Pelatihan Peningkatan Kompetensi dalam Optimalisasi Peran Konseling dan Pengembangan Karir di SPS Al Quran dan TPQ BKPAKSI kota Balikpapan

Humas UM-Divisi Konseling dan responsi dibawah naungan WR3 bapak Mundzir, S.Kom., M.T. Universitas Mulia mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dalam optimalisasi peran Konseling dan Pengembangan Karir di SPS Al Quran dan TPQ kota Balikpapan.( Senin, 5 Febuari 2024) kegiatan ini bekerjasama dengan BKPAKSI kota balikpapan dan dihadiri oleh Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si., Direktur Eksekutif Dr. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H, Direktur BKPAKSI  Daerah H. Ngusman, S.T., M.M., Pembina BKPAKSI ibu Hj. Yohana Palupi Arita Rizal Effendi, serta Pak H.Muhammad Sholeh Kepala kantor Departemen Agama Kota Balikpapan.

Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si

Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si. mengucapkan selamat datang kepada para guru-guru di SPS Al Quran dan TPQ Kota balikpapan di ball room Cheng ho Universitas Mulia.Prof Ahsin menyampaikan juga bahwa Peran Konseling adalah menjadi tugas utama bagi seorang pendidik, selain itu juga harus bekerjasama dengan para orang tua agar menjadi pendeteksi awal terhadap perilaku maupun perkembangan siswa sehingga membangun jiwa-jiwa siswa yang berkarakter dan sehat secara jasmani dan rohani. seorang guru  harus memenuhi kompetensi sebagai berikut, yang pertama kompetensi pedagogis dimana guru memiliki kemampuan mengelola belajar siswa,yang kedua kompetensi pribadi yang merupakan keterampilan pribadi yang berkesinambungan, berakhlak mulia, arif dan berwibawa, selain menjadi teladan bagi siswa.yang ketiga kompetensi sosial dimana kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efektif dengan siswa, guru lain, orang tua/wali siswa, dan masyarakat sekitar.yang ke empat adalah Kompetensi profesional yang diperoleh dari pelatihan kejuruan; itu adalah kemampuan untuk menguasai subjek secara luas dan mendalam.Guru sebagai pengajar juga harus meningkatkan kompetensi Guru dengan mengikuti beberapa pelatihan yang menunjang kompetensi nya.

Dr. Agung Sakti Pribadi S.H., M.H

Sambutan Juga diberikan oleh direktur eksekutif bapak Dr. Agung Sakti Pribadi , S.H., M.H beliau menyampaikan bahwasanya beliau sangat membuka diri akan kegiatan kegiatan yang bermanfaat di universitas mulia khususnya yang dapat menunjang kompetensi guru dibawah bimbingan BKPAKSI. Beliau merasa bahwa ikhlas saja tidak cukup dalam mendidikan namun pola didik yang diberikan guru kepada murud harus sesuai kompetensi yang tepat. pak Agung juga mengingatkan untuk terus mempersiapkan generasi emas yang akan mengisi IKN Indonesia dimasa yang akan mendatang.

H. Ngusman, S.T., M.M

Sambutan lain nya dari Direktur BKPAKSI Daerah, Bapak H. Ngusman, S.T., M.M. beliau mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan hari ini yang akan memberikan ilmu kepada para guru di SPS Al Quran dan TPQ kota Balikpapan. beliau berharap agar seluruh peserta dapat secara antusias mengikuti pelatihan – pelatihan yang diberikan sebagai bentuk pengembangan ilmu dan peningkatan kompetensi dalam mendidik siswa.beliau berharap dapat kembali mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang keilmuan para guru yang ada dilingkungan BKPAKSI daerah.

Hj. Yohana Palupi Arita Rizal Effendi

Selanjutnya sambutan dari Pembina BKPAKSI ibu Hj. Yohana Palupi Arita Rizal Effendi, pesan dari beliau adalah untuk dapat mempersiapkan diri dalam perkembangan pendidikan selain itu juga guru haruslah menjadi teladan bagi siswa dan dapat mempersiapkan generasi emas yang akan menjadi masa depan IKN dan masa Depan Indonesia.

perserta SPS Al Quran dan TPQ kota Balikpapan

selain itu Kepala Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan, Pak H.Muhammad Sholeh menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan ujung tombak dalam mendidik. pola pendidikan dapat dimulai dari karakter yang ditumbuhkan oleh keluarga hingga disekolah , maka dibutuhkan kerjasama antara sekolah dengan orang tua untuk saling mendukung dalam perkembangan kesehatan mental, rhani dan jasmani anak. Pak H.Muhammad Sholeh juga menyampaikan Kegiatan Konseling yang ada juga akan membantu siswa dalam menyampaikan masalah yang dihadapi dan menjadi jembatan atas pemecahan masalah siswa.

Kepala Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan, Pak H.Muhammad Sholeh

tamu undangan dan narasumber kegiatan

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta di SPS Al Quran dan TPQ kota Balikpapan serta menghadirkan 3 orang pembicara dan 1 orang moderator dari  badan Konseling Universitas Mulia ibu Bety Fitriana, S.Pd., M.Pd dan Ibu Lisda Hani Agustina, S.Ag., M.Pd serta Dosen Universitas Mulia ibu Dr. Linda Fauziyah Ariyani, S.Pd., M.Pd dan Riski Zulkarnain, S.Pd., M.Pd.

Riski Zulkarnain, S.Pd., M.Pd ( Kiri ) dan Bety Fitriana, S.Pd., M.Pd (Kanan )

Lisda Hani Agustina, S.Ag., M.Pd

Tema yang diberikan kepada Ibu Bety Fitriana dan ibu Lisda Hani Agustina adalah bagaimana meningkatan kompetensi dalam optimalisasi peran Konseling terhadap anak ABK  dan anak Usia dini yakni Layanan bimbingan konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus adalah agar anak dapat mencapai penyesuaian dan perkembangan yang optimal sesuai kemampuan,
bakat dan nilai-nilai yang dimilikinya. Tujuan tersebut mengarah kepada self actualization, self realization, fully functioning dan self acceptance, sesuai dengan variasi perbedaan individu yang memiliki keunikan tertentu demi tercapainya tujuan
perkembangannya yang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar (akademik) dan karir.Profesionalisme guru pembimbing ABK dalam menjalankan tugasnya menuntut pemahaman secara utuh tentang permasalahan dan kebutuhan ABK, pemahaman tentang berbagai teori konseling sebagai dasar memahami individu dari berbagai perspektif. Dan yang paling penting adalah bagaimana pemahaman-pemahaman tersebut dapat teraktualisasikan dan terinternalisasi dalam diri guru untuk diterapkan kepada siswanya dalam hal ini adalah anak berkebutuhan khusus.

Dr. Linda Fauziyah Ariyani, S.Pd., M.Pd

Sedangkan Materi yang disampaikan oleh  ibu Dr. Linda menyampaikan tentang pelatihan peningkatan kompetensi dan pengembangan Karir di SPS Al Quran dan TPQ kota Balikpapan.Beliau menyampaikan tips-tips beliau agar dapat berkuliah dengan beasiswa dan terus dapat mengembangkan diri dengan menambah ilmu pengetahuan.beliau juga menghidupkan suasana dengan kuis-kuis yang memotivasi peserta agar dapat terus optimis dalam pengembangan karir nya. Dr. Linda juga memberi tips penggunaan AI untuk penulisan karya ilmiah dengan referensi yang lebih luas dan mudah.harapan beliau bahwa para guru harus tetap terus semangat untuk meningkatkan kwalitas diri dan meningkatkan jenjang karir dengan tidak takut melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

seluruh Narasumber kegiatan

kegiatan ini ditutup dengan foto bersama antara BKPAKSI dan segenap Civitas Universitas. diharapkan ilmu yang didapatkan pada hari ini dapat disebar luaskan di lingkungan sekolah masing-masing.

WN-Humas UM