Ruang Domain Fasilitas Kegiatan Mahasiswa Tumbuhkan Atmosfer Akademik

,
Ruang Domain, Ruang Kegiatan Mahasiswa Universitas Mulia mulai dapat digunakan secara bertahap untuk diskusi, Jumat (23/12). Foto: Puskomjar

UM – Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi memperkenalkan kepada sivitas Universitas Mulia ruang kegiatan mahasiswa yang diberi nama Ruang Domain, Jumat (23/12). Ruang dibangun untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa dalam beraktivitas seperti diskusi dengan nyaman dan leluasa.

Dr. Agung mengatakan bahwa ruang seluas kurang dari 200 meter persegi tersebut didirikan untuk tujuan mendukung kegiatan mahasiswa beraktivitas dengan nyaman. Meski saat ini belum diresmikan, namun ia berharap secara bertahap sudah dapat dimanfaatkan.

“Kita ingin mahasiswa itu mengerjakan tugas kuliah di sini, nyaman mengerjakan tugas, nyaman diskusi, nyaman datang ke kampus sehingga harapannya atmosfer akademik terbangun,” tutur Dr. Agung.

Pada kesempatan ini, tampak hadir Rektor Dr. Muhammad Rusli, M.T dan Wakil Rektor Wisnu Hera Pamungkas, S.TP., M.Eng bersama dengan dosen dan karyawan Universitas Mulia.

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi bersama Rektor Dr. M Rusli dan Wakil Rektor Wisnu Hera Pamungkas memperkenalkan kepada sivitas Universitas Mulia ruang yang diberi nama Ruang Domain, Jumat (23/12).

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi bersama Rektor Dr. M Rusli dan Wakil Rektor Wisnu Hera Pamungkas memperkenalkan kepada sivitas Universitas Mulia ruang yang diberi nama Ruang Domain, Jumat (23/12).

Bukan saja untuk mahasiswa, Dr. Agung juga berharap dosen dapat menggunakan ruang tersebut untuk pembimbingan maupun diskusi dengan mahasiswa dalam sebuah kelompok kecil diskusi secara nyaman. “Dosen-dosen kita harapkan juga kemari di ruangan ini bertemu dengan mahasiswa,” tuturnya.

Ia berharap, dosen maupun mahasiswa sama-sama nyaman menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia. Saat ini sedang dilengkapi dengan beberapa kursi dan meja yang nyaman untuk diskusi dan kelompok kecil diskusi. Ke depan juga akan dilengkapi monitor layar lebar maupun slide untuk presentasi.

“Fasilitas ruang ini nantinya sekelas Lounge di Bandara. Jadi ada tempat duduknya yang nyaman, full AC, kemudian meja dan kursi untuk diskusi, Internet juga 24 jam siap digunakan,” tuturnya.

Dr. Agung berharap, dengan fasilitas tersebut, mahasiswa dan dosen dapat saling berinteraksi lebih dekat sehingga mendorong untuk mampu menciptakan berbagai macam kreativitas dan inovasi.

“Ruang ini juga bisa digunakan untuk menggelar pameran, workshop, seminar. Untuk menjaga kenyamanan dengan peserta kurang dari 100 orang saya rasa cukup,” tutur Dr. Agung.

Meski kemungkinan ke depan kegiatan kemahasiswaan padat, namun tidak tertutup kemungkinan Ruang Domain dapat digunakan untuk menggelar pertemuan dengan sekolah-sekolah yang melakukan kunjungan.

Saat ini Ruang Domain masih dalam tahap uji coba sebelum diresmikan. “Pertama kita uji coba dulu apakah AC mencukupi. Kedua, apakah tempat duduknya nyaman,” tuturnya.

Saat ini pula Dr. Agung berupaya mewujudkan Ruang Domain nyaman digunakan dan bersih serta memperhatikan keamanan dengan melengkapi CCTV dan petugas yang berjaga.

Terkait dengan lahan hijau, Dr. Agung mengatakan tengah menyediakan lahan di sisi utara dan sebagian selatan.

“Di sana (utara) sampai pinggir jalan itu kita siapkan lahan hijau. Tujuannya membuat kampus kita ini nyaman,” tuturnya.

Pasalnya, Dr. Agung tidak ingin mahasiswa menghabiskan waktu di luar kampus untuk hal-hal di luar pembelajaran dan pengembangan diri.

“Di kampus, kita berharap mahasiswa lebih banyak beraktivitas dalam pengembangan diri, belajar menyelesaikan tugas, berolahraga, atau kegiatan kemahasiswaan lainnya. Itu semua dapat dilakukan di kampus dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. M Rusli menyambut baik dengan mulai dibukanya Ruang Domain untuk menunjang kegiatan mahasiswa beraktivitas secara nyaman.

Rektor berharap Ruang Domain menjadi pusat kegiatan mahasiswa sebagai sebuah bangunan multi fungsi, seperti untuk pendidikan, rekreasi, budaya, sosial, dan kehidupan umum di lingkungan kampus.

“Dengan memanfaatkan ruang itu untuk kegiatan kemahasiswaan diharapkan akan menghasilkan komunikasi, pengawasan, dan operasional yang efisien,” tutup Rektor.

(SA/Puskomjar)