Apel Pagi Perdana Bersama Rektor Baru dan Kuliah di Hari Pertama

Rektor Prof. Muhammad Ahsin Rifa'i saat memberikan pengarahan pada apel pagi, Senin (18/9). Foto: Puskomjar

UM – Hari pertama perkuliahan Semester Ganjil 2023/2024 pada Senin (18/9) pagi berjalan lancar. Rektor Prof. Muhammad Ahsin Rifa’i mengawali dengan melaksanakan jalan kaki keliling kampus dan apel pagi bersama Wakil Rektor Wisnu Hera Pamungkas dan Wakil Rektor Yusuf Wibisono serta kepala biro, dosen, dan karyawan.

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa. Pada hari ini saya sudah mengikuti kegiatan yang pertama tadi jalan keliling melihat kampus Universitas Mulia,” tutur Prof. Ahsin saat memberikan sambutan apel pagi.

“Sesuai dengan nama Universitas Mulia, dan mudah-mudahan seluruh civitas akademiknya, juga sesuai dengan namanya, menghasilkan pendidikan tinggi yang tujuannya sangat mulia untuk meningkatkan SDM atau sumber daya manusia yang mulia,” tambah Prof. Ahsin.

Untuk itu, Rektor berharap kegiatan apel pagi rutin tersebut dapat menyatukan rasa dan menambah motivasi sivitas akademika untuk bekerja. “Apalagi pekerjaan kita ini sudah ada, nanti akan sedikit berubah dengan kebijakan yang saya sampaikan pada saat saya dilantik kemarin dengan adanya Permendikbud Nomor 53 Tahun 2023,” tutur Prof. Ahsin.

Dengan peraturan menteri tersebut, Rektor mengingatkan bahwa perguruan tinggi ini ke depan tidak lagi dibatasi peraturan yang mengikat seperti sebelumnya. “Nah, ini nanti diharapkan akan memudahkan kita untuk menghasilkan sumber daya manusia ataupun kurikulum yang tidak terlalu terikat dengan aturan-aturan,” tuturnya.

Meski demikian, Rektor mengingatkan untuk tetap bersabar menunggu detail atau petunjuk pelaksanaan peraturan menteri tersebut sebelum melakukan improvisasi menyusun buku besar.

Terhadap kebijakan yang baru nanti, Rektor berharap seluruh sivitas akademika saling bekerja sama dan berkolaborasi. “Yang ingin saya sampaikan pada hari ini, saya hadir di sini niatannya betul-betul ingin membantu, kemudian menjadikan fokus yang sesuai dengan visi akan menjadi apa,” tuturnya.

Perkuliahan hari pertama di Prodi Hukum Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK), Senin (18/9). Media Kreatif

Perkuliahan hari pertama di Prodi Hukum Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK), Senin (18/9). Media Kreatif

Perkuliahan hari pertama di Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM), Senin (18/9). Media Kreatif

Perkuliahan hari pertama di Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM), Senin (18/9). Media Kreatif

Perkuliahan hari pertama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Senin (18/9). Media Kreatif

Perkuliahan hari pertama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Senin (18/9). Media Kreatif

Sementara itu, pagi itu pelaksanaan perkuliahan Semester Ganjil 2023/2024 mulai berlangsung di beberapa kelas. Sejak pagi mahasiswa datang tepat waktu, memarkir kendaraan di tempatnya dengan tertib, kemudian menuju ke ruang kelas masing-masing.

Aktivitas perkuliahan tampak terlihat di White Campus Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) dan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK).

Salah seorang dosen yang mengajar mata kuliah Teknologi Informasi yang diikuti mahasiswa baru 2023, mengatakan bahwa di hari pertama ia mengisi materi kuliah bukan saja berisi perkenalan dan kontrak kuliah seperti pada umumnya.

“Tidak cuma perkenalan dan kontrak kuliah saja, tapi yang lebih penting di hari pertama itu mahasiswa baru harus diberi pemahaman bagaimana cara meraih sukses menjalani kuliah dalam satu semester ini,” tutur dosen yang tidak ingin disebut namanya ini.

“Karena, ketika mereka sukses meraih IP 4, misalnya, maka itu berarti peluang besar untuk meraih kesuksesan, salah satunya peluang mendapatkan beasiswa, misalnya, beasiswa Kaltim Tuntas,” pungkasnya.

(SA/Puskomjar)