Pameran Hasil Karya Tugas Akhir D3 Sistem Informasi, Game Robot Exterminator Juara Favorit
UM – Program Studi D3 Sistem Informasi tahun ini kembali menggelar yang ke-3 pameran produk hasil karya Tugas Akhir. Pameran berlangsung selama dua hari, bertempat di Aula Kampus Cheng Ho, Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani, Jumat dan Sabtu (26-27/8).
Dekan Fakultas Ilmu Komputer Jamal, S.Kom., M.Kom mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi pameran tersebut dan berharap dapat dilanjutkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).
“Dari hasil karya mahasiswa ini menjadi portofolio mahasiswa untuk dimasukkan ke dalam SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah,” ungkap Jamal.
SKPI adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi bergelar.
Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.
Meski demikian, dikutip dari Dokumen 008 tentang SKPI yang diterbitkan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tahun 2015, SKPI bukan pengganti dari ijazah dan bukan transkrip akademik. SKPI juga bukan media yang secara otomatis memastikan pemegangnya mendapatkan pengakuan.
SKPI pada intinya menjabarkan pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebagaimana diamanahkan oleh Pasal 52 ayat (3) dan Pasal 54 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. SKL merupakan Capaian Pembelajaran Minimum (CPM) lulusan.

Tiga orang Pemenang Juara Favorit Hasil Karya Tugas Akhir D3 Sistem Informasi masing-masing mendapatkan penghargaan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono, Sabtu (28/8). Foto: Istimewa

Salah satu pemenang favorit pilihan dewan juri, Game Robot Exterminator Berbasis Android Menggunakan Unity karya Eka Wahyu Prasetyo. Foto: Istimewa
Sementara itu, Ketua Program Studi D3 Sistem Informasi M. Safii, S.Kom., M.Kom mengatakan bahwa pameran diselenggarakan berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang telah dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). ”Untuk jenjang D3 diwajibkan adanya pameran hasil karya yang berlaku sejak 2020,” ungkapnya.
Pameran juga diikuti perwakilan dari SMA dan SMK se-Kota Balikpapan. “Diharapkan dengan adanya pameran karya mahasiswa ini sebagai sarana promosi kepada adik-adik sekolah SMA untuk bisa bergabung menjadi bagian dari Universitas Mulia,” tutur Safii.
Dalam pameran ini setidaknya 15 karya mahasiswa dipamerkan. “Ada lima karya di bidang Animasi, Aplikasi Web, Game, Maket 3D dan Fotografi,” ungkap Safii.
“Saya berharap ke depan semoga pameran ini bisa diadakan di luar kampus, seperti di mall atau tempat keramaian yang lainnya, dengan mengundang beberapa perusahaan sebagai tim dewan juri dalam memilih karya terbaik,” harap Safii.
Safii mengatakan, melalui pameran ini, lima orang dosen yang bertugas sebagai juri memberikan penilaian pada masing-masing karya. Alhasil, terpilih tiga karya favorit pilihan dosen. Juara I karya terpilih favorit berjudul Rancangan Pembuatan Game Robot Exterminator Berbasis Android Menggunakan Unity, karya Eka Wahyu Prasetyo.
Juara II berjudul Pemodelan Objek 3 Dimensi Cafe Hitam Manis Bonto Bulaeng Balikpapan, karya Novia Natalia Boru Rajagukguk. Dan Juara III berjudul Pemodelan 3D Gedung Sekolah SMK Negeri 6 Balikpapan, karya Nerissa Arviana Rizky Diva. Seluruh pemenang mendapatkan penghargaan dan sertifikat.
(SA/Puskomjar)