UM- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia menggelar Yudisium ke II untuk mahasiswa Program Studi D3 Administrasi Perkantoran dan D3 Manajemen Industri yang dipusatkan di Kampus Cheng Ho, Jumat (18/9).

Yudisium dihadiri Rektor Universitas Mulia Dr. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H, Wakil Rektor Bidang Akademik Yusuf Wibisono S.E., M.TI, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Mundzir.S.Kom.M.T. serta Kaprodi dari masing-masing program studi, dan para dosen.

Dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, acara itu dimulai pukul 08.00 Wita dan diikuti 19 mahasiswi. Terdiri dari 10 mahasiswi administrasi perkantoran dan 9 mahasiswi manajemen industri.

Yudisium Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Yudisium Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Sebelum memulai kegiatan, serangkaian protokol kesehatan diterapkan dengan ketat kepada seluruh peserta yang hadir. Dimulai dengan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan pengaturan jarak tempat duduk. Seluruh peserta yang hadir pun tanpak menggunakan masker sebagai alat pelindung diri.
Kegiatan kemudian diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian hymne Balikpapan. Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan (SK) lulusan oleh Plt Dekan FEB Ivan Armawan S.E.M.M.
Usai pembacaan SK, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan surat tanda lulus dan sertifikasi kompetensi dari masing-masing program studi.

Momen yang mengharukan terjadi ketika pembacaan sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nany Pancawardany, S.E., M.M. yang diwakili oleh Kepala LSP Universitas Mulia Lidya Rohana Silitonga.,S.E.M.Ak. dalam sambutannya Ibu Nany berharap para lulusan yang mengikuti yudisium saat ini tetap menjaga dan terus meningkatkan prestasi serta reputasi pribadi sebagai alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia Balikpapan.

Menurutnya, selama menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia Balikpapan tentu mahasiswi telah mengalami suasana hati yang dinamis dan beragam. “Pada suatu saat saudara merasa bahagia, merasa diperhatikan oleh dosen dan mendapat dukungan serta motivasi dari teman-teman. Namun, disaat lain mungkin saudara merasa sedih karena ada mata kuliah yang tidak lulus atau banyak tugas yang diberikan. Mungkin juga karena proses praktik kerja profesi dan bimbingan karya tulis ilmiah yang tidak lancar. Namun akhirnya berkat ketekunan, kedisiplinan dan kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan untuk menyelesaikan program diploma telah berhasil,” kata Ibu Nany dalam sambutan tertulisanya.

Semua pengalaman yang telah mahasiswi lalui di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia Balikpapan merupakan proses yang penuh makna. Pemaknaan tersebut akan semakin bermanfaat bila dijadikan sebagai bagian dari proses sekaligus media untuk memotivasi diri belajar dan mengembangkan diri secara terus menerus.

“Sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia Balikpapan, saya berharap saudara sekalian selain memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual juga dapat mengembangkan kecerdasan sosial. Salah satu aspek dari kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk memahami orang lain dan bertindak bijaksana dalam hubungan antar sesama. Melalui pengembangan kecerdasan sosial maka saudara bisa menjadi sosok pribadi yang cerdas dan tetap sabar, pantang menyerah, disiplin, dapat menjalin relasi dengan orang lain dan tidak mudah menyerah serta berani melakukan terobosan untuk menggapai kehidupan pribadi dan sosial yang lebih baik,” harapnya.
Sementara itu dalam sambutannya Rektor Universitas Mulia mengatakan yudisium kali ini menjadi moment yang sangat penting dan mengharukan bagi para lulusan. Karena di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, semua kegiatan yang dilakukan secara terbatas, namun pihaknya bisa menjalankannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak agar menghindari resiko penularan.
“Dengan dilakukannya yudisium ini, maka mulai hari ini, saudara sudah bergelar Ahli Madya atau A.Md,” ujar bapak Agung Sakti Pribadi.

Dia pun berpesan kepada para lulusan agar tidak hanya puas dengan menjadi lulusan D3 tetapi dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya. “Mudah-mudahan kampus bisa memfasilitas kalian bisa lanjut menuju D4 atau S1. Karena beberapa waktu lalu, koordinator LLDIKTI mengisyaratkan bahwa untuk melanjutkan ke D4 hanya melaporkan karena tinggal menambah satu tahun,” katanya.
Menurutnya ini begitu penting bagi para lulusan, karena di Indonesia sistem administrasi penggajian di perusahaan berdasarkan lulusan. Disisi lain dengan jenjang lebih tinggi lagi, para lulusan dapat meningkatkan kopetensi dan kemampuannya.

“Hasil yang kalian dapatkan saat ini semua berkat usaha kalian, jadi nikmati keberhasilan itu, karena tanpa jeripayah kalian saat ini kalian tidak bisa menyelesaikan hingga saat ini,” sebutnya.
Rektor pun berharap bagi mahasiswi yang sudah bekerja dapat semakin meningkatkan kopetensinya dan yang belum bekerja dapat segera memperoleh pekerjaan. “Bagi yang belum teruslah berkomunikasilah kepada kampus, karena semakin sering kalian berkomunikasi semakin besar kalian mendapatkan peluang pekerjaan,” pungkasnya. (mra)