Panitia mempersiapkan studio untuk Seminar Internasional ICSINTESA 2021 dan Seminar Nasional SEMINASTIKA 2021, 20-21 Oktober 2021 mendatang. Foto: Media Kreatif

UM – Seminar Internasional ICSINTESA dan Seminar Nasional SEMINASTIKA 2021 akan dilaksanakan daring pada 20-21 Oktober 2021 mendatang. Pekan ini panitia tampak sibuk mempersiapkan diri dengan segala peralatan, narasumber, tempat acara, hingga sarana dan prasarana. Mulai dari persiapan studio, perangkat komputer dan jaringan serta memastikan stabilitas jaringan Internet hingga kesiapan panitia menyukseskan gelaran besar Universitas Mulia.

Pasalnya, peserta Seminar Internasional datang bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi juga berasal dari luar negeri. Tercatat dari Universitas Mustansiriyah Baghdad Irak, Universiti Teknologi Brunei, Ramrao Adik Institute of Technology Navi Mumbai India, Thapar Institute of Engineering Technology India, Universiti Teknikal Melaka Malaysia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Pelita Harapan serta beberapa dari perguruan tinggi dalam negeri lainnya.

Sedangkan SEMINASTIKA diikuti peserta dari Indonesia seperti Institut Teknologi Del, Universitas Indonesia, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Pelita Bangsa, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Balikpapan, Universitas Pelita Harapan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STMIK Borneo Internasional Balikpapan, dan perguruan tinggi lainnya.

Rektor Universitas Mulia DR. Agung Sakti Pribadi S.H., M.H. saat mengadakan pertemuan dengan panitia dalam rangka persiapan di Aula Kampus Cheng Ho, Rabu (13/11), mengingatkan bahwa panitia diharapkan mempersiapkan secara matang, baik persiapan saat mengelola pendaftaran, pelaksanaan kegiatan, hingga akhir kegiatan.

“Meski ini bukan yang pertama kali bagi Universitas Mulia, tapi kita bertekad kegiatan akademik ini rutin diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang. Untuk itu, saya berharap panitia mempersiapkannya dengan baik sehingga ke depan kita belajar untuk menjadi semakin baik,” tuturnya.

Panitia mempersiapkan studio untuk Seminar Internasional ICSINTESA 2021 dan Seminar Nasional SEMINASTIKA 2021, 20-21 Oktober 2021 mendatang. Foto: Media Kreatif

Panitia mempersiapkan studio untuk Seminar Internasional ICSINTESA 2021 dan Seminar Nasional SEMINASTIKA 2021, 20-21 Oktober 2021 mendatang. Foto: Media Kreatif

Sementara itu, Ketua Panitia Umum Richki Hardi, S.T., M.Eng. mengatakan bahwa dirinya optimis pelaksanaan Seminar Internasional dan Nasional yang digelar daring dalam waktu yang bersamaan ini akan berjalan dengan lancar. “Kita berharap pelaksanaan yang digelar selama dua hari nanti berjalan dengan lancar dan sukses. Panitia berusaha mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Mari kita sukseskan,” tuturnya.

Panitia mengundang narasumber dari pemerintahan dan akademisi yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari penuh. Dibuka mulai pukul 8.00 Wita dan berakhir pukul 16.00 Wita. “Hari pertama, Rabu (20/10), akan diisi oleh narasumber dari pemerintahan. Ada Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim atau perwakilan dari Kemendikbudristek RI, kemudian Gubernur Kalimantan Timur DR. Isran Noor atau yang mewakili, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud S.E., M.E. atau yang mewakili,” tuturnya.

Sedangkan pada hari kedua, Kamis (21/10), dijadwalkan pembicara dari kalangan akademisi. “Ada Prof. Eko Indrajit Rektor Universitas Pradita Jakarta, Prof. Dr. Masilla Kamalruddin dari Universitas Teknikal Melaka Malaysia, dan Dr. Chiew Kang Leng dari Universitas Serawak Malaysia. Mudahan pada saat pelaksanaan nanti Beliau semua sehat dan dapat hadir,” tuturnya.

Narasumber akan berbicara terkait dengan topik Towards Sustainable Smart Technology and Engineering Innovation. Topik ini akan membahas terkait Teknologi Cerdas dan Inovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan. Fokus pada berbagai metode dan teknik yang terkait dengan bidang pembangunan berkelanjutan seperti sistem dan teknologi cerdas, inovasi teknologi, rekayasa perangkat lunak, kecerdasan artifisial, data sains serta berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan.

Topik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkini dan otoritatif baik dari pemerintahan maupun akademisi. Narasumber akan berbagi terkait kebutuhan pembangunan hingga praktik industri terbaik di bidang inovasi teknologi cerdas. Hasil dari seminar ini diharapkan akan bermanfaat bagi mahasiswa, peneliti, guru, dosen, maupun profesional di bidang inovasi teknologi cerdas dan pembangunan berkelanjutan.

Hingga pada saat penutupan pendaftaran, Rabu (13/10), tercatat 32 pemakalah ICSINTESA baik penulis tunggal maupun berkelompok. Sedangkan peserta SEMINASTIKA tercatat sebanyak 27 pemakalah, baik penulis tunggal maupun penulis dengan anggota atau kelompok.

(SA/PSI)