Universitas Mulia Lepas Keberangkatan Karyawan dan Dosen Ibadah Umrah

Wakil Rektor Yusuf Wibisono dan Wisnu Hera berfoto bersama jamaah umrah Yayasan Airlangga. Foto: Media Kreatif

UM – Sebanyak 23 orang terdiri dari pimpinan, karyawan, guru, dan dosen di bawah naungan Yayasan Airlangga berangkat ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan. Seremoni pelepasan jamaah umrah Yayasan Airlangga digelar di Aula Cheng Ho, Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani Balikpapan, Selasa (28/3).

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya merasa terharu pada tahun ini Yayasan Airlangga mampu berangkat dalam jumlah peserta yang cukup besar.

“Sungguh ada rasa haru di kami ketika Yayasan Airlangga akhirnya berangkat dalam jumlah yang cukup besar, karena dulu biasanya hanya satu dua, satu dua, yang terakhir itu adalah lima orang, ada yang paling senior Pak Poniman, Pak Aris Baktiyono, Bu Eva, Pak Mundzir, dan saya,” tutur Dr. Agung.

Dirinya berharap, ke depan Yayasan Airlangga mampu berangkat lebih banyak lagi karyawan untuk menjalani ibadah umrah. “Ketika kami merancang untuk berangkat itu kadang-kadang memang bukan karena pikiran kita sendiri, itu memang Allah juga yang menggerakkan, yang berangkat itu paling senior,” tuturnya.

Meski demikian, Dr. Agung menerangkan bahwa tidak semua karyawan senior dan sudah lama bekerja bisa berangkat. Dalam pertimbangannya, sebagian di antaranya telah menjalani ibadah umrah sebelumnya.

“Akan diberikan ganti, tidak harus umrah, insya Allah akan kita bawa jalan-jalan ke luar negeri,” tuturnya, memberikan semangat. Dirinya menyadari ada sekian banyak karyawan yang juga ingin berangkat. “Itulah undangan dari Allah, rahasia ilahi,” tambahnya.

Menurutnya, dirinya terinspirasi ketika mengikuti kegiatan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Bali, 1-3 Juli 2022 yang lalu. Ketika itu, Dr. Agung bertanya tentang resep sukses mengelola perguruan tinggi kepada salah satu pengelola perguruan tinggi yang sudah besar.

“Apa rahasianya? Dia bilang begini, saya minta karyawan itu berangkat dan mendoakan juga untuk lembaganya. Jadi, bukan hanya untuk dirinya dan keluarganya, tapi juga untuk lembaganya. Apa nggak luar biasa itu, berdoanya langsung di sana diijabah,” tuturnya.

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi menyematkan atribut seragam travel umrah kepada Drs. Suprijadi, M.Pd, dosen Universitas Mulia, Selasa (28/3). Foto: Media Kreatif

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi menyematkan atribut seragam travel umrah kepada Drs. Suprijadi, M.Pd, dosen Universitas Mulia, Selasa (28/3). Foto: Media Kreatif

Wakil Rektor Yusuf Wibisono dan Winsu Hera Pamungkas memberikan selamat kepada seluruh jamaah umrah Yayasan Airlangga. Foto: Media Kreatif

Wakil Rektor Yusuf Wibisono dan Winsu Hera Pamungkas memberikan selamat kepada seluruh jamaah umrah Yayasan Airlangga. Foto: Media Kreatif

Sumardi, S.Kom., M.Kom salah satu dosen yang berangkat umrah menerima ucapan selamat dari rekan-rekannya. Foto: Puskomjar

Sumardi, S.Kom., M.Kom salah satu dosen yang berangkat umrah menerima ucapan selamat dari rekan-rekannya. Foto: Puskomjar

Mewakili Rektor Dr. Muhammad Rusli, M.T yang sedang berada di luar kota, Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono, M.T.I bersama Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Wisnu Hera Pamungkas, S.TP, M.Eng menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Yayasan Airlangga melalui Dr. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H.

“Hal ini, karena dalam bulan ini ada sejumlah dosen dan karyawan Universitas Mulia yang juga ikut diberangkatkan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Pimpinan meyakini bahwa pemberangkatan umrah ini akan memberikan berkah baik kepada universitas,” tutur Yusuf Wibisono.

Yusuf Wibisono berharap keberangkatan umrah akan menguatkan sikap yang dibangun untuk dosen dan karyawan Universitas Mulia agar lebih profesional dalam bekerja, humanis, dan juga religius.

“Ketiga hal ini, profesional, humanis, dan religius, diharapkan akan mampu membentuk figur dosen dan karyawan yang berintegritas dan amanah dalam upaya membangun dan mengembangkan Universitas Mulia menjadi institusi yang unggul dan terdepan di bidang pendidikan,” tuturnya.

Atas nama sivitas akademika, Yusuf Wibisono turut berdoa, mulai keberangkatan, Rabu (29/3), semoga perjalanan rombongan jamaah umrah selalu dalam perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala, diberikan kelancaran, keamanan, kesehatan, dan keselamatan hingga tiba kembali ke tanah air, Rabu (12/4).

Tercatat 11 orang dosen dan karyawan Universitas Mulia, di antaranya Agung Sakti Pribadi, Akhmad Priyanto, Sumardi, Supratman, Suprijadi, Djumhadi, Muhammad Yani, Miran, Suhartati, Nur Apriliani dan Siti Syorah. Selebihnya pimpinan Yayasan Airlangga, SMP Plus Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga, SMKTI Airlangga Samarinda dan SMK Airlangga Balikpapan.

Dihubungi terpisah, beberapa peserta mengatakan tidak menyangka dan terharu mendapatkan kesempatan ibadah di tanah suci, seperti yang dituturkan Kepala Sekolah SMP Plus Airlangga Ira Hannyda, S.T dan Sekretaris Rektor Suhartati, S.E., M.Kom.

“Saya sangat senang dan bahagia, karena bisa diberangkatkan umrah oleh Yayasan Airlangga Balikpapan. Semoga semua amal baik dibalas Allah Subhanahu wa Ta’ala,” tutur Ira, singkat.

Ira berharap Yayasan Airlangga terus berkembang dan terus mencetak prestasi di masa yang akan datang. “Sukses terus dan semoga menjadi Yayasan terbesar di Kaltim,” harapnya.

Suhartati, salah satu karyawati senior yang telah bekerja kurang lebih 25 tahun ini, mengatakan bahwa dirinya berharap selalu diberikan kesehatan lahir dan batin dalam menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan.

“Semoga dimudahkan dan dilancarkan semua urusan baik perjalanan mulai dari tanah air, selama menjalankan ibadah hingga kembali ke tanah air,” tutur Suhartati. Tak lupa dirinya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Airlangga.

“Semoga murah rezeki dan barokah, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.

(SA/Puskomjar)