Tahun ajaran semester baru sudah semakin dekat, namun untuk menghadapi hal tersebut siswa/i kelas XII SMA Sederajat harus melaksanakan Ujian Nasional (UN) agar bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu ke bangku kuliah dengan mendapatkan julukan sebagai mahasiswa.

Tetapi para siswa tidak perlu khawatir untuk mendaftarkan dirinya ke kampus-kampus setelah menghadapi UN dikarenakan Universitas Mulia telah membuka pendaftaran pada tahap Gelombang I dari periode bulan Januari hingga April 2019 mendatang. Dan peminat siswa terus meningkat, dari yang memulai melihat brosur terlebih dahulu hingga telah memantapkan dirinya untuk mendaftar secara manual maupun online. Menurut data, calon mahasiswa dari Balikpapan sebanyak 182 orang dan antusias pendaftar pun juga datang dari berbagai daerah seperti, Kabupaten PPU dan Paser sebanyak 230 orang, Sangatta serta Bontang terdapat 54 orang. Dari total keseluruhan peminat yang telah mengambil formulir pendaftaran tahap sekarang ini terdapat 466 orang juga yang telah mengembalikannya 41 calon mahasiswa. Dengan telah berlangsung juga tes kemampuan akademik yang bertempat di Laboratorium IT, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mulia yang diikuti sebanyak 37 calon mahasiswa pada hari Sabtu (9/03).

Universitas Mulia memiliki prodi unggulan yang berbasis IT yakni, Prodi Hukum, Management, Informatika, Farmasi, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Administrasi Perkantoran, PG PAUD juga Akuntansi dan pada tahun akademik 2019/2020 menerima sebanyak 800 mahasiswa di kampus utama serta 200 mahasiswa di kampus PSDKU Samarinda. Universitas Mulia dikelola oleh dosen-dosen muda yang profesional dan tentunya berkompeten di bidang yang digeluti. Kampus ini juga memiliki keunggulan yaitu, kurikulumnya dirancang berorientasi pada perkembangan Information Computer Technology (ICT), serta Sertifikasi Kompetensi Keahlian Cisco (Network Essential Cybersecurity, CCNA 1-4), Oracle Academy (Database Foundations, Java Fundamentals), Sertifikat Kompetensi BNSP oleh LSP Universitas Mulia, Mikrotik (MTCNA), Microsoft, Brevet A & B.

Dengan memiliki profil serta keunggulan tersebut, Kabag Kemahasiswaan Drs. Suprijadi, M. Pd menghimbau siswa/i kelas XII SMA Sederajat untuk mendaftar juga bergabung menjadi mahasiswa di Universitas Mulia.

Dari pendaftaran di gelombang I tahap I, Prodi Farmasi, PG PAUD juga Fakultas Ilmu Komputer yang mendominasi menjadi peminat pendaftar calon mahasiswa dan untuk tahap ini akan masih dibuka delapan tes tersebut. Sementara untuk penilaian tes kemampuan akademik, calon mahasiswa dinyatakan lulus apabila nilainya di atas 70. Jika kurang dari 70 dinyatakan lulus dengan matrikulasi atau pembekalan. Universitas Mulia mentargetkan untuk tahun ajaran 2019/2020 akan menerima sebanyak 800 mahasiswa dengan daya tampung 25 orang di setiap kelas.

“Kami akan kembali membuka gelombang II awal Mei-Juni dan gelombang III awal Juli-Agustus mendatang. Semoga dangan hadirnya Universitas Mulia yang memiliki kualitas serta berkompetensi di bidang IT menjadi Era Revolusi Industri 4.0 khususnya di Balikpapan,” ujar Pak Pri sapaan akrabnya.