Poster Seminar Internasional ICSINTESA 2021.

UM – Universitas Mulia tahun ini kembali mengundang para peneliti, dosen, guru, mahasiswa, praktisi maupun profesional umum untuk berpartisipasi dalam Seminar Nasional SEMINASTIKA 2021 dan Seminar Internasional ICSINTESA 2021. Seminar yang akan digelar daring 20 – 21 Oktober 2021 mendatang ini memiliki tema Towards Sustainable Smart Technology and Engineering Innovation.

“Seminar Nasional dan Internasional ini merupakan kegiatan tahunan Universitas Mulia. Tahun ini seminar yang kedua yang seharusnya digelar tahun 2020 tahun lalu karena pandemik Covid-19,” tutur Ketua Umum Konferensi Richi Hardi, S.T., M.Eng. Sedangkan seminar yang pertama, lanjutnya, sukses digelar tahun 2019 yang lalu juga di bulan yang sama.

Pada kegiatan tahun ini, panitia mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim atau Mas Menteri tampil sebagai Keynote Speaker. Juga mengundang Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E. yang  juga turut menjadi Keynote Speaker.

Seminar akan menghadirkan tiga narasumber, antara lain Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., Mphil., MA. selaku Rektor Universitas Pradita Jakarta dan Chairman ID-SIRTII, kemudian Assoc. Prof. Dr. Masilla Kamalruddin pakar Software Requirements Engineering dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UteM), dan Dr. Chiew Kang Leng dari Universiti Malaysia Sarawak.

Seminar juga mendapatkan dukungan dari 24 orang reviewer yang berasal dari mitra perguruan tinggi ternama antara lain Lukito Edi Nugroho dari Universitas Gadjah Mada, Rahmawati dari Universitas Negeri Yogyakarta, Herman Yuliansyah dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Armin Lawi dari Universitas Hasanuddin Makassar, Rokhmadi dari Badan Tenaga Nuklir Nasional-BATAN serta para reviewer lainnya.

Menurut Richki, mengingat kemungkinan pada pelaksanaan nanti masih dalam suasana pandemi Covid-19, seminar dan konferensi akan digelar dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi Zoom. Penggunaan Zoom dinilai mempermudah peserta yang sudah terbiasa menggunakannya.

“Berdasarkan pengalaman seminar dan konferensi nasional dari beberapa perguruan tinggi lainnya, pemanfaatan teknologi ini diharapkan mempermudah pelaksanaan konferensi dalam skala nasional, mudah-mudahan pelaksanaannya nanti berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” tutur Richki.

Dari sisi biaya pun juga sangat terjangkau berdasarkan kategori kepersertaan, yakni sebagai pemakalah maupun non-pemakalah. Bagi pemakalah yang diterima dan mempresentasikan makalahnya di SEMINASTIKA, maka makalah akan memiliki kesempatan untuk di-index oleh Google Scholar, Crossref, Garuda atau Garba Rujukan Digital, dan Index Copernicus.

Sedangkan bagi makalah yang diterima di ICSINTESA akan dipublikasikan pada publisher yang terindeks Scopus.

“Semua pemakalah berpeluang mendapatkan hadiah hiburan dari sponsor,” tutur Richki. Ia menambahkan, bagi yang ingin mengikuti secara bebas tanpa harus menjadi pemakalah maupun kontribusi, peserta dapat mengikuti seminar yang akan disiarkan secara streaming di kanal YouTube Universitas Mulia.

Pendaftaran dan pengiriman Abstrak bagi pemakalah SEMINASTIKA dibuka mulai 5 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021. Sedangkan pengumuman abstrak diterima tanggal 21 Agustus 2021. Untuk ICSINTESA, pendaftaran dibuka 5 Juli 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021. Makalah full-paper paling lambat 14 Agustus 2021. Pengumuman makalah diterima tanggal 28 Agustus 2021. Camera Ready tanggal 11 September 2021.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di situs SEMINASTIKA (https://seminastika.universitasmulia.ac.id) dan ICSINTESA (https://icsintesa.universitasmulia.ac.id)

(SA/PSI)