Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban UM Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban UM

Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban UM

Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban UM

Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1441 H telah tiba. Umat Islam menyambutnya penuh sukacita dengan berkurban. Idul Adha menjadi hari raya terbesar dalam Islam setelah Idul Fitri. Dirayakan pada 10 Dzulhijjah, yang sarat dengan makna karena merupakan napak tilas perjalanan seorang ayah dan anak yang saling mencintai, yakni Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang didalamnya memberi pelajaran tentang nilai-nilai pengorbanan, kepatuhan dan ketaatan kepada Allah. Dan tradisi berkurban merupakan teladan kekasih Allah (Khalilullah) Ibrahim AS.

Namun, perayaan Idul Kurban tahun ini sangat berbeda. Tidak ada perjalanan ibadah haji ke Baitullah karena pandemi Covid-19 yang masih mengancam keselamatan jiwa. Bahkan di tengah wabah pandemi yang semakin merebak terakhir ini, pelaksanaan kurban pun harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian Kesehatan, guna membantu memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

Bagi yang mampu, berkurban merupakan kewajiban dan merupakan wujud kesyukuran atas limpahan nikmat yang tak terkira jumlahnya. Walau di tengah pandemi, umat Islam tetap berbondong-bondong melakukan ibadah kurban mengikuti perintah Allah SWT. Tak terkecuali bagi Unversitas Mulia yang turut menjalankan kewajiban tersebut.

Tepat pada hari Tasyriq yaitu pada 11 Dzulhijah 1441 H atau bertepatan dengan Sabat (01/08/2020) digelar penyembelihan hewan kurban. Dipusatkan di halaman Kampus Universitas Mulia, sebanyak 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing dikurbankan.

Dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Mulia Dr. Agung Sakti Pribadi, S.H., M.H. penyembelihan hewan kurban itu telah menjadi agenda rutin tahunan Universitas Mulia. Dan tahun ini menjadi tahun ketujuh. Diharapkan dari momen ini dapat meningkatkan ketaatan seluruh sivitas akademika dan semakin mendalami makna dari perayaan Idul Adha.

Untuk diketahui, sebelum digelar penyembelihan hewan kurban, dilakukan aktivitas rutin olahraga bersama seluruh sivitas akademika. Kemudian dilanjutkan dengan Peresmian Kantor Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia yang lokasinya berada di depan Gedung Cheng Ho. (mra)