Ibu Nariza sebagai moderator webinar dan Bapak Bambang sebagai narasumber Webinar UI UX. Sumber : tangkapan layar

UM – PSDKU Kampus Samarinda kembali menggelar webinar sekaligus sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Mulia, Jumat (5/2). Berbeda dari sebelumnya, webinar kali ini diikuti siswa Kelas XII SMK 5 Samarinda.

Kepala Kantor PSDKU Kampus Samarinda Muhammad Yani menjelaskan, kegiatan ini diinisiasi oleh dua program studi di Kampus Samarinda yakni Program Studi S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika.

“Ini merupakan program ke dua yang kita gelar di tahun ini, dimana yang pertama dilakukan pada Januari lalu. Dilakukan menggunakan dua metode yakni video conference dan streaming youtube,” jelas Yani.

Ia mengatakan, sebelumnya kegiatan pertama diikuti oleh beberapa kalangan yakni mengundang siswa, mahasiswa dan masyarakat umum. Sementara dalam program kedua hanya di fokuskan pada satu sekolah. “Rencananya kedepan kita akan kembali menggabungkan lagi dengan kalangan umum dan beberapa sekolah lainnya,” kata Yani.

Yani menyebut, kegiatan ini pun rencananya akan digelar setiap bulannya dan akan dilaksanakan selama dua kali. “Akan kita buat berseri, bisa sebulan dua kali atau lebih, dengan mengangkat tema khusus dari dua prodi kampus Samarinda. Untuk materinya kami mengajak dosen memberikan wawasan ke peserta, mulai dari pengantar IT bagi siswa kelas XII SMK dan SMA di Samarinda dan materi lainya,” sebutnya.

Terkait webinar kedua ini kata Yani, pihaknya menghadirkan narasumber seorang pengiat multimedia, yakni Bapak Muhammad Bambang. Dalam paparanya, Bambang mengajarkan teknik dalam membuat user interface dengan melihat kaidah-kaidah akademisi yang berkaitan dengan alur membuat user interface dan user experience.

“Beliau juga memberikan contoh bagaimana dalam merancang user interface yang baik dengan metode beberapa metode termasuk menjelaskan tool apa saja yang bisa digunakan oleh pelajar untuk membuat user interface. Dari paparan itu pun, terlihat para siswa sangat antusias, respon mereka sangat baik dengan adanya beberapa pertanyaan. Ada yang bertanya, apakah dalam membuat user interface ini harus memiliki basic multimedia hingga pertanyaan lainnya,” ujarnya.  

Diakhir webinar tersebut, tambahnya, pihaknya tak lupa menyampaikan program penerimaan mahasiswa baru khususnya di Samarinda.

“Kami berusaha akan meggelar kegiatan ini lebih sering, mungkin saja bisa seminggu dua kali, kami juga sudah menjadwalkan. Dari Februari bahkan hingga Juli,” tambahnya.

Selain bertujuan untuk memberikan wawasan IT kepada masyarakat khususnya siswa-siswa SMK atau SMA yang akan melanjutkan ke Pendidikan Tinggi, Yani melanjutkan, pihanya berharap melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan kampus PSDKU Samarinda kepada masyarakat. “Selain itu dengan adanya program ini untuk para dosen sebagai wadah dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat, yang lanjutanya bisa ada penelitian dengan beberapa sekolah yang akan kita lakukan kerjasamanya,” pungkasnya. (mra)