Kabiro STDC, Kerjasama dan Media Kreatif Bapak Yustian Servanda, S.Kom., M.Kom. menerima bantuan kuota dari XL Balikpapan

UM– Pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan baru bagi pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini harus bergeser ke sistem pembelajaran secara online (daring).

Sistem baru ini membuat masyarakat belum terbiasa dan kerap memunculkan beberapa permasalahan. Beberapa masalah seperti kendala jaringan hingga biaya ekstra yang perlu dikeluarkan menjadi biang kerok dari kegiatan belajar online.

Untuk mempermudah akses tersebut terutama di bidang pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi. Kali ini, XL dipilih untuk menjadi partner dalam memberikan kemudahan akses bagi dosen dan mahasiswa dalam hal kemudahan pembelajaran daring.

Salah satu yang mendapatan kemudahan tersebut adalah Universitas Mulia. Melalui XL Axiata Cabang Balikpapan, Universitas Mulia mendapatkan bantuan sebanyak 1.500 kartu perdana dan kuota data. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Manajer Cabang XL Axiata Balikpapan Ibu Siti Hawa pada, Sabtu, (19/9) di White Campus Universitas Mulia Balikpapan.

Ibu Siti Hawa menjelaskan, adapun pemberian bantuan itu berupa kartu perdana XL dengan kuota data sebesar 55 GB. “Nantinya jika mahasiswa melakukan registrasi dan validasi nomor ponsel mereka pada laman PDDikti akan diberikan subsidi kuota tambahan dari pemerintah. Jadi akan langsung berakumulasi hingga 80 GB,” kata Siti.

Subsidi ini,  katanya berlaku hingga bulan Desember. Dan jika sudah tidak disubsidi oleh pemerintah, maka mahasiswa dapat melakukan isi ulang dengan paket yang murah. “Isi ulangnya dari hara Rp 9 ribu,” terangnya.

Dengan total kuota gratis tersebut, tambah Siti, mahasiswa dapat menggunakan paket ini untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan pembelajaran jarak jauh (PJJ). “Intinya untuk semua pembelajaran, mulai dari conference, edukasi, adapula games, namun kecuali youtube,” ujarnya.

Siti menerangkan, selain di Universitas Mulia, seluruh perguruan tinggi di Balikpapan juga mendapatkan bantuan dari XL. “Kami memberikan bantuan sesuai kebutuhan dan permintaan di setiap perguruan tinggi. Bukan hanya untuk mahasiswa, tapi program ini juga untuk seluruh pelajar dari tingkat Taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi,” bebernya.

Dia pun berharap dengan bantuan ini, seluruh mahasiswa dapat terbantu dengan kuota yang diberikan. “Adapun mahasiswa yang kurang mampu dapat lancar belajar daring. Nantinya kedepan mahasiswa yang kuotanya habis dapat mengisi ulang dengan kuota lebih murah,” pungkasnya. (mra)