Penutupan Paduka Mulia 2024, Mahasiswa Baru Kritik Calon Gubernur Kaltim

,
Seorang mahasiswa baru 2024 beraksi ketika kamera menyorot. Foto: Media Kreatif

Dari Dinasti Politik, Banjir, Macet, Air Bersih, Flyover Rapak hingga Beasiswa Kaltim Tuntas

UM – Rangkaian kegiatan PKKMB Paduka Mulia tahun 2024 resmi ditutup, Jumat (30/8). Pada kesempatan ini, mahasiswa baru ditantang kritis dan berani bersuara, baik soal pengalaman pribadi, ketimpangan sosial, hingga sejumlah permasalahan di daerah kepada Calon Gubernur Kaltim Dr. Isran Noor.

Turut hadir Rektor Prof.Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i bersama Wakil Rektor Mundzir, S.Kom.,M.T, Ketua Panitia Riski Zulkarnain, S.Pd., M.Pd, Yustian Servanda, S.Kom., M.Kom, Gunawan, S.T., M.T, dosen serta undangan lainnya.

Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi mengatakan, mengundang mantan Bupati Kutai Timur dan Gubernur Kaltim periode 2018-2023 tersebut untuk berdiskusi dengan mahasiswa.

“Saya rasa pemimpin yang tepat itu akan membuat negeri ini jadi lebih bagus,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut Dr Agung, seorang mahasiswa baru tampak ragu dengan upaya yang dilakukan para pemimpin agar negeri ini menjadi lebih bagus, sedangkan biaya pendidikan sangat mahal.

“Padahal, untuk mencapai tingkat lebih tinggi itu harus melalui pendidikan,” ujar Dr. Agung.

Dalam acara ini, Dr. Isran Noor diajak untuk berdiskusi bersama mahasiswa baru, yang dikoordinasikan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mulia Agung Widiyanto.

Agung Widiyanto berharap, melalui diskusi ini, para mahasiswa baru ke depan dapat melanjutkan tangga perjuangan dan pergerakan mahasiswa di Universitas Mulia.

“Harapannya, kepada teman-teman semua, mahasiswa baru, lebih aktif lagi nanti ketika menjadi mahasiswa, lebih kritis dan bisa menjadi motor pergerakan mahasiswa untuk generasi masa depan dan untuk negara kita, yaitu Indonesia,” ujar Agung Widiyanto.

Tampil sebagai moderator H Rizal Effendi, Walikota Balikpapan dua periode, 2011-2021. “Ya, adik-adik sekalian, ini hari Jumat yang berkah untuk kita semua. Kita kedatangan tamu istimewa, Pak Dr Isran Noor. Kita beri tepuk tangan untuk beliau,” tutur Rizal Effendi.

Hal ini istimewa lantaran Isran Noor baru saja datang dari Rumah Sakit A Wahab Sjahranie Samarinda, kemudian menuju Kota Balikpapan.

“Karena janji dengan Pak Agung, beliau datang akan berbicara di depan kalian, begitu. Jadi, Pak Isran sejak kemarin menjalani pemeriksaan kesehatan, begitu, untuk syarat mengikuti pemilihan gubernur,” tambahnya.

Rizal mengucapkan terima kasih kepada Dr. Agung yang telah memfasilitasi bersama para mahasiswa baru. Rizal berharap, ke depan para mahasiswa bisa menjadi orang-orang pilihan di Ibu Kota Nusantara.

Sementara itu, dalam diskusi ini, Isran Noor berbicara di depan lebih dari 500 orang mahasiswa baru. Isran mengatakan merasa terhormat diundang berdiskusi untuk yang kedua kalinya.

“Sebelumnya saya pernah diundang ke sini, pada tempat yang sama bersama dengan Prof. Jimly Asshiddiqie, seorang tokoh nasional yang ahli di bidang hukum tata negara. Dan beliau sekarang menjadi ketua MKMK,” tuturnya.

Calon Gubernur Kaltim periode 2024-2029 Dr. Isran Noor, M.Si saat tampil di depan mahasiswa baru 2024 di Ballroom Cheng Ho, Jumat (30/8). Foto: Media Kreatif

Calon Gubernur Kaltim periode 2024-2029 Dr. Isran Noor, M.Si saat tampil di depan mahasiswa baru 2024 di Ballroom Cheng Ho, Jumat (30/8). Foto: Media Kreatif

Walikota Balikpapan dua periode, 2011-2021, H Rizal Effendi saat menjadi moderator diskusi. Foto: Media Kreatif

Walikota Balikpapan dua periode, 2011-2021, H Rizal Effendi saat menjadi moderator diskusi. Foto: Media Kreatif

Dr. Agung Sakti Pribadi dan Ketua BEM Agung Widiyanto. Foto: Media Kreatif

Dr. Agung Sakti Pribadi dan Ketua BEM Agung Widiyanto. Foto: Media Kreatif

Miftahul Jannah, mahasiswa baru S1 Akuntansi yang aktif bertanya. Foto: Media Kreatif

Miftahul Jannah, mahasiswa baru S1 Akuntansi yang aktif bertanya. Foto: Media Kreatif

Seorang mahasiswa baru mengeluh selalu membeli air bersih meski musim hujan. Keluhannya mendapat repons positif Dr. Isran Noor. Foto: Media Kreatif

Seorang mahasiswa baru mengeluh selalu membeli air bersih meski musim hujan. Keluhannya mendapat repons positif Dr. Isran Noor. Foto: Media Kreatif

Dalam diskusi ini, Isran Noor mengajak para mahasiswa untuk menerapkan praktek ketatanegaraan jika dibanding dengan membahas wawasan kebangsaan.

“Sekarang ini, negara kita baru-baru ini hampir mengalami sebuah krisis ketatanegaraan, hampir, hampir apa itu? Ada putusan Mahkamah Konstitusi nomor 60 dan 70, yang oleh kalangan DPR RI sebagian besar fraksi-fraksi ingin menganulir,” ujarnya.

“Untung mahasiswa sebagai penggerak di seluruh tanah air, cepat bereaksi. Bisa dibayangkan. Kalau saya bisa membayangkan. Kalau kemarin itu sempat disahkan, revisi undang-undang Pilkada, apa yang terjadi?” tambahnya.

Menurutnya, peristiwa tersebut akan memicu demonstrasi yang lebih besar di seluruh Indonesia, seperti yang terjadi pada tahun 1998 yang berujung menurunkan pemerintahan orde baru Presiden Soeharto.

Oleh karena itu, Isran Noor berterima kasih atas peran besar mahasiswa dalam menerapkan sebuah demokrasi yang ideal, demokrasi yang sesuai dengan marwahnya.

“Terima kasih sekali lagi. Itu harus kita jaga. Dimanapun kalian harus mengawasi yang namanya jalannya demokrasi di Republik Indonesia ini. Kenapa? Kalian ini adalah calon-calon pemimpin ke depan. Kalau saya ini sudah tua, tapi muda perasaan saya,” ujarnya.

Isran juga memberi perhatian atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 65/PUU-XXI/2023 tentang kampanye di tempat pendidikan.

Dengan putusan tersebut, kampanye di kampus pun diperbolehkan, dengan syarat harus berdasarkan undangan atau izin rektor atau penyelenggara dan tidak membawa atribut kampanye atau alat peraga kampanye.

“Kita boleh bicara politik. Kenapa boleh? Karena para mahasiswa lah yang akan menjalani, mau memilih pemimpinnya itu hebat,” ujar Isran Noor.

Memasuki sesi tanya jawab, Isran mempersilakan mahasiswa baru untuk berani bersuara, baik soal ketimpangan yang terjadi di masyarakat hingga permasalahan umum di daerah.

Pertanyaan pertama diajukan oleh Miftahul Jannah, mahasiswi S1 Akuntansi. Miftahul bertanya tentang masalah flyover yang tidak kunjung dibangun di daerah Rapak Balikpapan.

Miftahul juga bertanya anggaran pembangunan untuk Kota Balikpapan apabila Isran Noor kembali terpilih menjadi Gubernur Kaltim.

Menurut Isran Noor, di masa kepemimpinannya sebagai Gubernur sebelumnya, ia mengakui sudah menyetujui anggaran flyover, hanya saja DPRD Provinsi disebutnya tidak setuju.

“Saya sudah setuju. Tapi mohon maaf Anggota DPRD tidak setuju. Anggota DPRD Provinsi tidak setuju. Saya sudah ajak permohonannya untuk dianggarkan, mereka tidak setuju. Nggak tahu alasannya apa jadi tidak setuju. Itulah,” ujar Isran.

“Kemudian, program yang saya laksanakan nanti 5 tahun lagi, saya akan melanjutkan program saya yang belum selesai. Apa itu? Peningkatan pendapatan penerimaan daerah,” tambahnya.

Dengan meningkatnya penerimaan daerah, maka diharapkan pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur juga akan meningkat. Hal ini diungkapkan Isran Noor selama lima tahun menjadi Gubernur Kaltim.

Menurutnya, di tahun 2018 akhir, pendapatan Kalimantan Timur total tidak melebihi 36 triliun. Sampai dengan berakhir jabatannya di tahun 2023, pendapatan Kalimantan Timur melonjak menjadi 76,6 triliun.

Dengan peningkatan tersebut, Isran berencana melanjutkan program pendidikan, yakni Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT). Menurutnya, BKT diberikan kepada sekira 236 ribu pelajar dan mahasiswa se-Kaltim. BKT disebutnya beasiswa terbesar kedua setelah LPDP.

Beberapa pertanyaan pun mengemuka susul menyusul datang dari mahasiswa baru. Mulai dari polemik dinasti politik, ketimpangan BKT yang dinilai kurang tepat sasaran, masalah Bus Balikpapan City Trans, banjir dan macet hingga kebutuhan air bersih.

Khusus terhadap masalah kebutuhan air bersih, Isran Noor berjanji apabila kembali terpilih kembali sebagai Gubernur Kaltim periode selanjutnya, ia akan memprioritaskan kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan.

“Insya Allah saya akan memprioritaskan kebutuhan air bersih di Balikpapan. Just my words,” ujar Isran Noor.

Terhadap pertanyaan kritis mahasiswa baru, Isran Noor mengatakan suka dan tidak keberatan. “Saya suka dengan kritikan-kritikan seperti itu, saya suka. Itu adalah real,” ujarnya. Isran berharap dapat berdiskusi kembali di Universitas Mulia di masa berikutnya.

(SA/Kontributor)