Tingkatkan Layanan Akademik, Universitas Mulia Gelar Pelatihan Basic Mentality

,
Tampak Rektor Prof. Dr. Ir. Mhummad Ahsin Rifa'i turut hadir bersama Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi bersama Manajer HRD BPH Yayasan Airlangga Ny. Ririn Kusdyawati, S.H., M.M, narasumber dan peserta pelatihan. Foto: Istimewa

UM – Dalam rangka meningkatkan layanan akademik, Universitas Mulia menggelar pelatihan Basic Mentality for Excellence untuk staf dan tenaga kependidikan. Pelatihan digelar selama dua hari, 5-6 Desember 2023, berlangsung di Ruang Eksekutif White Campus, Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani, Kel. Damai Bahagia, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si dalam sambutan mengawali pembukaan, mengatakan bahwa pelatihan sangat penting dan dibutuhkan para staf dan tenaga kependidikan untuk menunjang pelayanan di lingkungan Universitas Mulia.

“Pelatihan ini penting bagi para staf dan karyawan dalam memberikan layanan dengan sikap dan pelayanan terbaik sebagai representasi dari Universitas Mulia,” tutur Rektor.

Dengan pelatihan, Ia berharap seluruh staf dan karyawan, mulai dari pegawai security hingga staf administrasi Front Office memilki sikap dan pengetahuan yang tinggi sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan untuk sivitas akademika dan stakeholder.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi bersama Manajer Human Resources Development (HRD) Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Airlangga Ny. Ririn Kusdyawati, S.H., M.M.

“Masa depan Universitas Mulia akan banyak tergantung pada anak-anak muda, karena itu pembekalan terhadap para peserta adalah bagian dari mempersiapkan masa depan,” tutur Dr. Agung Sakti.

Ny. Ririn Kusdyawati menambahkan, ia berharap kegiatan pelatihan ini tidak berhenti hanya untuk Universitas Mulia saja, tetapi juga untuk para staff di divisi lain di lingkungan Yayasan Airlangga.

Yusuf Wibisono dalam pelatihan ini memberikan materi tentang Building a Proactive Personality, Seek First to Understand Then To Be Understood, Begin With The End In Mind, Put First Thing First, dan Building Synergy Within A Team. Foto: Istimewa

Yusuf Wibisono dalam pelatihan ini memberikan materi tentang Building a Proactive Personality, Seek First to Understand Then To Be Understood, Begin With The End In Mind, Put First Thing First, dan Building Synergy Within A Team. Foto: Istimewa

Pujiati dalam pelatihan ini memberikan materi tentang - Emotional Intelligence dan Service Excellence in Education. Foto: Istimewa

Pujiati dalam pelatihan ini memberikan materi tentang – Emotional Intelligence dan Service Excellence in Education. Foto: Istimewa

Narasumber Yusuf Wibisono dan Pujiati bersama peserta pelatihan Basic Mentality for Excellence Angkat I Universitas Mulia. Foto: Istimewa

Narasumber Yusuf Wibisono dan Pujiati bersama peserta pelatihan Basic Mentality for Excellence Angkat I Universitas Mulia. Foto: Istimewa

Sementara itu, panitia pelatihan mendatangkan dua orang ahli yang sudah berpengalaman sebagai narasumber di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, yakni Yusuf Wibisono, S.E., M.T.I dan Pujiati, S.E., M.M.

Yusuf Wibisono mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan pelatihan adalah untuk memberikan pembekalan sikap, motivasi, dan perilaku positif staf dan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan prima di lingkungan Universitas Mulia.

“Staf dan tendik adalah ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, dosen, dan tamu universitas. Penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan tentang bagaimana memberikan pelayanan terbaik,” tutur Yusuf Wibisono.

Meski demikian, tambahnya, baginya yang lebih penting lagi adalah sikap mental yang baik yang dimiliki setiap staf dan tenaga kependidikan dibalik memberikan pelayanan tersebut.

“Di dalam pelatihan ini, peserta dibekali pada hal-hal yang terkait dengan mentalitas dasar dalam membentuk perilaku yang baik. Dari 24 peserta, ada 19 yang berhasil menyelesaikan hingga tuntas pelatihan ini,” ungkap Wakil Rektor Bidang Sumber Daya ini.

Materi yang dipaparkan Yusuf Wibisono antara lain Building a Proactive Personality, Seek First to Understand Then To Be Understood, Begin With The End In Mind, Put First Thing First, dan Building Synergy Within A Team.

Sedangkan Pujiati membahas tentang Emotional Intelligence dan Service Excellence in Education.

Usai pelatihan, aktivitas peserta terus dipantau perkembangannya dan dibimbing dalam meningkatkan kapasitas masing-masing. Pelatihan Angkatan I BMSE ini berakhir Rabu (6/12). Direncanakan akan dibuka angkatan berikutnya, baik untuk Universitas Mulia maupun untuk divisi lainnya di bawah naungan Yayasan Airlangga.

(SA/Puskomjar)