserta sudah mengikuti vaksinasi di beberapa tempat. “Vaksinasi dosis kedua ini diikuti peserta yang sudah menjalani vaksin tanggal 10 September 2021 kemarin di Gedung Dome,” pungkas Pak Akhmad.

Dari pantauan media ini di lokasi, beberapa siswa-siswi berseragam SMP dan SMA tampak mengantre dengan tertib menunggu giliran vaksinasi yang dibuka mulai pukul 8.00 Wita sampai dengan 10.00 Wita. Mereka berasal dari SMP Plus Airlangga, SMK Airlangga, dan keluarga Yayasan Airlangga.

(SA/PSI)