HLH 2023, Dosen ini Bersama Komunitas Balikpapan Ikut Bersih-bersih Pantai

,
Subur Anugerah bersama anggota komunitas relawan bersih-bersih pantai di lokasi. Foto: Istimewa

UM – PT. Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit V, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan bersama komunitas dan masyarakat menggelar Coastal Clean Up sepanjang 10.000 meter, Sabtu (10/6). Kegiatan ini diikuti dosen Universitas Mulia dalam rangka penugasan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar membuka secara resmi kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2023, yang dipusatkan di Balikpapan Kalimantan Timur.

“Kegiatan bersih pantai ini serentak di 135 titik di 37 Provinsi seluruh Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 21.324. Lokasi utama di Pantai Banua Patra Balikpapan,” tutur Siti Nurbaya.

Kepada seluruh elemen masyarakat yang terlibat, Menteri Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi bahwa masyarakat siap memerangi pencemaran sampah plastik.

Kegiatan ini, menurut Menteri Siti Nurbaya, sejalan dengan Program Lingkungan PBB (UN Environment Programme) dengan tema Beat Plastic Pollution, yakni seruan kepada masyarakat dan komunitas untuk bersama-sama bertindak menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Subur Anugerah menyaksikan relawan bersih-bersih pantai. Foto: Istimewa

Subur Anugerah menyaksikan relawan bersih-bersih pantai. Foto: Istimewa

Anak-anak antusias ikut membersihkan sampah plastik di pesisir pantai. Foto: Subur Anugerah

Anak-anak antusias ikut membersihkan sampah plastik di pesisir pantai. Foto: Subur Anugerah

Sementara itu, Subur Anugerah, S.T., M.Eng, dosen Program Studi Informatika Universitas Mulia turut bergabung bersama dengan komunitas bersih-bersih pantai di bawah koordinasi PT. Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit V dan DLH Kota Balikpapan.

Dirinya membulatkan tekad bersama masyarakat dan komunitas untuk terjun langsung memungut sampah, baik sampah anorganik maupun organik. Ia tertarik untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan sampah.

“Saya tertarik momen yang bagus ini, mulai persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Apalagi, Balikpapan menjadi salah satu kota penyangga IKN. Tentu akan banyak pendatang yang berharap melihat kota ini bersih indah aman dan nyaman, seperti kota-kota maju di luar negeri,” tuturnya.

Tepat pukul 6.30 Wita, ia tiba di lokasi penjemputan di Kantor Besar Pertamina Refinery Unit V bersama peserta dari berbagai komunitas dan elemen masyarakat lainnya. Setelah itu, rombongan peserta diantar truk TNI menuju lokasi.

“Rasanya seru ya, bisa naik truk TNI kembali seperti ini. Mirip dulu pernah diantar truk TNI menuju bumi perkemahan di kaki Gunung Semeru,” katanya sambil mengenang awal-awal kuliah Sarjana.

Setiba di lokasi, tepat di Area 6B di pantai dekat Pelabuhan PT. ITCI Jalan Letjen Suprapto Kel. Baru Tengah, ia menemui sejumlah narasumber. Di antaranya adalah H. Syamsudin, petugas DLH Kel. Baru Tengah, Kec. Balikpapan Barat.

Menurut H. Syamsyudin, selama dirinya bertugas di DLH, Area 6B belum pernah dijamah petugas kebersihan. Sedangkan jumlah personil petugas kebersihan sangat terbatas.

Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya merasa bersyukur tugas-tugas melakukan kebersihan menjadi lebih ringan. “Kami mengucapkan terima kasih karena kami secara tidak langsung turut dibantu membersihkan,” ungkapnya.

Baginya, persoalan sampah merupakan masalah klasik. “Walaupun pemerintah menyampaikan aturan, tapi kalau kesadaran warga itu kurang, ya tetap saja seperti ini,” tuturnya.

Di sisi lain, Subur menjumpai beberapa anggota komunitas yang masuk dalam golongan lanjut usia atau lansia. “Saya melihat beliau ini semangat menjadi relawan bersih-bersih, padahal termasuk lansia. Apa beliau kuat?” tanya Subur.

Untuk itu, ia tertarik apa motivasinya mengikuti kegiatan bersih-bersih, yang tentu saja membutuhkan kondisi fisik yang prima. “Saya Kusnanto, umur 78 tahun. Alhamdulillah, sehat (tidak ada penyakit penyerta). Insya Allah kuat,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, Kusnanto termotivasi ingin lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan apa yang dilakukannya, khususnya di bidang lingkungan. “Dengan kebersihan itu akan menjaga kesehatan di sekelilingnya khususnya, dan sehat di seluruh Kota Balikpapan,” harapnya.

Bukan hanya itu, peserta lainnya juga berharap kegiatan bersih-bersih tidak saja dilakukan dalam seremonial saja, tetapi dapat dilakukan secara rutin dengan melibatkan masyarakat sekitar agar sampah tidak menggunung. “Setiap tiga bulan sekali,” tutur mereka.

Bahkan, lanjut Subur, anak-anak juga ternyata tergerak ikut memungut sampah plastik yang mengambang di pantai. “Ini artinya apa ya, anak-anak itu ternyata juga mengerti kebersihan. Mereka meniru orang-orang di sekitarnya, meski sambil bermain,” tutur Subur.

Selanjutnya, dirinya berharap hal ini menjadi data atau informasi yang bisa digunakan para peneliti, dosen, maupun mahasiswa untuk melakukan penelitian, riset, maupun pengabdian masyarakat terkait permasalahan lingkungan dan solusinya.

“Sepertinya, masyarakat tidak bisa begitu saja menjadi biang dari permasalahan lingkungan seperti sampah ini ya. Tampaknya ada beberapa faktor lainnya juga,” pungkasnya sembari mempersilakan mahasiswanya yang tertarik untuk menjadikan obyek penelitian.

(SA/Puskomjar)