Universitas Mulia Dukung MTQ ke-44 Provinsi Kalimantan Timur di Balikpapan

Salah seorang peserta MTQ ke-44 Kaltim yang tampil di Aula Cheng Ho, Universitas Mulia, Rabu (17/5/2023). Foto: Nadya

UM – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 resmi dibuka Gubernur, yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, HM. Syirajudin. Seremoni pembukaan berlangsung di Gedung Dome Balikpapan, Selasa (16/5) malam.

Dalam sambutannya, HM Syirajudin mengatakan bahwa MTQ diharapkan dapat mendorong semangat dan menumbuhkan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari serta mengamalkan Al Quran sebagai pedoman keselamatan hidup di dunia dan di akhirat

“Kita bangga dan bersyukur karena gairah membaca dan mempelajari Al Qur’an di dalam masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan bertumbuhnya tempat-tempat pengajian Al Qur’an (TPA) yang diikuti oleh Anak-anak Usia Dini, Remaja hingga Dewasa,” tutur Syirajudin.

Untuk mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan MTQ, dalam laporannya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ berlokasi di 10 venue, meliputi halaman BSSC Dome sebagai venue utama.

Selain itu, beberapa venue di antaranya adalah Aula Kodim 0905, Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota, Aula Kecamatan Balikpapan Selatan, Aula Kelurahan Sepinggan Raya, Gedung Kesenian Balikpapan, Universitas Balikpapan, dan Universitas Mulia.

Adapun jumlah kafilah dari masing-masing kabupaten/kota se-Kaltim, di antaranya adalah Kutai Kartanegara dengan 144 kafilah, Samarinda 92 kafilah, Bontang 92 kafilah, Kutai Timur 55 kafilah, Berau 44 kafilah, Paser 53 kafilah, PPU 88 kafilah, Kutai Barat 42 kafilah, Mahakam Ulu 18 kafilah, dan Balikpapan 97 kafilah.

Pelaksanaan MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

Pelaksanaan MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

10 orang Dewan Hakim MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

10 orang Dewan Hakim MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

Dua orang panitera MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

Dua orang panitera MTQ ke-44 Kaltim di Universitas Mulia, Rabu (17/5). Foto: Nadya

Salah seorang anggota Dewan Hakim. Foto: Nadya

Salah seorang anggota Dewan Hakim. Foto: Nadya

Sebagian kafilah dari kabupaten/kota se-Kaltim. Foto: Nadya

Sebagian kafilah dari kabupaten/kota se-Kaltim. Foto: Nadya

Sementara itu, pelaksanaan di venue Universitas Mulia berlangsung di Aula Cheng Ho, Jalan Letjen Zaini Azhar Maulani, Damai Bahagia Balikpapan, Rabu (17/5), untuk Cabang Lomba Hifzh Al Quran Golongan Tartil 1 Juz, 5 Juz, dan Tilawah yang diikuti 19 peserta, 10 orang hakim, dan 2 orang panitera.

Wakil Koordinator Lomba Abdul Halim mengatakan bahwa lomba di Universitas Mulia berlangsung 17 – 21 Mei 2023. “Kegiatan (berlangsung) setiap hari, mulai jam 08.00 wita hingga jalam 20.00 wita, namun kami berharap bisa lebih awal selesainya, siang ada ishoma,” tutur Abdul Halim, seperti dikutip dari balikpapan.go.id.

Dengan pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat provinsi di Universitas Mulia, melalui Sekretaris Rektor Suhartati, S.E., M.Kom mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Untuk kesekian kalinya kampus Universitas Mulia dipercaya sebagai venue pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan beberapa pihak, baik pemerintah maupun non-pemerintah. Tentu kami menyambut hangat dan melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya,” tutur Suhartati.

Meski demikian, dirinya menyadari beberapa kekurangan bisa saja ditemui di sana-sini. “Kami mohon maaf apabila selama pelaksanaan kegiatan ada banyak kekurangan, baik kepada para peserta, dewan hakim, maupun panitera. Mudah-mudahan pada pelaksanaan berikutnya dapat kami perbaiki dan tingkatkan sehingga semakin lebih baik,” pungkasnya.

(SA/Puskomjar)