Diskusi Pengembangan Program Studi Komputer bersama Ketua Umum DPP Aptikom

,

Humas UM-Prof. Dr. Rer. Nat. Ahmad Benny Mutiara Ketua umum DPP Aptikom melakukan Pembahasan materi diskusi pengembangan program studi bidang computer malam ini 24/11/2023. Dalam pembahasan ini beliau menyampaikan tentang beberapa syarat dalam menentukan program studi salah satu nya adalah harus memiliki cirikhas penciri program studi .diharapkan dari penciri tersebut dapat memberikan keunggulan pada prodi yang ada.selain itu tantangan AI kedepan akan memiliki peluang peran yang lebih besar dan lapangan pekerjaan kedepan akan banyak berhubungan dengan pengembangan Artificial Intelegent.

Pengembangan FIKOM kedepan harus juga memperhatikan kriteria dalam pengembangan perguruan tinggi dalam peningkatan akreditasi . salah satu nya adalam perlunya menyesuaikan antara kurikulum  dan capaian pembelajaran .Di dalam capaian dosen harus melakukan penilaian terhadap sikap , keterampilan, pengetahuan dan keterampilan khusus dari mahasiswa yang mengikuti matakuliah yang diampu. selain itu dalam implementasi OBE mahasiswa harus mulai diarahkan kearah dunia industri (DUDI).penerapan pembelajaran dikelas juga diarahkan 30 % merupakan PBL atau Projek base learning dan bobot penilaian 50 persen.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor bidang akademik bapak Wisnu Hera Pamungkas, S.Tp., M.Eng, Wakil Rektor bidang sumberdaya bapak Yusuf Wibisono, S.E., M.TI. serta Dekan Fakultas Ilmu Komputer Bapak Jamal, S.Kom.,M.Kom, beserta seluruh Ka.Prodi yang ada di bawah Fakultas ilmu Komputer Bersama Dosen Prodi. Menurut peserta diskusi kali ini bahwa pembahasan tentang pengembangan ini akan berdampak pada rencana – rencana strategis fakultas kedepan terutama dalam pengembangan program studi komputer .

Menurut Prof. Dr. Rer. Nat. Ahmad Benny Mutiara mahasiswa sebaiknya tidak hanya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan program studinya namun juga harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan keilmuan pada program studi tersebut sehingga mahasiswa dapat menjadi sumberdaya yang dapat memenuhi kebutuhan di dunia industri.

WN/Humas UM