UM – Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Mulia periode 2020-2021 resmi dilantik, Jumat (27/11).

Foto bersama Ketua UKM Tahun 2020/2021

Foto bersama Ketua UKM Tahun 2020/2021

Dipusatkan di Aula Kampus Cheng Ho, prosesi pelantikan dilakukan oleh Kabiro STDC, Kerjasama dan Media Kreatif, Yustian Servanda, S.Kom., M.Kom yang disaksikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono, S.E., M.TI serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Mundzir.S.Kom., MT.

Mundzir, S.Kom., M.T. memberikan sambutannya

Mundzir, S.Kom., M.T. memberikan sambutannya

Mundzir menjelaskan, ada total 17 UKM yang dilantik, dimana jumlah ini bertambah dari tahun lalu yakni ada 16 UKM. “Ini adalah pergantian dari pengurus lama ke pengurus baru. Dimana tahun lalu itu ada 16 UKM, sedangkan tahun ini bertambah satu menjadi 17 UKM,” kata Mundzir.

Ia menuturkan, tujuan hadirnya UKM ini adalah sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas serta kompetensi mahasiswa. “Harapannya melalui UKM ini mahasiswa bisa mengembangkan minat maupun bakat yang mereka miliki,” jelasnya.

Mundzir menjelaskan, 17 UKM yang dilantik terbagi dalam empat bidang, yakni UKM Penalaran atau UKM Kompetensi, kemudian UKM Seni, UKM Olahraga serta UKM Keagamaan.

“Untuk UKM Penalaran biasanya mereka membuat workshop atau pelatihan untuk para anggotanya. Tetapi karena pandemi ini, membuat semuanya kegiatan terhenti sementara. Terkecuali UKM olahraga yang masih aktif, karena kita dituntut untuk tetap menjaga kesehatan. Tetapi saat ini semua UKM mulai bergerak lagi perlahan untuk membuat kegiatan,” jelasnya.

Saat ini, tambahnya, semua pengurus sedang manyusun program kerja, dan ada beberapa yang akan menggelar kegiatan, misalnya UKM Robotika yang berencana akan menggelar lomba antara mahasiswa sama seperti tahun lalu. “Tahun lalu kami sempat menggelar lomba robot soker, dan tahun ini akan kita buat lagi khusus untuk mahasiswa Universitas Mulia. Biasanya digelar mendekati akhir semester, mungkin bisa di bulan Februari,” sebutnya.

Kemudian UKM Sinematografi, lanjutnya, sedang menyusun konsep untuk membuat film pendek. Sementara UKM Keagamaan akan mulai melakukan kegiatan keagamaan mingguan mereka dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dirinya pun sangat mendukung semua program yang sedang disiapkan oleh mahasiswa. “Kami dari pihak kampus akan terus mendukung kreativitas minat dan bakat mahasiswa. Tahun ini ada penambahan satu UKM, ini menandakan minat dan kreativitas mahasiswa semakin meningkat. Kami harapkan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan saat ini,” ujarnya.

Yustian Servanda, S.Kom., M.Kom. saat membacakan SK Rektor Pelantikan Ketua UKM

Yustian Servanda, S.Kom., M.Kom. saat membacakan SK Rektor Pelantikan Ketua UKM

Lebih lanjut Yustian Servanda menyebut, dukungan pihak kampus diberikan dalam bentuk sarana dan prasarana serta infrastruktur. “Fasilitas kami sediakan cukup lengkap, untuk olahraga ada lapangan voli, badminton, basket, kemudian ada laboratorium komputer hingga studio untuk UM TV,” pungkas Yustian. (mra)