Tampak Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen PSDKU Samarinda (27/11)

Tampak Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat bersama Dosen PSDKU Samarinda Tina Tri Wulansari, S.Kom., M.T.I (27/11)

UM- Guna mempersiapkan lulusan SMK dalam menghadapi persaingan kerja di masa depan, Program Studi S1 Sistem Informasi PSDKU Kampus Samarinda menggelar program Pengabdian Masyarakat, Jumat (27/11/2020).

Dengan konsep webinar, acara yang mengusung tema “Business Intelligence Dalam Ruang Kerja Masa Depan” ini diikuti siswa SMKTI Airlangga Samarinda dan diisi langsung oleh Dosen S1 Sistem Informasi PSDKU Kampus Samarinda, Tina Tri Wulansari, S.Kom., M.T.I.

Tina Tri Wulansari mengatakan, digelarnya kegiatan itu karena melihat kondisi peluang kerja di masa depan yang trend-nya banyak dicari salah satunya bidang Teknologi Informasi, maka pihaknya ingin mulai mempersiapkan para siswa.

“Dari beberapa situs lowongan pekerjaan, ada beberapa trend kedepan masuk 10 besar salah satunya adalah di bidang Teknologi Informasi, bahkan kalau ada 10 trend pekerjaan, 4-nya diisi oleh bidang TI,” katanya.

Untuk itu katanya, seminar dan dialog ini begitu penting bagi para siswa khususnya kelas XII. “Ini penting menurut kami, karena agar para siswa di SMK siap untuk mengisi ruang kerja masa depan berdasarkan kebutuhan. Sehingga nantinya bila mereka akan lulus tidak bingung untuk melanjutkan kuliah dibidang apa,” ujarnya.

Apalagi, sebutnya, saat ini Kaltim tengah mempersiapkan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Dimana konsep IKN ini adalah smart city, yang rata-rata tentu membutuhkan Teknologi Informasi untuk pembangunan, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga infrastrukturnya semua berkaitan dengan teknologi.  

“Maka tentu kedepan peluang terbesar salah satunya adalah di bidang Teknologi Informasi. Sementara menurut kami, siswa SMK ini saat ini masih kurang secara wawasan, sehingga masih bingung kedepan mereka akan kuliah mengambil bidang apa,” sebutnya.

Tina menuturkan, dalam agenda tersebut banyak informasi yang ia berikan mulai dari peluang kerja masa depan yang dibutuhkan hingga cara melihat peluang tersebut. “Cara melihatnya yakni dengan melihat trend lowongan pekerjaan. Misalnya sebuah perusahaan membuka lowongan dibidang apa saja, dan saya lakukan semacam riset kecil di beberapa lowongan pekerjaan, mulai dari Jobstreet.co.id, Lokerkaltim.net serta Jobs.id. dimana di Kaltim ada 10 besar yang dicari dan rata-rata empat diisi oleh Teknologi Informasi,” terangnya.

Dirinya juga melihat antusiasme para siswa yang hadir yang berasal dari lima jurusan itu, yakni Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) serta Bisnis Daring dan Pemasaran saat mengikuti jalannya webinar. “Mereka sangat antusias, terutama bagi mereka yang memang di jurusan TI yang begitu semangat dan antusias, karena mereka semakin tahu bahwa setelah lulus peningkatan kompetensinya untuk didalami telah sejalan dengan yang mereka pilih saat ini,” ujarnya.

Tina mengatakan, kedepan pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa dengan tema yang sama, namun dengan peserta yang lebih luas yakni beberapa sekolah yang memiliki jurusan Teknologi Informasi.

“Dengan kegiatan ini, target dan harapan saya tentu SDM di Kaltim khususnya dalam menyongsong IKN benar-benar siap mengisi ruang kerja di masa depan. Jangan sampai SDM di Kaltim yang menjadi harapan justru kalah dengan wilayah luar. Karena saat ini akses informasi sama dimanapun kita berada, karena internet memberikan informasi luas tanpa batas, jadi seharusnya kemampuan kita bersaing dengan SDM dari luar sama. Tinggal kita siap dan mampu apa tidak, sehingga hari ini mereka harus paham peluang yang tersedia itu apa sehingga bisa mempersiapakan diri dari sekarang,” pungkasnya. (mra)