Matrikulasi online kembali digelar Universitas Mulia. Dilaksanakan selama dua hari, matrikulasi online tahap kedua itu diikuti mahasiswa baru (maba) angkatan 2020/2021 gelombang II dan III, mulai Selasa (1/9/2020) hingga Rabu (2/9/2020).

Matrikulasi merupakan agenda tahunan Universitas Mulia untuk menyambut Mahasiswa Baru. Walau biasanya dilakukan secara langsung dengan bertatap muka, namun, kali ini dilakukan secara online sebagai alternatif dampak Covid-19.

Meski dilakukan secara online, hal ini tidak menghambat proses penyampaian materi dan pengenalan program dari masing-masing fakultas kepada mahasiswa baru.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mulia, Bapak Yusuf Wibisono,SE.,M.TI mengatakan, sama seperti Matrikulasi tahap pertama, Matrikulasi tahap dua ini dilakukan per fakultas yang diawali Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di hari pertama, kemudian hari kedua dilakukan oleh Fakultas Humaniora dan Kesehatan (FHK) serta Fakultas Ilmu Komputer (Fikom).

Dikatakannya, Matrikulasi tersebut diberikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan secara online dan di support oleh Universitas Mulia TV (UM TV). “Matrikulasi diisi oleh para dosen dan diikuti seluruh calon mahasiswa baru gelombang kedua dan ketiga. Penyampaian materinya dipusatkan di studio UM TV,” kata Bapak Wibisono.

Bapak Wibisono menjelaskan, tujuan digelarnya Matrikulasi untuk memberi bekal dan memastikan bahwa seluruh mahasiswa baru telah memiliki pemahaman yang mendekati sama dengan fakultas yang mereka pilih. “Karena kita ingin, agar nantinya tidak ada mahasiswa baru yang kaget dengan mata kuliah yang sudah kita hadirkan,” terangnya.

Dia melanjutkan, dalam Matrikulasi ini pihaknya memiliki dua target, selain fokus membekali mahasiswa tentang materi mata kuliahnya, juga karena masih di tengah pandemik Covid-19, maka UM ingin membiasakan mahasiswa baru untuk bisa mengikuti proses kuliah online. “Karena walau penerapan new normal namun kita belum tahu kapan kondisi akan kembali normal sepenuhnya, bahkan hingga semester depan.  Sementara UM sendiri telah memiliki rencana, bahwa 49 persen perkuliahan boleh dilakukan secara online. Jadi melalui Matrikulasi ini selain pembekalan materi kuliah, mereka juga sekaligus dapat membiasakan diri untuk kuliah online,” bebernya.

Dilain pihak Pjs Dekan FEB Bapak Ivan Armawan S.E.M.M mengatakan, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis dilakukan selama dua hari dengan empat materi. Dimana hari pertama dibahas mengenai penggenalan jurnal ilmiah. “Jurnal ilmiah ini menjadi sesuatu yang penting, karena saat memasuki perkuliahan, tidak akan lepas dari jurnal ilmiah, untuk menjadi rujukan dan referensi bagi mahasiswa. Materi kedua yang diberikan tentang aplikasi yang ada di Google atau Google App,” katanya.

Ia menuturkan, pengenalan Google App ini dilakukan karena saat ini sistem pembelajaran yang digunakan adalah melalui daring. “Jadi untuk beberapa mahasiswa, walau beberapa sudah ada yang mengerti dan memahami, tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa yang belum mengenal. Untuk itu, kami mencoba untuk memikirkan secara menyeluruh terkait proses daring ini. Sehingga kita pikirkan bahwa Google Aplikasi ini jauh lebih mudah dari yang lainnya. Bisa terintegrasi mulai dari google classroom, hingga ke google meet,” terangnya.

Kemudian di hari kedua, lanjut Bapak Ivan berikan materi yang berfokus pada persiapan kuliah di FEB, dimulai dari materi dasar-dasar ekonomi dan bisnis, yakni pengantar management dan pengantar akuntansi. “Ini tujuannya agar bagaimana mahasiswa baru dengan latarbelakang berbedanpaham tentang sistem di kampus. Dan kegiatan ini diikuti seluruh mahasiwa baru dan diwajibkan untuk mengikuti secara keseluruhan, walaupun ada beberapa yang backgroudnya akuntansi atau basicnya sudah sesuai dengan yang mereka ambil. Namun ada beberapa maba yang memang baru dan belum paham dengan program studi yang mereka ambil saat ini,” pungkasnya. (mra)