Rektor Dorong Semangat Juang Pemuda Kreatif dan Inovatif di Bidang IPTEK

Perwakilan Mahasiswa Universitas Mulia mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023, bertempat di Balai Kota Balikpapan, Sabtu (28/10). Foto: Istimewa

Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023

UM – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 dengan tema Bersama Majukan Indonesia. Dalam pesannya, Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si mendorong para pemuda menjadi pejuang melalui penguasaan ilmu dan teknologi yang kreatif dan inovatif, Sabtu (28/10).

Momentum HSP mengingatkan bangsa Indonesia tentang sejarah lahirnya semangat gotong royong dan jiwa patriotisme, yang dikenal dengan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kala itu, seluruh elemen pemuda dari penjuru tanah air bersatu menebar semangat perjuangan, menyatukan visi kebangsaan, dan melahirkan komitmen kebangsaan, yakni bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

“Semangat Sumpah Pemuda harus terus digelorakan khususnya bagi generasi muda saat ini yang kelak menjadi bagian penting dalam menghadapi Indonesia Emas 2045. Pemuda harus menjadi pejuang melalui pengusahaan ilmu dan teknologi yang kreatif dan inovatif,” tutur Prof. Ahsin.

Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifai mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023. Foto: Media Kreatif

Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifai mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023. Foto: Media Kreatif

Perkembangan ilmu dan teknologi serta arus informasi yang sangat cepat menjadi salah satu sebab kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Begitu pula pemanfaatan teknologi Kecerdasan Artifisial (AI) telah digunakan secara masif di segala bidang.

Untuk mengimbangi percepatan perkembangan dan perubahan tersebut, Rektor Prof. Ahsin mengingatkan para pemuda untuk selalu bertanggung jawab dan cinta tanah air.

“Pengusaan ilmu dan teknologi tentunya harus diimbangi dengan semangat cinta tanah air dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara,” tambahnya.

Oleh karena itu, setiap pemuda diharapkan memiliki visi dan misi serta peran strategis, setidaknya untuk menyambut Indonesia Emas 2045 mendatang. Pembangunan di segala bidang akan berlari sangat cepat.

Sementara itu, beberapa perwakilan mahasiswa Universitas Mulia mengikuti peringatan HSP 2023 yang digelar Pemerintah Kota Balikpapan. Peringatan dipimpin Wali Kota Rahmad Mas’ud, bertempat di halaman Balai Kota, Sabtu (28/10).

Dalam sambutannya, Rahmad Masud mengatakan bahwa sebagai Pemuda Balikpapan harus bangkit dan maju menghadapi tantangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Para pemuda harus dibekali dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan.

“Semangat pertama, semangat kebersamaan, karena dengan bersama kita bisa maju. Kedua, semangat meningkatkan kualitas SDM, karena kalau tidak, kita akan terpinggirkan,” tutur Rahmad Masud.

Menurutnya, generasi muda saat ini sudah berpikir lebih maju. Generasi saat ini yang didominasi generasi milenial dan generasi Z dinilai lebih menguasai teknologi informasi saat ini. HSP menjadi momentum membangkitkan semangat kolaborasi memajukan negeri.

(SA/Puskomjar)