Rektor Universitas Mulia Menghadiri Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa'i berfoto di depan Istana Garuda IKN usai mengikuti Upacara Penurunan Bendera Pusaka Merah Putih, Sabtu (17/8). Foto: dok. pribadi

UM – Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka HUT ke-79 RI untuk pertama kalinya dalam sejarah diselenggarakan di halaman Istana Garuda IKN, Sabtu (17/8). Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dan memimpin langsung jalannya upacara.

Turut mendampingi Presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Tampak pula duduk sejajar, Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju. Tema ini dimaksudkan untuk menggambarkan momen pembuka bagi tiga transisi besar Indonesia, yakni penyambutan ibu kota baru, pergantian pemimpin serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Upacara yang berlangsung di IKN Kalimantan Timur ini juga diikuti secara hybrid dari halaman Istana Merdeka Jakarta, yang diikuti Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin bersama istri. Tampak pula Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Prosesi upacara yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden ini, baik yang berlangsung di Jakarta dan IKN secara bersamaan berjalan dengan khidmat dan lancar.

Pemenang busana adat terbaik menerima hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Foto: Sekretariat Presiden

Pemenang busana adat terbaik menerima hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Foto: Sekretariat Presiden

Prof. Ahsin berfoto bersama paspampres yang sedang bertugas di Istana Garuda IKN. Foto: dok. pribadi

Prof. Ahsin berfoto bersama paspampres yang sedang bertugas di Istana Garuda IKN. Foto: dok. pribadi

Undangan yang diterima Rektor Universitas Mulia. Foto: dok. pribadi

Mendapatkan kehormatan undangan Presiden Joko Widodo yang diterima Rektor Universitas Mulia Prof Muhammad Ahsin Rifa’i. Foto: dok. pribadi

Sementara itu, Rektor Universitas Mulia Prof Dr Ir Muhammad Ahsin Rifa’i turut menghadiri undangan mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN.

Prof Ahsin mengikuti jalannya upacara dari awal sampai selesai, baik pada saat pengibaran bendera pusaka merah putih sampai dengan penurunan.

Tampak Prof Ahsin yang memakai udeng corak ungu, berpakaian adat berwarna hitam dan ikat sarung warna senada, berfoto dengan para undangan yang juga mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Pakaian adat mencerminkan beragam warna dan budaya masyarakat Indonesia. Sebagaimana dengan semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, yang bermakna meskipun berbeda-beda, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan.

“Bhinneka Tunggal Ika membuktikan perbedaan adalah sesuatu kekuatan yang harus kita jaga. Indonesia memiliki berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama yang tidak dimiliki oleh negara lain. Nusantara Baru, Indonesia Maju. Dirgahayu RI ke-79,” tutur Prof Ahsin.

Perayaan HUT ke-79 RI dimeriahkan dengan pagelaran seni dan unsur kebudayaan. Pagelaran ini mendorong kebangkitan dan pelestarian warisan budaya bangsa yang beraneka ragam mulai dari Sabang sampai Merauke.

Di IKN, kemegahan budaya Nusantara dihadirkan dalam bentuk yang modern, tanpa kehilangan esensi tradisional. Pagelaran seni menampilkan lagu spesial Puspa Warni yang dipadukan dengan tarian Natana Borneo.

Dirgahayu Republik Indonesia!

(SA/Kontributor)