Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Menerbitkan buku penelitian ilmiah “Tipografi Jepang”

Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir., Muhammad Ahsin Rifai, M.S.I.  menerima buku hasil penelitian mahasiswa fakultas Ilmu Komputer atas nama Gray Hansen Limantoro dengan NIM 2113004 pada tanggal 10 Oktober 2023 yang berjudul Japanese Typography – 日本タイポグラフィ、過去と現在  dengan no ISBN: 978-623-09-5379-8 .

Buku ini berisi tentang Tipografi yang  merupakan ilmu pengaturan dan desain huruf dalam desain grafis. Jepang sendiri memiliki konsep tipografi yang berbeda dengan huruf latin, dimana sistem penulisan Jepang terdiri dari hiragana, katakana, dan kanji. Setiap jenis huruf ini memiliki karakteristik dan penggunaan yang berbeda dalam tipografi. Mengenal tipografi Jepang merupakan sesuatu yang baru terutama bagi masyarakat Indonesia. Buku ini berisikan hasil penelitian penulis mengenai tipografi Jepang dari zaman dahulu saat menggunakan Kinzoku Katsuji, hingga di zaman sekarang menggunakan Digital Publisher. Hal ini tidak lepas dari penataan huruf, namun juga berbagai jenis wajah huruf yang digunakan di Jepang. Selama perkembangannya, tipografi di Jepang juga mengadopsi pengaruh dan teknik dari tipografi barat atau tipografi berbasis latin. Kombinasi antara estetika tradisional Jepang dan elemen-elemen modern memberikan kesempatan untuk eksperimen dan inovasi dalam desain tipografi di Jepang.

Buku ini telah diterbitkan oleh CV. Hosting Rakyat Media dan telah didistribusikan ke Perpustakaan Universitas Mulia, perpustakaan daerah  dan Perpustakaan Nasional. Rektor Universitas Mulia Prof. Dr. Ir., Muhammad Ahsin Rifai, M.S.I.  berharap dari prestasi yang telah diberikan oleh mahasiswa program studi Sistem informasi S1 Fakultas ilmu Komputer dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk dapat terus berkarya serta memunculkan prestasi-prestasi lain nya dan dapat menunjang keilmuan dari mahasiswa .

WN- Humas UM