Dosen Ini Sering Menguji UKK di SMK, Ajak Calon Mahasiswa Baru Masuk Prodi Teknologi Informasi

Djumhadi, S.T., M.Kom usai menjadi penguji UKK Bidang TKJ di SMK Panca Dharma Balikpapan, Rabu (30/3). Foto: dok. Djumhadi0

UM – Bulan Maret dan April ini beberapa dosen Universitas Mulia melaksanakan tugas menjadi pengawas maupun penguji Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan. Seperti yang dilakukan oleh Djumhadi, S.T, M.Kom di SMK Panca Dharma Balikpapan selama tiga hari, 28-30 Maret 2022.

Menurut dosen dan Ketua Program Studi Teknologi Informasi (S1) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia ini, dirinya menjadi penguji untuk bidang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

“Kegiatan UKK TKJ di SMK Panca Dharma ini diikuti siswa-siswi sebanyak 24 orang, kebetulan guru kelas mereka itu lulusan Universitas Mulia, yaitu Ibu Isnawati Dewi,” ungkap Djumhadi.

Sering kali dosen-dosen Universitas Mulia diminta untuk menjadi penguji di beberapa SMK, baik di Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Samarinda dan daerah lainnya di Kalimantan Timur.

“Ini juga sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat, salah satu tri dharma perguruan tinggi. Setelah ini juga harus membuat laporan kegiatan yang juga dilaporkan dalam Beban Kerja Dosen (BKD) di semester ini,” ungkapnya.

Salah satu siswa yang diuji di SMK Panca Dharma Balikpapan, Rabu (30/3). Foto: dok. Djumhadi

Salah satu siswa yang diuji di SMK Panca Dharma Balikpapan, Rabu (30/3). Foto: dok. Djumhadi


Selain bidang TKJ, beberapa dosen di antaranya mendapatkan penugasan untuk bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Akuntansi.

Djumhadi mengaku siswa-siswi yang diujinya merasa akrab dan senang. “Mereka sangat terkesan dan ingin terus belajar Jaringan Komputer di Universitas Mulia nantinya,” tutur dosen keahlian Jaringan Komputer ini.

Menurutnya, tidak banyak di Kalimantan Timur yang memiliki Program Studi Teknologi Informasi. “Di Balikpapan, prodi ini satu-satunya di Universitas Mulia. Bahkan konsentrasi keahlian merupakan satu-satunya di Kalimantan Timur, yaitu Forensic dan Security Architecture, dan konsentrasi Network Technology,” tuturnya setengah berpromosi.

“Apalagi kemarin baru saja Pengumuman SNMPTN ya kan. Gagal? Gak perlu kuatir. Adik-adik yang baru lulus tidak perlu pusing kuliah di mana ya kan. Sudah banyak lulusan Universitas Mulia yang bekerja baik sebagai ASN, guru, dosen, dan profesional di bidangnya,” ajaknya, kali ini dengan promosi.

Dirinya selaku Ketua Prodi Teknologi Informasi pun menyatakan kesediaan membantu calon mahasiswa untuk belajar di bidang Teknologi Informasi. Dosen yang sering mendapat reward sebagai dosen terbaik yang dipilih oleh mahasiswa lewat Tracer Study ini cukup supel bergaul dengan mahasiswa dan rendah hati.

(SA/PSI)